Informasi Terpercaya Masa Kini

UKI Buka Mata Kuliah Artificial Intelligence, Materi Kuliah Bisa Diunduh Gratis

0 2

TEMPO.CO, Jakarta – Universitas Kristen Indonesia (UKI) membuka mata kuliah daring ‘Introduction to AI’. Program ini merupakan kolaborasi antara UKI dengan University of Southern California (USC) di Amerika Serikat.

Materi kuliah daring tersebut dapat diakses melalui situs UKI AI Center of Excellence secara gratis untuk umum. Adapun beberapa topik yang dimuat dalam materi pembelajaran adalah dasar-dasar teknologi AI seperti Natural Language Processing (NLP), Machine Learning, Computer Vision, Expert System.

Selain itu, ada juga topik mengenai penerapan AI dalam kehidupan sehari-hari serta perkembangan AI di masa depan. Rektor UKI, Prof. Dr. Dhaniswara K. Harjono mengatakan mata kuliah ini dibuka dengan tujuan menambah pengetahuan mahasiswa maupun masyarakat mengenai penggunaan AI.

“Dengan dukungan kurikulum yang inovatif, kami berharap dapat mempersiapkan mahasiswa untuk menghadapi tantangan di era digital dan meningkatkan daya saing mereka di pasar global,” kata Dhaniswara dalam keterangan resmi pada Kamis, 26 September 2024.

Pembina Yayasan Universitas Kristen Indonesia, Edwin Soeryadjaya, mengatakan bahwa mata kuliah ini juga diharapkan bisa meningkatkan peluang kerja. “Dengan keterampilan yang relevan dalam teknologi dan AI, mahasiswa dapat menavigasi perubahan industri dengan lebih efektif, beradaptasi dengan tren yang terus berkembang, dan memanfaatkan potensi inovasi untuk memajukan karir mereka,” kata Edwin.

Sementara itu, mahasiswa UKI Chrisandra Natalia Tandiasa menyampaikan respons positifnya terhadap mata kuliah ini. Menurutnya, selain mudah diakses, materi yang disajikan juga mudah dipahami “(Materi ini) sumber daya yang sangat bermanfaat bagi masa depan saya dan mahasiswa lainnya yang baru mempelajari topik ini,” kata Chrisandra.

Pilihan editor: Profil Nico Afinta, Mantan Kapolda Jatim yang Jadi Sekjen Kemenkumham

Leave a comment