Informasi Terpercaya Masa Kini

Mengenal Wang Ning, Konglomerat Muda di Balik Melejitnya Tren Boneka Labubu

0 2

Demam boneka kelinci Labubu masih terjadi di berbagai negara, termasuk Indonesia. Banyak orang berlomba-lomba membeli boneka yang harganya semakin melejit ini, Bunda.

Boneka Labubu merupakan karya seniman Hong Kong bernama Kasing Lung dan dijual lewat perusahaan mainan kotak misterius atau blind box, yaitu Pop Mart.

Tak hanya Labubu, Pop Mart juga menjual berbagai boneka dan mainan populer lainnya. Kesuksesan Pop Mart tak lepas dari sosok konglomerat muda China bernama Wang Ning.

Forbes mencatat total kekayaan Wang mencapai US$4,2 miliar atau sekitar Rp63,35 triliun per Jumat (20/9/2024). Kekayaan itu membuatnya masuk ke jajaran orang terkaya di dunia dan menduduki peringkat-817.

Melansir dari CNN Indonesia, Wang Ning lahir di Provinsi Henan, China pada 1987. Akan tetapi, informasi mengenai orang tua maupun masa kecilnya masih menjadi misteri hingga saat ini.

Baca Juga : 5 Fakta Boneka Labubu yang Viral, Bermula dari Lisa BLACKPINK hingga Kasus Penipuannya

South China Morning Post melaporkan bahwa Wang Ning meraih gelar sarjana periklanan dari Universitas Zhengzhou, China. Ia sempat bekerja di perusahaan media digital Sina yang merupakan anak usaha Weibo.

Hanya setahun bekerja, Wang Ning memutuskan untuk membangun perusahaan sendiri. Ia kemudian melahirkan Pop Mart pada 2010.

Perjalanan bisnis Wang Ning lahir karena terinspirasi melihat jaringan ritel Hong Kong yang menjual berbagai macam produk populer. Ia pun mengadopsi konsep tersebut untuk diterapkan di perusahaannya di China.

Gerai pertama Pop Mart dibuka di Zhongguancun, Beijing. Awalnya, Wang Ning menghadapi banyak masalah bisnis seperti manajemen inventori hingga layanan pelanggan.

Bisnisnya mulai bangkit sejak 2014, ketika ia bertemu dengan teman-teman di Sekolah Manajemen Guanghua Universitas Peking yang memiliki kesamaan visi dan misi.

Setelah mengajak teman-temannya bergabung ke bisnis tersebut, Wang mengkurasi produk Pop Mart dan memilih fokus pada mainan blind box. Ia juga menggandeng sejumlah seniman terkemuka untuk mengembangkan karakter boneka yang ada di dalam kotak misteri.

Karakter Labubu ciptaan Kasing Lung pertama kali diciptakan pada 2015 dan menjalin kerja sama eksklusif dengan Pop Mart pada 2019. Popularitas Labubu meroket ketika Lisa BLACKPINK mengoleksinya dan memakainya sebagai gantungan kunci.

TERUSKAN MEMBACA KLIK DI SINI.

Bagi Bunda yang mau sharing soal parenting dan bisa dapat banyak giveaway, yuk join komunitas HaiBunda Squad. Daftar klik di SINI. Gratis!

Leave a comment