Informasi Terpercaya Masa Kini

Media Vietnam Tuduh Indonesia Curangi Lawan di ASEAN Cup U-19 2024

0 9

SUPERBALL.ID – Media Vietnam menuduh Indonesia berbuat curang sebagai tuan rumah dengan membuat lawan menderita di babak penyisihan grup ASEAN Cup U-19 2024.

Tuduhan media Vietnam terhadap Indonesia ini muncul setelah Timnas U-19 Vietnam mengalami nasib amat sial di ASEAN Cup U-19 2023.

Vietnam dapat dipastikan tersingkir dari ASEAN Cup U-19 2024 usai gagal menuai kemenangan dalam dua pertandingan fase Grup B.

Skuad muda The Golden Stars bahkan tak mampu masuk klasemen runner-up terbaik dengan hanya satu tim yang akan lolos ke semifinal.

Pun jika Vietnam berhasil memetik kemenangan di laga terakhir fase grup melawan Timnas U-19 Laos, potensi sebagai runner-up terbaik mustahil didapat.

Seolah marah dengan kenyataan, salah satu media Vietnam berani melontarkan tuduhan serius terhadap Indonesia.

Media Vietnam, Soha.vn, menuduh Indonesia telah berbuah curang sebagai tuan rumah ASEAN Cup U-19 2024 dengan membuat setiap lawannya menderita di fase grup.

“Apakah tuan rumah Indonesia sengaja berbuat curang untuk menyulitkan seluruh lawan di ASEAN Cup U-19 2024,” tulis Soha.vn.

“Indonesia sebagai tuan rumah mendapat banyak keuntungan, semua lawannya mengalami kerugian di ASEAN Cup U-19 2024,” imbuh mereka.

Baca Juga: ASEAN Cup U-19 2024 – Indonesia Dibuat Frustrasi, Media Vietnam: Kamboja Jauh Lebih Baik

Media ini pun merinci beberapa indikasi yang mereka nilai sebagai kecurangan yang dilakukan Indonesia di turnamen ini.

Pertama, Soha.vn menyoroti waktu pertandingan Timnas U-19 Indonesia yang berbeda dari tim lain dan selalu digelar pukul 19.30 WIB.

Sementara dua pertandingan tim lain digelar pukul 15.00 WIB, hal ini dialami Vietnam, Australia, Malaysia dan Thailand.

Cuaca panas di Surabaya dianggap sebagai masalah nyata yang dihadapi para kontestan, terutama fisik para pemain.

“Pertama waktu pertandingan, panitia membuat seluruh pertandingan Indonesia di fase grup berlangsung pada pukul 19.30 WIB,” tulis Soha.vn lagi.

“Sementara tim lain (Vietnam, Australia, Malaysia dan Thailand) semuanya memainkan dua pertandingan fase grup pada pukul 15.00 WIB.”

“Laga terakhir fase Grup A uga digelar pukul 19.30, sementara tim lain di Grup B dan C digelar pukul 15.00 WIB.

“Bermain di sore hari di cuaca sangat panas di Surabaya, akan memberikan dampak signifikan terhadap kondisi fisik pemain,” imbuh mereka.

Baca Juga: Dibanding ke India atau Kamboja, Media Vietnam Dukung Park Hang-seo Berlabuh di Timnas Malaysia

Perkara kedua yang disorot media Vietnam ini adalah keuntungan Indonesia yang mendapat jumlah libur lebih panjang di fase knockout.

Soha.vn menyorot jadwal matchday terkahir Indonesia digelar pada 23 Juli, sementara Grup B pada 24 Juli dan Grup C pada 25 Juli.

Sedangkan babak semifinal ASEAN Cup U-19 2024 digelar pada 27 Juli, Indonesia tentu lolos semifinal dan akan bertanding pada 27 Juli.

Jumlah libur yang dimiliki skuad muda Garuda selama tiga hari, sedangkan tim lain hanya mendapat libur satu hari.

“Kedua, Indonesia mendapat keuntungan besar dalam jumlah hari libur jelang fase knockout,” tulis Soha.vn lagi.

“Selain itu, semifinal pertama digelar pukul 15.00 WIB, kemudian semifinal kedua yang akan dijalani Indonesia digelar pukul 19.30 WIB.”

“Panitia penyelenggara benar-benar telah menempatkan Indonesia dalam posisi menguntungkan di turnamen ini,” imbuh mereka.

Dibanding menuduh Indonesia berbuat curang, Vietnam lebih baik fokus dengan evaluasi tim nasional yang selalu babak belur.

Tak hanya di ASEAN Cup U-19 2024, tetapi juga di level timnas senior dan timnas U-16.

Leave a comment