Informasi Terpercaya Masa Kini

Kaesang Mendadak Datang, Wakil Ketua KPK: Saya Juga Baru Tahu dari Berita

0 3

JAKARTA, KOMPAS.com – Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Alexander Marwata mengaku baru mengetahui putra Presiden Joko Widodo (Jokowi) Kaesang Pangarep tiba-tiba mendatangi kantornya di gedung lama atau Kavling C1.

Alex mengaku, pihaknya baru mengetahui Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) itu datang ke KPK dari siaran live berita televisi.

“Saya juga baru tahu dari berita Kompas TV yang bersangkutan datang ke KPK atas inisiatif pribadi,” kata Alex saat dihubungi Kompas.com, Selasa (17/9/2024).

Sementara itu, Kaesang mengaku datang ke KPK atas inisiatif sendiri. Menurutnya, ia datang ke KPK sebagai warga negara yang baik.

Baca juga: Soal Gunakan Jet Pribadi ke AS, Kaesang: Nebeng Pesawat Teman Saya

Kaesang mengatakan, dirinya bukan penyelenggara negara dan bukan pejabat negara. Namun, ia menyampaikan klarifikasi terkait dugaan gratifikasi jet pribadi ke Direktorat Gratifikasi KPK.

“Tadi saya juga di dalam mengklarifikasi mengenai perjalanan saya di tanggal 18 Agustus ke Amerika Serikat, yang numpang atau bahasa bekennya nebeng lah, nebeng pesawatnya teman saya,” ujar Kaesang.

Sebelumnya, warganet ramai-ramai mengulik informasi pesawat jet Gulfstream G650ER yang digunakan Kaesang dan istrinya, Erina Gudono ke Amerika Serikat.

Penggunaan jet itu diketahui dari sejumlah unggahan di media sosial Erina dan pelacakan melalui situs pemantau penerbangan.

Publik mempertanyakan apakah penggunaan jet itu merupakan gratifikasi atau sewa.

Baca juga: Datangi KPK, Kaesang: Saya Datang ke Sini Bukan Diundang, tapi Inisiatif

Jika sewa, publik mempertanyakan sumber uang Kaesang untuk membayar biaya sewa pesawat jet pribadi yang ditaksir mencapai Rp 8,7 miliar.

KPK sempat menyatakan akan meminta klarifikasi dari Kaesang melalui Direktorat Gratifikasi.

Namun, lembaga antirasuah membatalkan rencana klarifikasi atas dugaan gratifikasi itu karena kini ditangani Direktorat PLPM.

Leave a comment