Informasi Terpercaya Masa Kini

INFOGRAFIK: Satire, Komedian Thailand Jadi Legenda Baru Cabang Menembak Olimpiade

0 3

KOMPAS.com – Cabang olahraga menembak menarik perhatian selama perhelatan Olimpiade Paris 2024 berlangsung. Setidaknya ada dua atlet menembak yang tampil menjadi perbincangan karena gayanya yang ikonik.

Atlet menembak yang menarik perhatian antara lain atlet putri Korea Selatan Kim Ye-Ji dan atlet putra Turki Yusuf Dikec.

Kim dan Dikec tidak hanya meraih medali untuk negaranya, namun menghadirkan pose unik yang dianggap sebagai ikon Olimpiade Paris 2024.

Setelah pose Kim dan Dikec viral di media sosial, beredar unggahan dengan narasi yang menyatakan munculnya petembak dengan gaya yang lebih unik. Seorang pria menembak dengan menghadap belakang dan menggunakan cermin sebagai alat bantu lihat.

Petembak itu berpakaian putih-biru dengan nuanasa polkadot, dan dinarasikan sebagai “legenda baru Olimpiade”.

Akan tetapi, setelah ditelusuri, foto itu merupakan hasil manipulasi. Pria itu diketahui sebagai komedian Thailand bernama Pongsak “Theng Therdtherng” Pongsuwan.

Foto asli Pongsak diambil dari salah satu adegan di acara komedi “Ching Roi Ching Larn”. Acara itu tayang di stasiun televisi Thailand, Workpoint Entertainment.

Workpoint TV juga telah mengunggah video itu ke akun YouTube mereka pada 15 Agustus 2019.

Foto Pongsak dari tangkapan layar di adegan TV kemudian “ditempel” pada latar belakang saat Yusuf Dikec tampil dengan pose ikonik, menembak dengan tangan kiri dimasukkan ke saku dan tanpa alat bantu akurasi.

Meskipun konten itu hasil manipulasi, namun disampaikan secara satire. Konten merupakan lelucon terkait hal menarik selama Olimpiade.

Simak penjelasannya dalam infografik berikut:

Leave a comment