Informasi Terpercaya Masa Kini

Jenis-jenis Base Makeup yang Wajib Kamu Ketahui, Bikin Tampilan Wajah Makin Sempurna!

0 7

Base makeup adalah produk kosmetik yang digunakan sebagai lapisan dasar sebelum mengaplikasikan makeup lainnya. Base makeup berfungsi untuk menyempurnakan tampilan kulit, menyamarkan noda atau ketidaksempurnaan, dan membuat makeup lebih tahan lama.

Ada berbagai jenis base makeup yang bisa kamu pilih sesuai dengan kebutuhan dan preferensimu. Berikut ini adalah beberapa jenis base makeup yang populer dan fungsinya!

1. Primer

Base makeup primer/ Foto: freepik.com

Primer adalah produk makeup dasar yang digunakan sebelum mengaplikasikan foundation. Biasanya, produk ini dipakai setelah wajah menggunakan skincare, gunanya adalah untuk mempersiapkan kulit sebelum diberi makeup lainnya.

Penggunaan primer membantu menyempurnakan tekstur kulit, mengendalikan minyak, memberi kelembapan, atau memberi kulit tampilan berkilau. Primer juga membuat foundation lebih mudah diaplikasikan dan bertahan lebih lama.

Baca Juga : Lebih Ampuh Cegah Iritasi, Ini Manfaat Lainnya dari Penggunaan Popok dengan Organic Cotton yang Bebas Kimia2. Foundation

Base makeup foundation/ Foto: freepik.com

Setelah menggunakan primer, maka langkah selanjutnya adalah mengaplikasikan foundation. Fungsi utama foundation adalah untuk menyamarkan perbedaan warna kulit, menutupi noda atau ketidaksempurnaan, dan meningkatkan daya tahan makeup.

Foundation seringkali memiliki tingkat penutupan atau coverage yang tinggi sehingga membuat tampilan wajah menjadi lebih halus dan sempurna. Foundation juga dapat ditemukan dalam berbagai bentuk, seperti cair, padat, atau bubuk.

Penting untuk diingat bahwa foundation memainkan peran yang sangat penting dalam mencapai hasil akhir yang memuaskan dalam makeup wajah.

3. Concealer

Base makeup concealer/ Foto: freepik.com

Concealer umumnya digunakan setelah foundation. Ia berguna menyembunyikan atau menutupi ketidaksempurnaan kulit di wajah, seperti jerawat, bercak hitam, lingkaran gelap di bawah mata, kemerahan, atau pori-pori yang besar.

Concealer dapat menciptakan tampilan kulit yang lebih merata, halus, dan sempurna. Umumnya, concealer memiliki tekstur lebih tebal dan konsentrasi pigmen yang lebih tinggi dibandingkan dengan foundation, sehingga memberikan penutupan yang lebih efektif.

4. BB Cream, CC cream, DD cream

Base makeup BB cream, CC cream, DD cream/ Foto: freepik.com

Ketiga krim ini merupakan produk yang kegunaannya hampir mirip, akan tetapi kebutuhannya disesuaikan dengan kondisi kulit dan makeup apa yang ingin ditampilkan. BB cream merupakan produk yang menggabungkan perawatan kulit dan makeup.

Ia dapat memberikan kelembapan, perlindungan dari sinar matahari, dan efek pencerahan, dengan penutupan ringan hingga sedang. Cocok untuk tampilan natural.

Sedangkan CC cream atau color correcting cream, mirip dengan BB cream, dirancang khusus untuk mengatasi masalah warna kulit seperti kemerahan atau kusam. Teksturnya lebih ringan dari BB cream.

DD cream, atau Dynamic Do-all cream, Daily Defense cream adalah jenis produk kosmetik yang menggabungkan dan meningkatkan fitur yang ada dalam BB cream dan CC cream.

DD cream memiliki konsistensi yang lebih berat dibandingkan BB cream dan CC cream karena mengandung tingkat kelembapan yang lebih tinggi serta SPF.

5. Tinted Moisturizer

Base makeup tinted moisturizer /Foto: freepik.com

Tinted moisturizer adalah produk kecantikan yang berperan ganda sebagai pelembap dan alas makeup. Formula produk ini lebih ringan daripada foundation atau BB cream, ideal untuk tampilan alami.

Tingkat coverage dari tinted moisturizer tidak begitu tinggi sehingga ia kurang dapat menyembunyikan noda atau kerutan sepenuhnya. Dalam kasus ini, perlu menggunakan concealer agar penampilan lebih sempurna.

Biasanya, tinted moisturizer mengandung bahan-bahan pelembap seperti hyaluronic acid dan gliserin, serta SPF untuk perlindungan dari sinar matahari.

6. Cushion

Base makeup cushion/ Foto: freepik.com

Cushion adalah produk kosmetik berbentuk compact, tetapi di dalamnya berisi foundation berbentuk cair atau krim yang dapat diaplikasikan menggunakan sponge atau puff. Cushion umumnya memiliki tekstur yang ringan dan memberikan tampilan kulit yang bercahaya atau dewy.

Kelebihan cushion adalah kepraktisannya yang memungkinkan penggunaan yang mudah kapan saja. Cocok digunakan oleh mereka yang ingin tampil segar dan alami dengan tampilan makeup yang tidak terlalu berat.

Itulah beberapa jenis base makeup yang dapat kamu pilih sesuai dengan kebutuhan dan preferensimu. Semoga informasi ini membantu!

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

Pilihan Redaksi

  • 3 Rekomendasi Maskara yang Memberikan Ilusi Bulu Mata Lentik nan Tebal dalam Waktu Lama
  • 4 Inspirasi Model Rambut Pendek ala Artis Korea yang Bikin Tampilan Wajah Makin Fresh dan ‘Awet Muda’!
  • Perlu Nggak Sih Pakai Sunscreen Saat Mendung? Ini Semua yang Wajib Kamu Tahu
Leave a comment