Informasi Terpercaya Masa Kini

5 Tips Membuat Taman di Dalam Rumah agar Tidak Berantakan

0 3

KOMPAS.com – Menata tanaman hias tidak bisa sembarangan. Ada beberapa tips membuat taman di dalam rumah sehingga dapat meningkatkan “nilai” suatu ruangan.

Jika kamu tidak memerhatikan penataan tanaman, ruangan justru akan terasa penuh, sesak, dan berantakan. Jadi, penting juga untuk merencanakan gaya dan nuansa yang ingin diciptakan sebelum membuat taman di dalam rumah.

Mengutip Architectural Digest, Minggu (8/9/2024), berikut adalah beberapa tips membuat taman di dalam rumah agar tidak berantakan.

Baca juga: 4 Tanaman Hias yang Cocok untuk Taman Minimalis

Gunakan tanaman untuk memberi aksen, bukan untuk memenuhi ruangan

Sama seperti karya seni, tanaman hias menonjolkan ruang dan menambah daya tarik visual. Brittney Button, pendiri studio desain Button Atelier di Los Angeles, mengatakan bahwa ia menggunakan tanaman untuk membingkai interior ruang an.

Button mencontohkan, tanaman hias dapat dijadikan sebagai kanopi pada deretan jendela atau menambah keanggunan pada rak buku kayu yang tampak tua.

Dengan lebih memperhatikan fungsinya, kamu seharusnya tidak terlalu repot dalam memilih tanaman. Misalnya, kamu bisa memotong cabang tanaman yang menjulur ke atas untuk dipajang di tengah ruangan. Cara ini bertujuan untuk menarik perhatian ke langit-langit yang tinggi.

Baca juga: Mau Menata Taman? Hindari 5 Kesalahan Ini…

Pilih tanaman yang sudah dewasa

Merawat tanaman dari potongan kecil hingga hingga besar tentu sangat menyenangkan. Namun, butuh waktu bertahun-tahun untuk menumbuhkannya hingga tanaman dapat memberi dampak yang signifikan pada ruangan.

Karena alasan itu, sebaiknya pilihlah tanaman dewasa yang sudah berukuran besar, sehingga tanaman tersebut dapat benar-benar menonjol.

Button juga mengatakan bahwa tanaman yang berukuran besar dapat menjadi “kejutan” untuk ruang. Misalnya, menempatkan pohon uang yang besar di sudut ruangan akan menawarkan daya tarik visual yang unik sekaligus menyenangkan.

Baca juga: 5 Ide Taman Depan Rumah yang Cantik dan Menawan

Semakin tinggi langit-langit, semakin besar tanamannya

Ruangan dengan langit-langit tinggi bisa jadi sulit didekorasi. Namun, ini adalah peluang untuk dekorasi vertikal. Cobalah meletakkan tanaman besar di ruangan dengan langit-langit yang tinggi untuk menekankan skala ruangan.

Button menyarankan, ruangan dengan langit-langit setinggi dua lantai dapat diberi aksen dengan tanaman bambu atau tanaman hias lain yang tampak menjulang ke langit.

Menurutnya, membawa suasana alam melalui pepohonan atau tanaman dengan tampilan seperti pohon memberikan efek yang sederhana dan mencolok bagi ruangan.

Baca juga: 5 Desain Air Mancur Luar Ruangan, Bikin Taman Lebih Cantik

Pertimbangkan iklim di rumah

Tanaman hias memiliki fungsi yang berbeda-beda berdasarkan iklim tumbuhnya. Hal ini dapat membantu kamu untuk memilih tanaman dan di mana harus meletakannya.

Button menggambarkan, di tempat-tempat yang suhunya cukup dingin, tanaman seharusnya dapat menghadirkan kehangatan pada interior. Sebaliknya, di lingkungan yang panas, tanaman tropis akan memberikan suasana alam yang sejuk di dalam ruangan.

Pilih pot bunga yang menawan 

Untuk memperindah tanaman yang sudah ada, pertimbangkan untuk menempatkannya pada wadah yang cantik. Tanaman memiliki daya tariknya sendiri, namun kita tetap harus menampilkannya dengan cara yang tepat. Tanaman hias yang berpadu dengan pot yang cantik akan menciptakan objek seni yang menawan.

Baca juga: 4 Bunga Putih Cantik yang Dapat Menambah Warna di Taman

Salah satu tren yang diperhatikan Button adalah penanaman ala bonsai, yakni tanaman hijau dipajang dalam wadah yang lebih datar dan rendah untuk menciptakan nuansa zen secara keseluruhan.

Kamu bisa juga menggunakan wadah kayu untuk membantu memberikan kesan seolah-olah tanaman ditemukan di alam.

Leave a comment