Informasi Terpercaya Masa Kini

Malaysia Vs Filipina – Diwarnai Aksi Baku Hantam, Yudi Nurcahya Pahlawan Harimau Malaya

0 3

SUPERBALL.ID – Timnas Malaysia berhasil mengalahkan Filipina dengan skor tipis 2-1 dalam turnamen Pestabola Merdeka 2024, Yudi Nurcahya dari Indonesia bak pahlawan.

Bertanding di Stadion Nasional Bukit Jalil, Kuala Lumpur, Rabu (4/9/2024) malam WIB, Timnas Malaysia besutan Pau Marti dibuat terhenyak usai tertinggal lebih dulu.

Malaysia harus tertinggal lebih dulu setelah Feroz Baharudin membobol gawang timnya sendiri pada menit ke-26.

Berniat menghalau bola sapuan umpan silang dari sisi kanan gawang, sapuan Feroz Baharudin membuat Ahmad Hazmi kelabakan.

Bola tak bisa diselamatkan kiper Timnas Malaysia itu, Filipina pun unggul sementara atas tim tuan rumah besutan Pau Marti.

Awal yang buruk untuk pelatih asal Spanyol yang menggantikan posisi Kim Pan-gon itu, beruntung Malaysia bisa menyamakan kedudukan.

Butuh nyaris satu babak bagi Malaysia untuk mencetak gol pertama di bawah komando pelatih baru di laga ini.

Tepatnya di menit ke-42, Syamer Kutty Abba berhasil merobek jala gawang Neil Etheridge lewat sepakan dari luar kotak penalti.

Memanfaatkan bola liar hasil sepak pojok, celah kecil di lini bertahan Filipina berhasil dimanfaatkan Syamer Kutty.

Baca Juga: Suporter Malaysia Nggak Kaleng-kaleng Boikot Turnamen, Marketing Federasi Sampai Frustrasi: Tiket Terjual Tak Sampai Seribu

Malaysia berhasil berbalik unggul di menit ke-71 lewat eksekusi penalti Safawi Rashid yang tidak bisa dibendung Neil Etheridge.

Penalti yang diberikan ke Malaysia ini cukup kontroversi karena Arif Aiman terlihat seperti diving ketika menjatuhkan diri di kotak penalti Filipina.

Meski disertai aksi tekel bek Filipina yang cukup terlambat, keputusan wasit asal Indonesia, Yudi Nurcahya, sempat menuai protes dari para pemain tim tamu.

Memasuki menit ke-71, pertandingan berhenti cukup lama setelah muncul aksi baku hantam antarpemain kedua tim.

Berawal dari aksi Arif Aiman yang menendang kaki Paul Bismarck yang membuat bek Filipina meradang hingga mencoba menanduk winger Malaysia itu.

Respons lebay pemain Johor Darul Ta’zim saat terjatuh membuat rekan setimnya bergerak, begitu pula para pemain Filipina lainnya.

Hal itu sontak membuat para pemain saling dorong, berbalas umpatan dan pukulan serta nyaris berujung keributan.

Yudi Nurcahya pun secara tegas memberi kartu kuning bagi masing-masing pemain, setelah keadaan mulai kondusif.

Baca Juga: Pelatih Malaysia dan Presiden FAM Apresiasi Suntikan Dana dari Pemerintah untuk Harimau Malaya

Tak ada lagi gol yang tercipta hingga menit ke-90, Filipina pun tak bisa memaksimalkan tambahan waktu lima menit.

Skor 2-1 tak berubah, Malaysia berhasil memetik kemenangan atas Filipina dan berhak melaju ke final Pestabola Merdeka 2024 atau Piala Merdeka 2024.

Di partai final nanti, skuad Harimau Malaya akan bertemu Timnas Lebanon yang sukses mengalahkan Tajikistan di laga sebelumnya.

Gol semata wayang eks pemain PSS Sleman, Jihad Ayoub, sukses membawa Lebanon mengalahkan Tajikistan.

Laga final Pestabola Merdeka 2024 akan digelar pada 8 September 2024 di Stadion Nasional Bukit Jalil, Kuala Lumpur.

Leave a comment