Informasi Terpercaya Masa Kini

Kalahkan Tomoka Miyazaki,Putri Kusuma Wardani Melaju ke Final Hong Kong Open 2024

0 2

TRIBUNBENGKULU.COM – Pebulutangkis putri Indonesia, Putri Kusuma Wardani, berhasil melangkah ke babak final Hong Kong Open 2024 setelah melalui serangkaian pertandingan yang sengit. 

Laga semifinal yang berlangsung Sabtu (14/9/2024) menjadi ujian berat bagi Putri. Ia bertemu dengan wakil Jepang, Tomoka Miyazaki, dalam pertandingan tiga set yang ketat.

Putri akhirnya menang dengan skor 22-20, 21-23, dan 21-18, memastikan tempat di partai final seperti diberitakan Tribun Jateng.

Putri akan bertarung di final Hong Kong Open 2024 untuk memperebutkan gelar juara melawan pemenang antara Pornpawee CHOCHUWONG asal Thailand melawan unggulan ketiga Han Yue (China) .

Dalam perjalanan menuju final, Putri menunjukkan performa gemilang dengan mengalahkan sejumlah lawan tangguh.

Pada babak 32 besar yang digelar Rabu (11/9/2024), Putri berhasil menaklukkan wakil Taiwan, Sung Shuo Yun, dengan skor 18-21, 21-12, dan 21-18. Kemenangan ini mengantarkan Putri ke babak 16 besar.

Di babak 16 besar, Kamis (12/9/2024), Putri berhadapan dengan unggulan pertama asal Taiwan, Tai Tzu Ying. Namun, Tai Tzu Ying harus mundur dari pertandingan setelah hanya sempat bermain hingga skor 2-6 di set pertama, sehingga Putri otomatis melaju ke perempat final.

Baca juga: Biografi Putri Kusuma Wardani, Polwan dan Pebulutangkis Indonesia Masuk Final Hong Kong Open 2024

Pada perempat final, Jumat (13/9/2024), Putri tampil dominan saat berhadapan dengan pemain Denmark, Line Højmark Kjærsfeldt, dengan kemenangan dua set langsung, 21-13 dan 21-12.

Tunggal putri Indonesia, Putri Kusuma Wardani sukses menembus final Hong Kong Open 2024 setelah mengalahkan Tomoka Miyazaki, Sabtu (14/9/2024).

Bertanding di Hong Kong Coliseum tunggal putri yang karib disapa Putri KW itu menyudahi perlawanan bintang muda Jepang melalui pertandingan yang cukup sengit selama 1 jam 15 menit.

Setelah melalui duel yang ketat, selama 75 menit akhirnya Putri KW mampu menang dengan skor poin 22-20, 21-23, dan 21-18. 

Ini menjadi final kali kedua secara beruntun bagi seorang Putri KW setelah sebelumnya ia menjadi runner up di Taipei Open 2024.

Pebulutangkis tunggal putri Indonesia, Putri Kusuma Wardani, terhenti di babak pertama Denmark Open 2023. (PBSI)

Tentu ini menjadi sebuah hasil yang cukup membanggakan bagi Putri KW.

Di babak final, ia akan berhadapan dengan pemenang antara wakil Thailand Pornpawee Chochuong vs Han Yue yang menjadi utusan China.

Jalannya Pertandingan

Putri KW mengawali gim pertama dengan sedikit kurang baik, sempat kehilangan tiga poin langsung karena kesalahannya sendiri.

Disisi lain, Tomoka Miyazaki tampil cukup percaya diri setelah unggul tiga poin ini. Ia bermain dengan agresisif dan terus mencecar Putri KW dengan pukulan-pukulan tajamnya.

Meski sempat mengejar dan menyamakan menjadi 7-7 namun Putri KW tak kuasa menahan permainan agresif yang ditunjukkan Miyazaki.

Putri KW tertinggal empat poin, 7-11 saat interval gim pertama.

Setelah interval, Tomoka Miyazaki tetap mempertahankan permainan agresifnya. Hal ini membuat Putri KW kesulitan untuk keluar dari tekanan.

Junior dari Akane Yamaguchi itu sempat unggul lima poin 13-18.

Namun Putri KW menolak menyerah. Perlahan-lahan ia mulai bangkit dan berani lebih menekan.

