Informasi Terpercaya Masa Kini

Keraguan Pelatih Persib kepada Bek Anyar Gustavo Franca

0 9

BANDUNG, KOMPAS.com – Bek baru Persib Bandung, Gustavo Franca, telah hadir di sesi latihan tim pada Selasa (16/7/2024) di Stadion Persib, Sidolig, Bandung.

Dalam masa latihan pramusim jelang Liga 1 2024-2025, Gustavo Franca masih harus berlatih terpisah. Kondisinya belum prima setelah melakukan perjalanan jauh dari Brasil ke Indonesia.

Pelatih kepala Persib, Bojan Hodak, akan memantau kebugaran sang pemain dalam beberapa hari ke depan jelang turnamen pramusim Piala Presiden 2024. 

Laga pembuka Piala Presiden 2024 akan digelar pada Jumat (19/7/2024), menyuguhkan duel Persib vs PSM Makassar, di Stadion Si Jalak Harupat, Soreang, Kabupaten Bandung. 

Baca juga: Persib Perpanjang Kontrak Pelatih Bojan Hodak Dua Tahun

“Saya harap dia bagus, kita akan lihat bagaimana perkembangannya besok dalam latihan. Karena pada hari ini dia hanya joging,” kata Hodak usai Franca gabung berlatih. 

“Karena ada perbedaan cuaca dan dia melakukan perjalanan selama dua hari dari Brasil. Karena itu dia merasa kelelahan,” tuturnya lagi. 

Hodak masih ragu apakah akan memainkan Franca pada laga pembuka Piala Presiden 2024, Jumat nanti. Pelatih terbaik Liga 1 2023-2024 itu akan memberikannya ruang untuk beradaptasi.

Kemungkinan, Hodak baru akan memberikan Franca kesempatan main pada laga kedua atau ketiga turnamen Piala Presiden 2024, yakni saat melawan Borneo FC Samarinda atau Persis Solo. 

Baca juga: Pelatih Persib Jelaskan Sebab Hengkangnya Ezra Walian

“Saya tidak yakin dia akan main pada laga pertama, karena dia baru tiba. Jadi saya rasa dia memerlukan beberapa hari untuk beradaptasi,” tutur Hodak menerangkan. 

“Beberapa hari ke belakang dia tidak berlatih. Jadi kemungkinan dia baru akan bermain di laga kedua atau ketiga, sedikit demi sedikit,” ujarnya lagi. 

Hodak memberikan penjelasan tentang alasannya merekrut Franca yang sebelumnya berkompetisi di kasta kedua Liga Portugal bersama CD Tondela. 

Bek berusia 27 tahun itu diproyeksikan menjadi suksesor dari Alberto Rodriguez yang memutuskan hengkang ke Liga India. 

Baca juga: Alasan Piala Presiden 2024 Diikuti 8 Klub, Termasuk Persija-Persib

Alberto adalah salah satu sosok penting di lini pertahanan yang bisa membawa tim kebanggaan Bobotoh ini juara Liga 1 2023-2024. 

“Karena Alberto pergi meninggalkan kami. Kami mengontraknya (Franca) setahun, dia masih harus membuktikan dirinya lebih dulu,” tutur Hodak. 

“Dia harus beradaptasi dengan Liga Indonesia dan ketika dia sudah beradaptasi, tentu kami bisa memperpanjang kontraknya lebih lama jika dia mau,” ucap Hodak menambahkan. 

Leave a comment