Informasi Terpercaya Masa Kini

Ribut Naturalisasi di Indonesia, Jude Bellingham Sampai Wayne Rooney Juga Produk Keturunan

0 4

SUPERBALL.ID – Naturalisasi di Indonesia diributkan, sementara Timnas Inggris sudah lama menggunakan produk keturunan untuk memperkuat skuad The Three Lions.

Prestasi Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 2026 justru berbuah kecaman dari sejumlah tokoh publik yang merasa tidak senang.

Peter Gontha hingga Rocky Gerung mengaku lebih memilih Timnas Indonesia kalah ketimbang menang dengan diperkuat banyak pemain naturalisasi.

Hal ini perlu diluruskan karena peralihan kewarganegaraan dilakukan oleh para pemain keturunan dengan garis keturunan asal Indonesia.

Tidak seperti naturalisasi di masa lalu dengan para pemain asing yang tinggal di Indonesia selama lima tahun berturut sebagai syaratnya.

Nama-nama seperti Ragnar Oratmngoen, Thom Haye, Ivar Jenner, Calvin Verdonk hingga Maarten Paes memiliki kakek dan nenek asli Indonesia.

Meski begitu, sejumlah pihak berseberangan dan menganggap naturalisasi pemain tidak mencerminkan patriotisme bangsa.

Bahkan mereka lebih memilih Timnas Indonesia menelan kekalahan, ketimbang harus melihat kemenangan diraih dengan pemain keturunan.

Pihak-pihak ini seharusnya tahu bahwa peralihan kewarganegaraan adalah tindakan yang disahkan FIFA, bahkan dilakukan banyak negara maju.

Baca Juga: Duo Keturunan Jawa Milik Stoke City dan PSV Eindhoven Bela Timnas Indonesia

Termasuk di antaranya Timnas Inggris, siapa yang mengira bahwa nama-nama tenar seperti Wayne Rooney, Harry Kane hingga Jude Bellingham merupakan produk keturunan.

Keluarga Wayne Rooney memiliki darah kental Republik Irlandia, mulai dari kakek dan nenek dari pihak ayahnya.

Kemudian sang istri, Collen, juga berasal dari Republik Irlandia, putri kesayangnya pun diberi nama McLoughlin.

Meski demikian, Rooney pada akhirnya memilih setia dengan Inggris dan bermain untuk skuad The Three Lions.

Kemudian Jude Bellingham yang kakeknya berasal dari Republik Irlandia, sang ayah, Mark Bellingham, pernah berharap anaknya bermain untuk Emerald Isle.

Dan baru-baru ini, Declan Rice dan Jack Grealish yang bermain untuk Timnas Inggris setelah dulunya membela timnas kelompok umur Republik Irlandia.

Gelandang Arsenal sudah tiga kali bermain untuk Timnas Republik Irlandia, debutnya terjadi pada 2018 melawan Amerika Serikat.

Kemudian melawan Prancis dan Turki, lalu Grealish bermain untuk Timnas U-21 Republik Irlandia dengan enam kali caps.

Baca Juga: Sindir Pengkritik Timnas Indonesia, Arya Sinulingga: Kabarnya Hobi Taruhan Bola!

Meski begitu, keduanya akhirnya beralih ke Inggris dan bahkan sukses mempermalukan Republik Irlandia di UEFA Nations League.

Pertandingan yang digelar di Stadion Aviva dimenangi Inggris dengan skor 2-0, dua gol dicetak Declan Rice dan Jack Grealish.

Selalu ada cemooh, tetapi dari suporter Republik Irlandia bukan para pengamat atau pejabat hingga mantan pejabat negara seperti yang terjadi di Indonesia.

Selain nama di atas juga masih ada Harry Kane yang eligible membela Timnas Republik Irlandia karena memiliki garis keturunan.

Belum lagi Prancis, skuad Ayam Jantan saat menjuarai Piala Dunia 2018 didominasi pemain naturalisasi, bahkan tak satu pun yang asli kelahiran Prancis.

Leave a comment