Informasi Terpercaya Masa Kini

Ahok Tantang Anies Baswedan Rematch Lagi di Pilkada Jakarta,Hasil Survei Kompas Favoritkan Keduanya

0 5

TRIBUNKALTARA.COM, JAKARTA – Anies Baswedan dan Basuki Tjahaya Purnama alias Ahok berpeluang rematch atau tanding ulang di Pilkada Jakarta, hasil survei Litbang Kompas favoritkan keduanya.

Mantan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan paling difavoritkan kembali maju sebagai calon Gubernur pada Pilkada Jakarta 2024.

Berdasarkan hasil survei Litbang Kompas periode Juni 2024, sebanyak 29,8 persen responden memilih kembali nama Anies Baswedan sebagai Cagub rujukan untuk maju pada Pilgub Jakarta.

Menariknya, responden juga merujuk nama mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok sebagai Cagub yang difavoritkan kembali maju pada Pilgub Jakarta.

Sebesar 20 persen responden merujuk nama Ahok, posisi ketiga ada nama mantan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil 8,5 persen responden.

Dikutip dari Kompas.id, Selasa (16/7), nama lain seperti Menteri BUMN Erick Thohir, mantan Panglima TNI Jenderal (Purn) Andika Perkasa, Menteri Sosial Tri Rismaharini, Ketua Umum PSI Kaesang Pangarep hingga Menteri Keuangan Sri Mulyani masih di bawah 3 persen.

Baca juga: MA Putuskan Syarat Usia Calon Kepala Daerah Minimal 25 Tahun, Buka Pintu Kaesang Maju di Pilkada DKI

Dari hasil survei Litbang Kompas 30 persen responden belum menjawab atau tidak tahu siapa sosok yang menurut mereka layak menjadi Cagub pada Pilkada Jakarta 2024.

“Artinya, di tengah belum adanya partai politik secara resmi memberikan dukungan dan mengajukan pasangan calon.

Peluang masih terbuka untuk siapa pun menjadi calon gubernur di Jakarta,” tulis peneliti Litbang Kompas Yohan Wahyu dikutip dari Kompas.id.

Survei Litbang Kompas ini dilakukan pada 15-20 Juni 2024 melibatkan 400 responden yang dipilih secara acak menggunakan metode pencuplikan sistematis bertingkat di Provinsi Daerah Khusus Jakarta.

Margin of error survei lebih kurang 4,9 persen dalam kondisi penarikan sampel acak sederhana, dengan tingkat kepercayaan 95 persen.

Survei ini didanai sepenuhnya oleh Harian Kompas.

Baca juga: Daftar Tokoh Peluang Diusung Partai Megawati di Pilkada Jakarta, Anies Baswedan Sebut PDIP Menarik

Ahok Siap Rematch Lawan Anies

Ahok menilai akan menarik apabila terjadi rematch antara dirinya melawan Anies Baswedan di Pilkada Jakarta kali ini.

” Justru kalau bisa, bisa rematch dengan Pak Anies lebih menarik supaya mengukur sampai di mana bangsa ini setelah naik levelnya menuju Bhinneka Tunggal Ika,” ujar Ahok dalam acara ROSI di Kompas TV, Kamis (18/7)

Pada Pilkada 2017 silam, sempat terjadi perpecahan antara pendukung Ahok dengan Anies Baswedan.

Namun, Ahok meyakini perpecahan serupa tidak akan kembali terjadi apabila dirinya melawan Anies Baswedan di Pilkada Jakarta 2024.

Mantan Gubernur Jakarta itu menyebut masyarakat saat ini sudah berubah dan berpikiran lebih maju.

“Maksud saya, kalau Anda mengatakan bahwa ini takut ribut, paling cocok, ya, rematch dong, untuk mengukur supaya apel dengan buah apel bandingnya,” kata Ahok.

“Bukan soal PD (percaya diri) enggak PD, tapi demi bangsa ini menilai, kalau bisa ikut menarik menurut saya.”

“Untuk mengukur apakah terjadi lagi demo besar, terjadi lagi pasang tulisan di mana-mana,” sambungnya.

Baca juga: Ramai Bicara Hak Angket, Ini Kata Surya Paloh dan Anies Baswedan, Ganjar Pranowo Hingga Mahfud MD

Kendati demikian, Ahok mengatakan peluang rematch tersebut cukup sulit untuk terwujud.

Mengingat saat ini, PDIP tidak dapat mengusung Cagub di Pilkada Jakarta tanpa berkoalisi dengan partai lain.

Ia menyinggung sisa partai yang belum menentukan jagoannya di Pilkada Jakarta. Menurutnya, akan cukup sulit bagi PDIP untuk mengusungnya sebagai Cagub.

“Gak akan terjadi pembelahan kok, tapi rematch kemungkinan susah karena sisa partai ini enggak mungkin, secara teori politik susah.”

“Kalau Anda menuduh Jakarta akan seperti 2017 harus diulang dong, bukan berarti saya mau minta ulang supaya ulang berpecah lagi,”

Respon Nasdem dan PKS                                        

Sementara 2 partai pendukung Anies Baswedan di Pilpres kemarin juga buka suara terkait dengan wacana rematch antara Anies Baswedan dan Ahok

Juru Bicara (Jubir) PKS, Muhammad Iqbal, menyebut partainya menyambut baik siapa pun lawan yang bisa bertarung di Pilkada Jakarta.

