Informasi Terpercaya Masa Kini

21 Ide Kegiatan Maulid Nabi Muhammad SAW 2024 di Sekolah,Pilihan Terbaik dan Edukatif Untuk Siswa

0 3

TRIBUNSUMSEL.COM – Berikut ini akan disajikan beberapa ide kegiatan Maulid Nabi Muhammad SAW 2024 di sekolah, bisa menjadi pilihan terbaik dan edukatif bagi para siswa.

Kumpulan Ide Kegiatan Maulid Nabi di Sekolah 1. Lomba Cerdas Cermat

Berbagai macam perlombaan bisa diadakan untuk memeriahkan Maulid Nabi. Salah satunya, seperti perlombaan cerdas cermat. Lomba ini bisa juga menjadi sarana dalam melatih pengetahuan tentang agama dan Nabi SAW.

2. Lomba Pidato/Ceramah

Perlombaan lainnya yang kerap diadakan dalam rangka Maulid Nabi adalah lomba pidato atau ceramah. Perlombaan ini bisa diselenggarakan dengan menyampaikan pidato atau ceramah bertemakan Nabi Muhammad SAW.

3. Santunan Anak Yatim

Sekolah juga bisa mengadakan kegiatan santunan anak yatim atau juga santunan untuk kaum duafa. Kegiatan ini, selain dalam rangka merayakan Maulid Nabi, juga sebagai bentuk kegiatan Muslim yang mencontoh amalan Rasulullah.

4. Bakti Sosial

Maulid Nabi juga merupakan momen untuk menjalin kebersamaan dan kepedulian antarsesama. Kegiatannya bisa diisi dengan bakti sosial di lingkungan sekolah, seperti donor darah, memberikan barang layak pakai, dan yang lainnya.

5. Pentas Seni

Untuk memberikan hiburan, kegiatan pentas seni Islami dapat dilakukan agar tidak hanya terhibur, namun juga memiliki pengajaran di dalamnya. Kegiatan ini bisa dilakukan di lingkungan sekolah dengan dihadiri seluruh warga sekolah.

6. Tausiyah/Pengajian

Salah satu ide kegiatan Maulid Nabi yang umum dilakukan adalah tausiyah/pengajian. Tausiyah merupakan kegiatan siar agama yang biasanya dilakukan dalam skala kecil bersama kerabat atau keluarga.

Kegiatan tausiyah bisa menjadi salah satu ide kegiatan Maulid Nabi untuk menyampaikan pesan-pesan dan ajaran Islam yang telah diajarkan Nabi semasa hidupnya. Tausiyah juga menjadi sarana untuk mempelajari kisah perjuangan hidup Nabi yang sejatinya merupakan kewajiban bagi setiap umat muslim.

7. Pertunjukan Nasyid

Pertunjukan nasyid adalah salah satu ide kegiatan Maulid Nabi yang cukup menarik untuk dilaksanakan. Syair-syair dalam lagu nasyid bisa menjadi sarana untuk mengingat kisah perjuangan dan keteladanan Rasulullah.

8. Lomba Menulis/Story telling Kisah Nabi

Ide kegiatan Maulid Nabi yang tak kalah menarik untuk dicoba adalah lomba menulis atau lomba story telling dengan mengangkat tema kisah Nabi. Kegiatan ini bisa menjadi stimulus bagi para generasi muda untuk lebih mengenal sosok Nabi Muhammad, serta sebagai ajang menanamkan jiwa kompetitif.

____

Ide Kegiatan Maulid Nabi Lainnya

1. Lomba vlog: Membuat video blog tentang persiapan dan perayaan Maulid Nabi.

2. Tabligh Akbar.

3. Membaca shalawat.

4. Menggelar pembacaan Maulid Diba’

5. Khataman Al-Qur’an.

6. Kajian hadits.

7. Diskusi keagamaan. 

8. Lomba membuat poster: Membuat poster kreatif yang menggambarkan makna dan pentingnya Maulid Nabi.

9. Pawai Maulid Nabi.

10. Lomba qasidah.

11. Lomba drama: Menampilkan drama pendek yang menceritakan perjalanan hidup Rasulullah dan ajarannya.

12. Pemberian sumbangan: Menyumbangkan makanan atau barang kebutuhan untuk kaum duafa sebagai wujud kepedulian sosial. 

13. Lomba membaca puisi untuk Nabi Muhammad.

14. Lomba pidato Islami dengan tema Maulid Nabi.

15. Lomba membuat kaligrafi Islami.

**

Baca artikel lainnya di google news.

Ikuti dan bergabung di saluran WhatsApp Tribunsumsel,

Leave a comment