Informasi Terpercaya Masa Kini

Belum Banyak yang Tahu, Ini Alasan Mobil Diesel Enggak Pakai Busi

0 7

Belum Banyak yang Tahu, Ini Alasan Mobil Diesel Enggak Pakai Busi Belum Banyak yang Tahu, Ini Alasan Mobil Diesel Enggak Pakai Busi Masih banyak yang belum paham kalau mobil mesin diesel tidak menggunakan busi seperti mesin bensin. Ini penjelasan dari ahlinya Gridoto / Knowledge Ferdian July 30th, 9:30 PM July 30th, 9:30 PM

GridOto.com – Masih banyak yang belum tahu kalau mobil mesin diesel tidak menggunakan busi.

Alasannya karena proses pembakaran solar dan udara tidak menggunakan part ini.

Berbeda dengan mesin bensin, proses pembakarannya masih butuh busi sebagai pematik api untuk membakar bensin dan udara.

Tri Yuswidjajanto Zaenuri, yang pada tahun 2020 jadi Ahli Konversi Energi Fakultas Teknik dan Dirgantara Institut Teknologi Bandung (ITB) pernah menjelasakannya.

Ia menerangkan bahwa proses pembakaran mesin diesel terjadi sepenuhnya mengandalkan suhu tinggi dari tekanan saat terjadi kompresi.

“Sebenarnya mesin diesel itu selalu mengalami gejala detonasi atau knocking tapi timingnya teratur,” tekan Tri seperti pernah dibahas GridOto beberapa waktu lalu.

Maksudnya adalah bahan bakar yang masuk ke dalam ruang bakar terbakar sendiri saat terjadi kompresi yang mengakibatkan gejala detonasi.

“Karakter ruang bakar mesin diesel dirancang menghasilkan tekanan yang sangat besar saat proses kompresi,” terang Tri.

Lanjutnya, kompresi yang besar menghasilkan suhu panas cukup tinggi sampai bisa memantik bahan bakar yang tercampur terbakar sendiri.

“Sehingga aditif bahan bakar diesel khusus dirancang untuk bisa terbakar sendiri dalam titik suhu dan tekanan tertentu,” tambahnya.

“Dimana kalau cetane number bahan bakar diesel semakin tinggi semakin mudah bahan bakar terbakar,” jelas Tri.

Jadi semakin kecil cetane number bahan bakar diesel semakin sulit untuk terbakar.

Tri menilai karakter pembakaran mesin diesel secara detonasi membuat bobot mesin lebih berat karena blok mesin yang dirancang perlu lebih tebal untuk menahan kompresi besar.

“Mesin diesel juga jadi lebih panas daripada mesin bensin karena suhu panas yang lebih tinggi untuk bisa membakar bahan bakar,” sebut Tri.

Baca Juga: Segini Biaya Ganti Satu Set Filter Solar Hyundai H-1 CRDi Orisinal

Copyright Gridoto 2024

Related Article

Leave a comment