“Kami dari PKS sebenarnya menyambut baik siapa pun yang itu bisa bertarung di Jakarta asal memenuhi syarat dan saja semakin banyak calon ini menunjukkan bahwa memang nanti warga Jakarta akan ada banyak pilihan,” tutur Iqbal, Jumat (19/7), dilansir Kompas TV.

Ia percaya diri Anies Baswedan selaku incumbent (petahana) mempunyai peluang besar untuk memenangkan Pilkada Jakarta. Apalagi, kali ini PKS bakal menyandingkan Anies dengan Sohibul Iman untuk bersaing di Jakarta.

Baca juga: Ahok dan Risma Bakal Turun Gunung Ikut Pilkada Kaltim, PDIP Jaring Kandidat yang Bakal Diusung

“Tapi kami melihat survei, memang Mas Anies adalah pilihan yang satu dan itu tentu saja beliau sebagai incumbent memiliki peluang yang lebih besar.”

“Dan pada kali ini kami juga akan menyandingkan Mas Anies dengan Sohibul Iman atau disingkat pasangan AMAN ini bisa jadi akan menjadi lebih kuat dan kami optimis untuk bisa menang,” terangnya.

Ia optimis, jika pada akhirnya Anies berduel dengan Ahok, mantan Rektor Universitas Paramadina itu akan meraih kemenangan.

Sementara itu, Sekretaris Jenderal DPP Partai Nasdem, Hermawi Taslim mengaku siap apabila Ahok maju Pilkada Jakarta.

“Ya, kita siap saja,” papar Hermawi saat ditemui awak media usai mengunjungi Kantor DPP PKS, Kamis (18/7).

Ia juga menyatakan pertarungan antara Anies vs Ahok pernah terjadi dan publik sudah mengetahui hasilnya.

Pada putaran kedua Pilkada Jakarta 2017, Anies Baswedan-Sandiaga Uno mengalahkan Basuki Tjahaja Purnama-Djarot Saiful Hidayat.

Anies-Sandi memperoleh 57,96 persen suara, sedangkan Ahok-Djarot hanya mencatatkan 42,04 persen.

“Kan kita sudah pernah. Sudah pernah terjadi dan Anda semua sudah tau hasilnya,” tutur Hermawi.

Lebih lanjut, Hermawi menyebut Partai Nasdem sudah menggodok tiga nama yang bisa diusung maju Pilkada Jakarta.

Ketiga nama tersebut adalah Anies Baswedan, Ahmad Sahroni, dan Wibi Andrino.

“Tapi kan kalau di Jakarta sudah kita jalan sedemikian jauh, sudah pleno antara DPW DKI Partai Nasdem, dengan Bappilu Pusat, sudah ada tiga nama yang berproses, Anies Baswedan, Ahmad Sahroni dan Wibi,” terangnya.

Namun, sampai saat ini, Partai Nasdem belum bisa memastikan siapa sosok yang akan didorong untuk Pilkada Jakarta.

Baca juga: TERUNGKAP Alasan Ahok Mundur dari Pertamina, Berikut Daftar 6 Pejabat di Sekitar Jokowi yang Keluar

Ia hanya menegaskan partainya mempunyai tenggat waktu untuk mengusung calon kepala daerah pada 31 Juli 2024 nanti.

“Nah, itu muter terus di sekitar itu, tapi yang mana (yang didukung), ya, saya belum bisa pastikan,” ujarnya.

Kata PDIP

Sekretaris Jenderal DPP PDIP, Hasto Kristiyanto bicara soal Pilkada Jakarta yang belum diputuskan partainya.

Terlebih, Ketua DPP PDIP bidang Ekonomi Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok baru saja memberi isyarat kalau bisa bertanding ulang melawan Anies Baswedan di Pilkada Jakarta 2024.

Menjawab soal Pilkada Jakarta, Hasto mengatakan partai masih mengkaji.

Selain Ahok, ada beberapa nama lain yang dikaji, yang mencakup juga calon untuk Pilkada Jawa Tengah.

Contohnya nama Anies Baswedan, Bivitri Susanti, Pramono Anung, dan Andika Perkasa.

“Ya, Jakarta kita cermati masih sangat dinamis. Justru berbagai wacana yang muncul saat ini baik itu terkait dengan Pak Ahok.

Terkait dengan pak Anies, termasuk kombinasi keduanya atau kemungkinan rivalitas di antara keduanya atau munculnya figur baru, seperti pak Pramono Anung.

Kami juga mendapat informasi dari teman-teman civil society, Mbak Bivitri misalnya, ada juga yang mengusungnya,” kata Hasto saat ditemui di sela acara diskusi peringatan 28 tahun Kudatuli di Kantor DPP PDIP, Menteng, Jakarta, Sabtu (20/7).

“Mbak Bivitri ini ketika menyandingkan film Dirty Vote itu di Jakarta itu yang nonton hampir 8 juta orang, itu bagian dari dinamika yang menyehatkan demokrasi,” lanjut Hasyo.

PDIP terus membuka suatu ruang bagi hadirnya calon-calon pemimpin tersebut, berdasarkan suara arus bawah partai.

“Muncul juga nama Mas Pramono Anung. Di Jawa Timur muncul nama ibu Tri Rismahirini, di Jawa Tengah muncul nama Pak Andika, ada Pak Hendi, ada yang mengatakan pak Andika juga cocok di Jakarta.

Ini semua masih dicermati oleh PDIP,” tegas Hasto.

Hasto mengatakan partainya menghargai langkah partai lain yang sudah mengusung Anies-Sohibul. (Tribunnews.com/Deni/Rizki/Jayanti/Kompas)

Baca berita terkini Tribun Kaltara di Google News

Leave a comment