Informasi Terpercaya Masa Kini

Cara Mudah Mengubah Kain Batik menjadi Rok Lilit Kebaya

0 10

JAKARTA, KOMPAS.com – Kain batik biasanya dimanfaatkan sebagian orang untuk dijahit menjadi potongan kemeja maupun rok. 

Namun, ternyata kain batik bisa diubah menjadi rok lilit yang cantik tanpa perlu menjahitnya. Sehingga kamu tetap bisa gunakan kain tersebut secara utuh dan bisa tetap disimpan untuk anak dan cucu.

Ketua Perempuan Berkebaya Indonesia (PBI) Pusat, Rahmi Hidayati mengungkap barang-barang yang dibutuhkan hanya beberapa peniti dan kain batik saja. Penasaran? Simak langkah-langkahnya berikut ini ya!

1. Posisikan kain sesuai corak dan tinggi badan

Langkah pertama yaitu lebarkan kain dan pastikan posisi kain sudah sesuai dengan corak dan juga tinggi badan.

Jika terlalu panjang, Rahmi menyarankan untuk melipat kain ke bagian dalam agar terlihat lebih rapi. 

“Disesuaikan aja sama tinggi badan kalian. Kalau kepanjangan, kainnya bisa dilipat ke dalam,” ujar Rahmi dalam acara Remaja Berkebaya dan Berkain Nusantara di Jakarta Selatan, belum lama ini.

Baca juga: Tips Praktis Menyulap Sarung Batik jadi Kain Lilit untuk Kebaya

2. Letakkan pinggir kain ke tengah badan

Kemudian, letakkan salah satu pinggir kain ke bagian tengah badan. Kamu bisa beri peniti dan tempelkan dengan baju agar bagian dalam kainnya tidak mudah turun.

Menurut Rahmi, jika kain bagian dalamnya melapisi seluruh bagian tubuh, maka akan membuat rok lilit terasa tebal dan langkah ketika berjalan menjadi tidak leluasa. 

“Kain untuk bagian dalam dimulainya di tengah badan, jangan sampai menutupi bagian depan, itu bisa bikin sulit berjalan,” jelasnya.

3. Tempelkan kedua sisi kain 

Setelah itu, kamu bisa satukan kain yang lebih panjang ke bagian kain yang sudah di kencangkan di tengah badan. Kamu bisa gunakan peniti lagi untuk menempelkan kedua sisi kain tersebut. 

Pastikan kain tersebut melapisi pinggang kamu dengan rapi dan nyaman, agar kamu bisa bebas beraktivitas. 

Baca juga: Tips Merawat Kain Batik agar Tetap Cantik dan Awet

4. Naikkan sedikit bahan jika merasa terlalu panjang

Jika kedua sisi kain sudah menyatu, kamu bisa melihat akan ada hiasan sisa kain yang memberikan kesan seperti layers atau lapisan bahan bertingkat yang cantik.

Namun, jika lapisan tersebut terlalu panjang dan berpotensi mengganggu langkah, maka Rahmi menyarankan untuk menarik sedikit bagian layers dan tempelkan menggunakan peniti. 

“Kalau bagian depan kainnya kepanjangan, bisa diberikan peniti lagi. Caranya tarik sedikit bahan ke atas, lalu tempelkan lagi ke bagian tengah,” tandas Rahmi. 

Leave a comment