Informasi Terpercaya Masa Kini

Paus Fransiskus Sampaikan Renungan Perjalanan Apostoliknya Selama di Indonesia hingga Singapura

0 2

TRIBUNNEWS.COM, VATIKAN – Paus Fransiskus menyampaikan renungan Perjalanan Apostoliknya baru-baru ini ke Indonesia, Papua Nugini, Timor Leste dan Singapura.

Renungan ini disampaikan saat Audiensi Umum hari Rabu (18/9/2024) di Lapangan Santo Petrus, Vatikan.

“Gereja jauh lebih besar dan lebih hidup!”  ucap Paus Fransiskus mengawali renungan perjalanannya yang ke-45 di luar negeri.

Paus Fransiskus juga berterima kasih kepada Tuhan atas anugerah Perjalanan ini, di mana beliau kagum, beliau “bertemu dengan banyak komunitas Kristen yang besar dan dinamis.”

  Mengikuti jejak Paulus VI

Bapa Suci mengenang bahwa di antara para Paus di era modern, Paus St. Yohanes XXIII adalah orang pertama yang meninggalkan Vatikan untuk melakukan perjalanan, dengan kereta api, ke Assisi dan Loreto, namun Paus St. Paulus VI adalah orang pertama yang melakukan perjalanan “melalui pesawat.”

Ia mengenang bahwa pada tahun 1970, Paulus VI menjadi Paus pertama yang terbang “menuju matahari terbit,” mengunjungi Filipina dan Australia secara ekstensif, dan juga singgah di beberapa negara Asia dan Kepulauan Samoa. 

“Saya mencoba untuk mengikuti teladannya, namun dengan usia saya yang tinggal beberapa tahun lebih lama dibandingkan beliau pada saat itu, saya membatasi kunjungan saya ke empat negara: Indonesia, Papua Nugini, Timor Leste, dan Singapura,” kata Paus.

“Saya berterima kasih kepada Tuhan,” lanjutnya, “yang memberi saya kesempatan untuk melakukan apa yang ingin saya lakukan sebagai seorang Paus muda sebagai seorang Paus tua!

Paus Fransiskus mengakui bahwa Gereja masih terlalu Eurosentris atau, “seperti yang dikatakan, ‘Barat’,” dan mencatat bahwa Gereja jauh lebih besar daripada wilayah geografis mana pun.

Setelah menghabiskan waktu bersama komunitas-komunitas dan mendengarkan kesaksian para imam, biarawati, umat awam, dan katekis, Paus memuji Gereja-Gereja yang bertumbuh “bukan dengan melakukan dakwah,” “tetapi dengan daya tarik.”

  Indonesia

Bapa Suci mengingatkan bahwa di Indonesia, umat Kristen berjumlah sekitar 10 persen, dan Katolik sekitar 3 persen dari jumlah penduduk.

“Tetapi yang saya temui adalah Gereja yang hidup dan dinamis, mampu menghayati dan menyebarkan Injil di negara tersebut, yang memiliki budaya yang sangat mulia yang cenderung menyelaraskan perbedaan, dan pada saat yang sama memiliki kehadiran Muslim terbesar di dunia.”

“Iman, persaudaraan, bela rasa menjadi semboyan kunjungan ke Indonesia,” ujarnya. “Melalui kata-kata ini, Injil masuk setiap hari, dengan cara yang nyata, ke dalam kehidupan orang-orang tersebut, merangkul dan menawarkan kepada mereka rahmat Yesus, yang telah wafat dan bangkit kembali.”

Paus Fransiskus mengatakan kata-kata ini “ibarat jembatan” dan “ibarat jalan bawah tanah yang menghubungkan Katedral Jakarta dengan masjid terbesar di Asia.”

“Di sana,” dia bertepuk tangan, “Saya melihat bahwa persaudaraan adalah masa depan,” untuk bekerja menuju perdamaian dan melawan perang.

  Papua Nugini

Beralih ke Papua Nugini, Paus mengatakan ia menemukan di sana “keindahan Gereja misioner.”

Di kepulauan yang terbentang luas hingga Samudera Pasifik, beliau mengenang para misionaris dan katekis.

“Hati saya gembira bisa bersama para misionaris dan katekis masa kini untuk sementara waktu; dan saya tergerak mendengar lagu dan musik kaum muda: di dalamnya, saya melihat masa depan baru, tanpa kekerasan suku, tanpa ketergantungan, tanpa ekonomi atau kolonialisme ideologis; masa depan persaudaraan dan kepedulian terhadap lingkungan alam yang indah.”

Papua Nugini, katanya, dapat berfungsi sebagai “laboratorium” bagi model pembangunan integral ini, yang diilhami oleh “ragi” Injil.

  Timor Leste

Beralih ke Timor Leste, negara paling Katolik di Asia, Paus mengakui bahwa, seperti yang dilakukan Paus St. Yohanes Paulus II, ia menegaskan kembali hubungan yang bermanfaat antara iman dan budaya.

“Tetapi yang terpenting,” katanya, “Saya terpesona oleh keindahan orang-orang itu: suatu bangsa yang diuji namun penuh sukacita, suatu bangsa yang bijaksana dalam penderitaan. Suatu bangsa yang tidak hanya melahirkan banyak anak, namun juga mengajarkan mereka untuk tersenyum.”

“Saya tidak akan pernah melupakan senyuman anak-anak,” kata Paus.

Bapa Suci mengungkapkan kegembiraannya melihat begitu banyak anak-anak, dan menyarankan agar ia menghirup “udara musim semi” ketika ia menyaksikan di sana kaum muda dari Gereja yang sangat aktif di negara itu.

  Singapura

Terakhir, Paus beralih ke pusat ekonomi yang sangat modern di Singapura.

Meskipun umat Kristen di sana adalah minoritas, Paus memuji bahwa mereka membentuk Gereja yang hidup, berkomitmen untuk menghasilkan keharmonisan dan persaudaraan di antara berbagai etnis, budaya, dan agama.

“Bahkan di Singapura yang kaya sekalipun,” ada “anak-anak kecil,” katanya, “yang mengikuti Injil dan menjadi garam dan terang, saksi dari sebuah harapan yang lebih besar daripada apa yang bisa dijamin oleh keuntungan ekonomi.”

Bapa Suci mengakhiri perjalanannya dengan mengucap syukur kepada Tuhan atas Perjalanan ini dan menyampaikan Berkat Apostoliknya kepada semua orang yang ia kunjungi.

Dalam Audiensi Umum, Paus Fransiskus juga menyampaikan salam khusus. Dia mengumumkan kepada umat beriman yang berkumpul bahwa dua pembaca akan menikah Sabtu depan dan berseru bahwa “sangat indah melihat cinta membawa kita maju untuk membentuk sebuah keluarga baru: itulah sebabnya saya ingin mempersembahkan keduanya, untuk berterima kasih kepada Tuhan. ” (vaticannews.va)

 

https://kupang.tribunnews.com/2024/09/18/paus-fransiskus-saat-audiensi-saya-melihat-iman-yang-hidup-dan-penuh-sukacita-di-asia-dan-oseania?page=all

Leave a comment