Informasi Terpercaya Masa Kini

5 Aroma yang Tidak Disukai Kecoak di Rumah

0 4

KOMPAS.com – Kecoak bisa menjadi masalah di rumah. Selain tidak enak dilihat, kecoak juga membawa zat seperti kotoran di tubuhnya. Kecoak dapat melepaskan zat tersebut ke udara dan menyebabkan reaksi alergi.

Selain itu, kecoak dapat mencemari makanan, peralatan, dan bahkan permukaan tempat kamu menyiapkan makanan. Hal ini dapat menyebabkan bahaya kesehatan, seperti keracunan makanan dan infeksi.

Kecoak dapat dibasmi dengan cepat menggunakan insektisida atau semprotan serangga. Namun, kamu juga bisa mengusir kecoak dengan cara alami, yakni menggunakan aroma-aroma yang tidak disukainya.

Mengutip Family Handyman, Jumat (20/9/2024), berikut adalah beberapa aroma yang tidak disukai kecoak.

Baca juga: 5 Cara Membasmi Kecoak Tanpa Semprotan Serangga

Minyak oregano

Minyak esensial berbahan dasar tanaman herbal merupakan pembasmi kecoak yang efektif. Minyak ini mengeluarkan bau yang kuat dan menyengat, yang dapat mengusir serangga.

Minyak esensial tidak hanya efektif untuk mengusir kecoak, tetapi juga aman digunakan di sekitar makanan dan permukaan tempat menyiapkan makanan.

National Institute of Health (NIH) mengevaluasi lima senyawa minyak esensial yang populer, yakni eucalyptus, mint, yarrow, oregano, dan rosemary. Hasilnya, NIH menyatakan bahwa minyak oregano adalah yang paling efektif dan tahan lama. Aromanya yang kuat, pedas, dan menyengat terbukti dapat mengusir kecoak.

Baca juga: 5 Tanaman Pengusir Kecoak yang Bisa Ditanam di Rumah

Lavender

Lavender adalah spesies tanaman berbunga dalam keluarga mint. Tanaman ini telah digunakan selama berabad-abad untuk keperluan pengobatan dan kosmetik.

Lavender memiliki aroma harum dan segar bagi manusia. Namun, aroma lavender termasuk aroma yang tidak disukai kecoak.

Kamu bisa mengusir kecoak dengan membuat campuran minyak esensial lavender dan air. Caranya, tambahkan sekitar 10 hingga 15 tetes minyak esensial lavender ke dalam 240 ml air, lalu masukkan ke dalam botol semprot.

Semprotkan cairan tersebut ke berbagai sudut rumah yang kerap didatangi kecoak. Aroma yang disemprotkan akan mengusir kecoak sekaligus dapat memenangkan dan meredakan stres manusia.

Baca juga: Cara Membasmi Kecoak di Lemari Dapur

Bunga krisan

Krisan menghasilkan zat pembasmi alami bagi kecoak, yang disebut piretrum. Versi buatannya, piretroid, merupakan bahan aktif dalam banyak pestisida yang umum digunakan untuk mengendalikan sejumlah hama invasif.

Karena aroma krisan termasuk aroma yang tidak disukai kecoak, kamu bisa menggunakan tanaman krisan atau minyak esensialnya untuk mengusir kecoak dari rumah.

Cobalah menanam bunga krisan di sekitar rumah atau menaruh bunga krisan dalam pot di dapur. Pastikan kamu merawatnya dengan baik agar tanaman krisan dapat tumbuh subur dan bisa menyebarkan aromanya ke segala penjuru.

Baca juga: 7 Hal yang Dapat Menarik Kecoak Masuk ke Rumah, Singkirkan Segera!

Kayu cedar

Serpihan kayu cedar dan minyak esensialnya mengeluarkan aroma tajam yang tidak disukai kecoak. Selain bisa membasmi kecoak, kayu cedar juga dikenal dapat mengusir ngengat.

Untuk mengusir kecoak, semprotkan “air cedar”, yaitu air yang disaring dari rendaman serutan cedar semalaman, ke area-area yang menjadi sarang kecoak.

Selain itu, bisa juga dengan meneteskan minyak cedar atau menaburkan serpihan kayu cedar di tempat-tempat persembunyian kecoak.

Baca juga: 5 Cara Mengusir Kecoak dari Rumah dengan Bahan Alami

Catnip

Terakhir, aroma yang tidak disukai kecoak adalah catnip. Catnip dapat mengusir kecoak tetapi tidak bisa membunuhnya.

Isi kantong kecil dengan potongan catnip dan letakkan kantong tersebut di tempat kecoak biasa menemukan air dan makanan.

Kamu juga dapat menyeduh daun catnip seperti menggunakan daun teh untuk membuat “teh catnip”. Semprotkan cairan tersebut ke bagian dalam lemari, bawah wastafel, atau ke tempat-tempat lain yang digemari kecoak.

Baca juga: Cara Mengusir Kecoak di Rumah Pakai Saus Sambal

Leave a comment