Informasi Terpercaya Masa Kini

Kemenpora Pastikan Semua Atlet Olimpiade Paris 2024 Mendapatkan Bonus,Segini yang Dapat Medali

0 14

BANGKAPOS.COM–Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) menegaskan bahwa seluruh atlet yang berlaga di Olimpiade Paris 2024 akan mendapatkan bonus, baik yang meraih medali maupun yang tidak.

Hal ini disampaikan oleh Staff Khusus Menpora bidang peningkatan prestasi dan pengembangan industri olahraga, Ardima Rama Putra, pada Sabtu (10/8/2024).

“Kemenpora mengapresiasi semua perjuangan atlet Indonesia di Olimpiade. Baik yang mendapatkan medali atau tidak, mereka sudah mengharumkan nama Indonesia,” ujar Ardima.

Ardima menjelaskan bahwa saat ini Kemenpora masih membahas besaran bonus untuk para atlet Olimpiade Paris 2024.

Diskusi ini termasuk untuk para atlet yang meraih medali maupun yang tidak.

“Bonus peraih medali olimpiade masih dikomunikasikan oleh Menpora Dito Ariotedjo kepada Bapak Presiden Joko Widodo. Angka-angka yang beredar di masyarakat masih sebatas asumsi merujuk pada besaran bonus Olimpiade Tokyo,” jelasnya.

Sebagai referensi, pada Olimpiade Tokyo 2020, atlet peraih medali emas menerima bonus sebesar Rp 5,5 miliar, peraih medali perak mendapat Rp 2,5 miliar, dan peraih medali perunggu mendapatkan Rp 1,5 miliar.

Atlet yang menjadi bagian dari kontingen tetapi tidak meraih medali tetap mendapatkan bonus sebesar Rp 100 juta.

Terkait nominal bonus untuk para atlet di Olimpiade Paris 2024, Ardima menegaskan bahwa keputusan final masih menunggu arahan dari Presiden Joko Widodo.

“Tentunya besaran pastinya masih menunggu arahan Bapak Presiden, karena kebijakan ada di Bapak Presiden,” tambahnya.

Kemenpora juga menyatakan kesiapan mereka dalam memproses kebutuhan administrasi dan kelengkapan lainnya untuk mempercepat pencairan bonus bagi para atlet.

“Kami dari Kemenpora hanya mempersiapkan segala hal yang bersifat administratif untuk mempercepat proses cairnya bonus tersebut,” kata Ardima.

Dengan apresiasi ini, Kemenpora berharap semangat juang para atlet Indonesia tetap terjaga, dan perjuangan mereka di Olimpiade Paris 2024 mendapatkan penghargaan yang layak dari pemerintah dan seluruh rakyat Indonesia.

Bonus Buat Peraih Medali

Pemerintah telah menyiapkan bonus bagi para atlet Indonesia yang berhasil meraih medali emas di Olimpiade Paris 2024.

Sebagai bentuk apresiasi, bonus yang disiapkan diperkirakan mencapai sekitar Rp 6 miliar.

“Kisarannya, untuk satu medali emas mungkin Rp 5 miliar atau Rp 6 miliar saat ini, dan mungkin bisa ditambah lagi,” ujar Yohan, Staf Ahli Bidang Inovasi Kepemudaan dan Keolahragaan Kemenpora, seperti dikutip dari Antara, Jumat (9/9/2024).

Yohan menjelaskan bahwa jumlah tersebut masih bersifat tentatif dan tergantung arahan dari Presiden Joko Widodo.

Bahkan, kemungkinan bonus yang diterima oleh para atlet bisa lebih besar dari yang direncanakan.

“Nanti tergantung dari kebijakan Bapak Presiden, biasanya yang akan memberikan secara langsung adalah Bapak Presiden,” katanya.

Saat ini, Indonesia telah mengumpulkan dua medali emas dan satu perunggu di Olimpiade Paris 2024.

Emas disumbangkan oleh Veddriq Leonardo dari cabang olahraga panjat tebing dan Rizki Juniansyah di cabang angkat besi kelas 73 kg.

Sementara itu, medali perunggu diraih oleh Gregoria Mariska Tunjung dari cabang bulu tangkis.

Indonesia juga berpeluang menambah medali dari cabang angkat besi lewat Nurul Akmal yang akan berlaga di nomor 81 kg putri.

Yohan menambahkan bahwa pemerintah sangat mengapresiasi seluruh atlet yang berjuang di Olimpiade Paris 2024, baik yang berhasil meraih medali maupun yang belum beruntung.

Ia yakin para atlet telah memberikan yang terbaik demi mengharumkan nama Indonesia.

“Para pengurus cabang olahraga juga telah bekerja keras dalam pembinaan. Mungkin kali ini nasib kita belum begitu beruntung untuk meraih lebih banyak medali,” ungkapnya.

“Harapannya, di Olimpiade Los Angeles 2028, kita akan lebih meningkatkan upaya untuk menambah perolehan medali emas demi kejayaan Indonesia,” tutup Yohan.

(Bangkapos.com/Kompas.com)

Leave a comment