Informasi Terpercaya Masa Kini

Vivo Jadi Produsen Pertama yang Hadirkan Pembaruan Android 15 Versi Stabil untuk Penggunanya

0 3

TEMPO.CO, Jakarta – Vivo menjadi produsen pertama yang menghadirkan Android 15 kepada penggunanya. Custom skin mereka, Funtouch OS 15, diluncurkan untuk sejumlah perangkat flagship mendahului Google dan Samsung.

Meski peluncuran resmi Android 15 telah dijadwalkan pada 30 September 2024, beberapa pengguna Vivo yang beruntung telah merasakan Android 15. Ini pertama kalinya pembaruan Android hadir di perangkat non-Pixel sebelum mencapai jajaran produk unggulan Google.

Dikutip dari Gizmochina, Google dan Samsung secara tradisional menjadi yang pertama memberikan pembaruan Android utama pada perangkat Pixel dan Galaxy mereka.

Seri Pixel 9, misalnya, masih menunggu pembaruan Android 15 yang peluncurannya diperkirakan akan dimulai pada pertengahan Oktober. Jadwal pembaruan untuk Samsung masih dirahasiakan, tetapi jelas bahwa mereka saat ini tertinggal dari Vivo.

Jadi, perangkat Vivo mana saja yang beruntung mendapatkan akses awal ke Android 15? Pembaruan tersebut saat ini telah diluncurkan untuk seri Vivo X100, Vivo X Fold 3 Pro, dan iQOO 12.

Funtouch OS 15 sendiri menghadirkan sejumlah fitur baru di atas penawaran Android 15. Fitur-fitur tersebut termasuk alat “Eraser” bertenaga AI di aplikasi Galeri, yang mirip dengan Magic Eraser milik Google Photos. Ada juga alat penghilang bayangan.

Selain itu, Funtouch OS 15 menyertakan fitur Live Transcribe yang menampilkan kata-kata di ponsel saat diucapkan. Fitur ini merupakan add-on aksesibilitas bagi penyandang tuna rungu atau gangguan pendengaran. Android 15 sendiri memiliki beberapa fitur berguna seperti Private Space untuk mengelola aplikasi pribadi dan partial screen sharing.

Pilihan Editor: Daftar HP yang Tidak akan Dapat Pembaruan Android 15

Leave a comment