Informasi Terpercaya Masa Kini

Viral! Ibu Muda di Jatim Melahirkan Bayi, Padahal Tak Merasa Hamil

0 3

Media sosial kembali dihebohkan dengan berita terkait persalinan. Kali ini, seorang Ibu muda berusia 21 tahun asal Probolinggo, Jawa Timur mengaku telah melahirkan seorang bayi, padahal ia tak merasa hamil. 

Ibu yang diketahui bernama Ummi Habibah tersebut membagikan cerita unik ini melalui platform TikTok dengan akun @mafazaali_ pada Rabu (25/9/2024). 

Cerita yang ia bagikan kemudian  menuai pro dan kontra dari para warganet. Banyak yang menyebut bahwa, melahirkan tanpa hamil merupakan satu hal yang tidak mungkin terjadi. 

Lantas bagaimana cerita selengkapnya? Berikut ini Popmama.com bagikan cerita Ibu muda di Jatim melahirkan bayi, padahal tak merasa hamil.

1. Viral Ibu melahirkan tanpa merasa hamil

Seorang Ibu bernama Ummi Habibah kini tengah viral di media sosial. Hal ini karena, ia menceritakan pengalaman pribadinya yang ‘mendadak’ melahirkan, tanpa merasa hamil sebelumnya. 

Umi yang diketahui berusia 21 tahun ini memang sudah menikah, kurang lebih dua tahun. Namun selama ini, ia dan suami menggunakan KB. Sebab keduanya memilih untuk menunda momongan, lantaran masih mengejar pendidikan. 

“Tiba-tiba ngelahirin tanpa tahu rasanya hamil. Aku sudah nikah dua tahun, tetapi masih memilih untuk menunda punya anak karena masih kuliah. Tapi qodarullah aku tetap dikasih titipan bayi mungil ini sama Allah,” ungkapnya dalam akun TikTok pribadi yang dikutip Popmama.com pada Jumat (27/9/2024). 

Ummi melahirkan bayinya di salah satu rumah sakit di Jawa Timur. Saat itu, bayinya diketahui lahir dengan sehat tanpa mengalami kelahiran prematur, beratnya 3.5 kilogram.

2. Ummi sama sekali tak merasakan kehamilan

Umi tak menyangka, jika ia tiba-tiba melahirkan seorang bayi. Sebab selama ini, ia sama sekali tak merasakan tanda-tanda kehamilan. Misalnya saja, mual, muntah, morning sickness, atau bahkan tendangan bayi di perut. 

“Aku nggak ngerasa ada apa-apa di perut dan postur perut aku seperti biasa. Cuma memang agak gemukan dari biasanya, tapi nggak gemuk banget. Perut nggak buncit, cuma dulu pinggangku jadi rata lurus kalau lagi pakai celana kayak nggak muat,” ungkapnya. 

Selain itu, Ummi juga menyebut jika dirinya menggunakan pil kontrasepsi dan masih keluar darah beberapa kali yang dianggapnya sebagai menstruasi. Sehingga menurutnya, sangat tidak mungkin jika ada bayi di dalam kandungannya. 

“Aku juga pake kontrasepsi pil dan ngerasa masih haid,” tambahnya. 

Namun belakangan, menurut tim medis yang menangani proses persalinan Ummi, darah yang keluar dari vagina diduga merupakan flek selama kehamilan. 

3. Ummi Habibah diduga mengalami cryptic pregnancy

Viralnya cerita Ummi Habibah yang melahirkan tanpa hamil, tentu menuai banyak respons dari warganet. 

Banyak warganet yang merasa ragu terkait cerita ini. Karena faktanya, melahirkan tanpa kehamilan merupakan satu hal yang mustahil. Namun, tak sedikit juga yang menduga kalau pengalaman Ummi merupakan cryptic pregnancy

Apa itu cryptic pregnancy? 

Melansir dari Cleveland Clinic, cryptic pregnancy merupakan kondisi medis ketika seorang perempuan tidak sadar bahwa dirinya sedang hamil. Ini bisa terjadi karena, tidak adanya tanda-tanda kehamilan. Bahkan deteksi kehamilan bisa jadi sulit dilakukan melalui alat tes kehamilan konvensional. 

Ada banyak penyebab dari cryptic pregnancy, seperti sindrom ovarium polikistik (PCOS), fase perimenopause, penggunaan pil KB atau IUD, hingga jumlah lemak tubuh yang rendah sehingga sulit untuk mendeteksi kehamilan. 

Kondisi ini tentunya memerlukan perhatian khusus ya. Karena biasanya, perempuan yang mengalami cryptic pregnancy tidak memiliki persiapan yang cukup untuk menjalani kehamilan dan persalinan. 

Tentunya ini memiliki sejumlah risiko seperti keguguran, persalinan prematur, hingga komplikasi persalinan. 

Karena itu, jika kamu mencurigai adanya kehamilan atau tubuh merasakan hal yang tidak biasa, segeralah periksakan diri ke dokter. Pemeriksaan dini tentunya jadi satu langkah bijak, agar kamu terhindar dari risiko selama kehamilan dan persalinan. 

Baca juga:

  • 10 Cara Berhubungan setelah Melahirkan agar Tidak Sakit
  • Mengalami Nyeri Punggung setelah Melahirkan, Apakah Ini Normal?
  • Tradisi Turun-temurun, Bolehkah Minum Jamu setelah Melahirkan?
Leave a comment