Informasi Terpercaya Masa Kini

Penyegaran Toyota GR 86, Apa Saja Ubahannya?

0 3

JAKARTA, KOMPAS.com – PT Toyota Astra Motor (TAM) baru saja menghadirkan versi penyegaran dari GR 86. Mobil ini hadir dengan peningkatan performa berkendara dari Gazoo Racing (GR) sehingga memberikan pengalaman berkendara yang lebih menyenangkan.

Vice President Director PT Toyota-Astra Motor (TAM), Henry Tanoto, menjelaskan, Toyota GR 86 generasi kedua dibangun di atas platform TNGA, yang disertai peningkatan pada sektor performa mesin dan sentuhan racing pada komponen kemudi dan suspensi.

“PT Toyota-Astra Motor (TAM) menghadirkan New GR86 yang batas performance-nya ditingkatkan lebih tinggi lagi, untuk memperkuat pengalaman berkendara unik khas GR Pure dan memberikan joy of GR dari balik kemudinya,” ucap Henry Tanoto, dalam keterangan resmi, Jumat (27/9/2024).

Baca juga: Aion Kirim Ratusan Mobil Listrik ke Konsumen mulai Oktober 2024

Adapun pembaruan pada New GR 86 mencakup peningkatan karakter shock absorber untuk memberikan kontak dengan aspal yang lebih optimal sambil mempertahankan respons handling khas mobil sport.

GR menjalin kolaborasi dengan Sachs (ZF) untuk menyediakan shock absorber yang paling sesuai karakter sports car ini.

Selain itu, Electric Power Steering (EPS) juga telah ditingkatkan untuk memberikan handling yang lebih intuitif ketika berinteraksi dengan pengemudi.

Bicara soal jantung pacu, mobil ini menggunakan mesin boxer FA24 2.387 cc 4-silinder, dengan teknologi D-4S yang diklaim bisa memberikan efisiensi termal terbaik, sehingga menghasilkan output tenaga dan torsi yang kuat.

Mesin tersebut mampu mengeluarkan tenaga maksimum 231 Tk pada 7.000 rpm dan torsi puncak 250 Nm pada 3.700 rpm, yang dikawinkan melalui transmisi manual 6 percepatan serta penggerak roda belakang (RWD).

Sementara untuk pilihan transmisi otomatis 6-speed, toleransi putaran mesin ketika menurunkan gigi transmisi (downshift), telah dinaikkan untuk menjaga torsi maksimal lebih mudah diraih begitu pedal gas diinjak kembali.

New GR 86 tetap mengaplikasikan layout mesin depan dan RWD yang mengadopsi style mobil sport klasik Toyota dengan ciri khas ruang mesin lebih panjang. Bedanya, kini ada pilihan warna baru Moss Green yang menggantikan Oasis Blue.

Masuk ke kabin, terdapat peningkatan Automatic Interior Light Off Function yang aktif ketika pintu dibuka-tutup, tuas lampu sein dengan pengunci saat dioperasikan. Jahitan pada bangku turut berubah dari merah menjadi hitam sehingga menambah kesan elegan.

New GR 86 juga sudah disematkan T Intouch versi terkini yang memiliki akses internet.

Konsumen Toyota juga bisa melakukan custom New GR 86 di Toyota Customization Option (TCO). Aksesori TCO yang tersedia mulai dari GR Sports Muffler, GR Aero Stabilizing Cover, GR Sports Side Visor, GR Interior Panel Set, GR Knee Pad, dan GR Sun Shade.

Baca juga: DAMRI Siapkan Bus Gratis buat Penonton MotoGP Mandalika

Berikut daftar harga New GR 86 (OTR Jakarta):

New GR86 M/T Rp 1.016.000.000

New GR86 A/T Rp 1.054.000.000

Leave a comment