Informasi Terpercaya Masa Kini

Kata Puan Maharani soal Isu Jokowi Ingin Reshuflle Menteri di Ujung Masa Pemerintahan

0 9

TEMPO.CO, Jakarta – Ketua Dewan Pimpinan Pusat PDIP Puan Maharani menanggapi desas-desus reshuffle atau kocok ulang menteri Kabinet Indonesia Maju menjelang akhir periode Presiden Joko Widodo. Dia mengatakan, tidak mempermasalahkan kebijakan kepala pemerintahan itu yang ingin mengganti sejumlah menteri di ujung masa jabatannya.

Puan juga mengaku tidak khawatir bila kader partainya didepak dari Istana. “Ya, itu kan prerogatif presiden. Ya sudah,” kata Puan ditemui di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Kamis, 15 Agustus 2024.

Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto juga mengatakan tak masalah dengan isu reshuffle kabinet Jokowi. Hasto berujar penentuan menteri adalah hak presiden yang menjabat.

“Ya sejak dulu dalam konsep tata pemerintahan yang baik, presiden punya hak prerogatif. Kami menghormati hak prerogatif dari presiden itu. Sejak awal kami kan enggak pernah neko-neko,” kata Hasto di Kantor DPP PDIP, Menteng, Jakarta Pusat pada Rabu, 14 Agustus 2024.

Sebelumnya, Jokowi disebut bakal melakukan reshuffle kabinet menteri dalam waktu dekat. Sejumlah narasumber dari petinggi partai pendukung Koalisi Indonesia Maju, pejabat di lingkaran Istana, dan orang dekat Istana menyampaikan informasi ini kepada Tempo. Koran Tempo mewartakan dengan lengkap pada edisi Selasa 13 Agustus 2024.

Di antara menteri yang disebut akan terkena reshuffle adalah Menteri Kehutanan dan Lingkungan Hidup Siti Nurbaya Bakar serta Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Yasonna Laoly.

Jokowi tidak membantah kabar mengenai rencana reshuffle kabinet dalam waktu dekat. Jokowi mengatakan bakal mengocok ulang komposisi menteri selama diperlukan.

“Ya kalau diperlukan. Kalau diperlukan. Saya kan sudah ngomong dari dulu, kalau diperlukan. Saya masih punya hak prerogatif itu,” kata Jokowi di Ibu Kota Nusantara, Kalimantan Timur, pada Selasa, 13 Agustus 2024, dikutip dari audio yang diterima Tempo.

Daniel A. Fajri dan Savero Aristia berkontribusi dalam penulisan artikel ini.

Pilihan Editor:Orang Tua Anggota Paskibraka Asal Yogyakarta Keberatan Anaknya Lepas Hijab

Leave a comment