Informasi Terpercaya Masa Kini

OpenAI Dikabarkan Ingin Jadi Perusahaan Nirlaba, Sam Altman Dapat 7% Saham

0 5

Bisnis.com, JAKARTA — OpenAI dikabarkan berencana memberikan CEO Sam Altman 7% saham ekuitas di perusahaan dan restrukturisasi untuk menjadi bisnis nirlaba.

Melansir South China Morning Post (SCMP), Kamis (26/9/2024), hal ini menandai perubahan besar pertama dalam startup kecerdasan buatan karena perusahaan sedang mempertimbangkan untuk menjadi perusahaan manfaat publik yang menghasilkan keuntungan dan membantu masyarakat. Demikian kata orang-orang yang mengetahui informasi ini. Namun, transisi ini masih dalam tahap diskusi dan waktunya belum ditentukan.

Seorang juru bicara mengatakan bahwa OpenAI tetap berfokus pada membangun AI yang menguntungkan semua orang. “Organisasi nirlaba adalah inti dari misi kami dan akan terus ada,” katanya dalam pernyataan.

Baca Juga : OpenAI Luncurkan AVM, ChatGPT Bisa Ngobrol dengan 50 Bahasa

Lebih lanjut, OpenAI sedang merenungkan perubahan ini di tengah eksodus manajer senior Chief Technology Officer (CTO) Mira Murati mengatakan dia akan pergi.

Melalui unggahannya di media sosial X (sebelumnya Twitter), Mira Murati mengatakan keputusan itu karena dia ingin menciptakan waktu dan ruang untuk melakukan eksplorasi.

Baca Juga : : Akun X OpenAI Bobol, Waspada Penipuan Kripto

Menanggapi unggahan tersebut, Sam Altman mengungkapkan rasa terima kasih. “Sulit untuk melebih-lebihkan betapa berartinya Mira bagi OpenAI, misi kami, dan bagi kami semua secara pribadi.”

OpenAI sendiri didirikan pada 2015 sebagai organisasi penelitian nirlaba untuk membangun kecerdasan buatan yang aman dan bermanfaat bagi umat manusia.

Baca Juga : : Apple dan Nvidia Bakal Terlibat Dalam Pendanaan OpenAI Rp1.552 Triliun

Perusahaan menciptakan anak perusahaan nirlaba pada 2019 untuk membantu mendanai tingginya biaya pengembangan model AI. Sesuai dengan asal-usul nirlaba perusahaan, Sam Altman tidak mengambil ekuitas, menekankan bahwa perusahaan itu dimaksudkan untuk menguntungkan masyarakat secara luas.

Leave a comment