Perubahan permainananya berbuah positif, ia mampu mengejar mengecilkan poin menjadi 18-19.

Putri KW masih terus menjadi momentumnya. Setelah sukses menyamakan poin 20-20, ia akhirnya berbalik unggul dan akhirnya menuntaskan gim pertama dengan kemenangan 22-20.

Kemenangan di set pertama membuat Putri KW lebih percaya diri untuk memulai gim kedua.

Ia semakin berani untuk bermain agresif. Pilihannya untuk menyerang sejak awal gim membuatnya sukses unggul 5-1.

Meski Tomoka sempat mengejar menjadi 5-4, namun Putri KW mampu mengantisipasi kebangkitan lawannya.

Rapatnya pertahanan Putri KW di gim kedua ini seakan membuat Tomoka frustasi. Tak seperti di set pertama, beberapa kali ia melakukan kesalahan sendiri.

Interval set kedua, Putri KW mampu menjaga keunggulan menjadi 11-7.

Momentum bagi Tomoka hadir setelah interval. Kali ini justru Putri KW yang beberapa kali melakukan unforced error atau kesalahan sendiri.  

Tujuh poin beruntun didapatkan Tomoka hingga akhirnya membuat berbalik unggul menjadi 12-14.

Untungnya Putri KW tak larut terlalu jauh. Ia tetap menjadi selisih dua poin sebelum kemudian kembali menyamakan di angka 18-18.

Di poin-poin kritis, permainan Tomoka Miyazaki yang lebih berani menyerang akhirnya membuat dirinya mengambil kemenangan di set kedua, 21-23.

Di set ketiga, Putri KW membukanya dengan penampilan yang cukup apik, hingga unggul 11-3.

Setelah interval, lagi-lagi tunggal putri Jepang itu mulai bangkit. Perlahan namun pasti ia mendekatkan poin menjadi 16-12.

Upaya bangkit yang dilakukan Tomoka membuat Putri KW harus bersusah payah untuk kembali mendapatkan poin.

Untungnya mentalitas Putri KW kali ini cukup baik sehingga mampu mendapatkan momentumnya kembali.

Putri KW akhirnya menuntaskan set ketiga dengan kemenangan 21-18 dan berhak melenggang ke partai final.

Biografi Putri Kusuma Wardani

Inilah biografi Putri Kusuma Wardani, polwan dan atlet bulutangkis putri Indonesia yang melaju ke final Hong Kong Open 2024.

Melansir laman PBSI (Persatusan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia), Putri Kusuma Wardani (lahir 20 Juli 2002) adalah seorang atlet bulutangkis Indonesia yang terafiliasi dengan klub PB Exist Jakarta.

Putri dilatih di klub PB Exist Jakarta sejak dirinya masuk ke pusat latihan tersebut pada 2018. 

Dalam turnamen nasional, ia bersama tim Exist pernah memenangkan kompetisi Superliga Junior 2018. 

Pada 2018, ia terpilih sebagai anggota tim nasional dalam regu Kejuaraan Bulu Tangkis Junior Asia 2018 dan Kejuaraan Dunia Junior BWF 2018. 

Pada kedua turnamen tersebut, tim nasional Indonesia meraih medali perunggu. 

Pada usia 16 tahun, ia mencapai tingkat turnamen senior Bangladesh International Challenge, tetapi kalah melawan atlet asal Vietnam, Nguyễn Thùy Linh.

Pada 2019, Putri lolos sebagai finalis di turnamen Grand Prix Junior yang diselenggarakan oleh Jaya Raya Junior International. 

Ia meraih gelar pertamanya ketika ia memenangkan Jakarta Junior International Series dan mengalahkan rekan senegaranya, Maharani Sekar Batari. 

Pada Kejuaraan Dunia Junior BWF 2019, ia membantu tim Indonesia dalam memenangkan Piala Suhandinata untuk pertama kalinya. 

Pada kompetisi tersebut, tim Indonesia mengalahkan tim Tiongkok di babak final.

Pada 2021, Putri meraih gelar juara Super 300 pertamanya di Spain Masters saat berusia 18 tahuh. 

Pada turnamen tersebut, ia mengalahkan Line Christophersen dari Denmark di babak final.

Fakta lain Putri Kusuma Wardani, ternyata Putri adalah seorang polwan berpangkat Bripda yang bertugas di Polda Metro Jaya. (**)

Leave a comment