Informasi Terpercaya Masa Kini

Penjelasan soal Persib Bakal Tampil di AFC Champions League 2 Tanpa Play-off

0 12

BOLASPORT.COM – Persib Bandung dipastikan bakal langsung tampil di AFC Champions League Two (ACL 2) 2024/2024 tanpa perlu melakukan play-off.

Seperti diketahui, sebelumnya Persib yang keluar sebagai juara Liga 1 2023/2024 bakal mewakili Indonesia tampil di AFC Champions Leagus 2.

Namun, untuk tampil di ajang tersebut, tim berjulukan Maung Bandung itu harus memulai perjuangan melalui jalur play-off.

Hal ini terjadi karena kompetisi Liga Indonesia berada di peringkat ke-28, sehingga mereka harus melalui jalur play-off.

Baca Juga: Komentar Marc Klok soal Persib Bakal Jadi Wajah Indonesia pada AFC Champions League 2

Ini karena dengan peringkat kompetisi ini, klub Indonesia hanya memiliki dua jatah tampil di kompetisi antar klub Asia tersebut.

Dua kompetisi tersebut yakni AFC Champions League 2 dan AFC Challenge League yang ini diwakiliki oleh Madura United yang keluar sebagai runner-up Liga 1 2023/2024.

Keduanya sebelumnya dikabarkan bakal memulai kompetisi antar klub Asia tersebut dengan babak play-off.

Ternyata melalui laman resmi Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC), Persib tak perlu menjalani play-off.

Tim asuhan Bojan Hodak itu dipastikan langsung masuk babak penyisihan grup.

Dalam penjelasan AFC, Persib dan beberapa klub di Asia mendapat keuntungan dengan tidak menjalani babak play-off.

Pasalnya, sebelumnya ada beberapa klub di Asia yang harus menjalani babak play-off sama dengan Persib.

Baca Juga: Beckham Putra Ingin Persib Bisa Bersaing di AFC Champions League Two

Namun, melalui pengumuman terbaru AFC banyak klub yang tak perlu menjalani babak play-off ini.

“Sesuai dengan alokasi slot kompetisi antar klub Asia 2024/2025 yang telah diselesaikan dan persyaratan lisensi klub, 27 tim dari 21 Asosiasi Anggota (MA)- 12 wilayah Barat dan 15 dari Timur lolos langsung ke babak grup, bersama dengan tiga tim (dua barat, satu Timur) yang akan tersingkir dari babak penyisihan AFC Champios League Elite,” tulis AFC sebagaimana dikutip BolaSport.com dari laman resmi, Sabtu (13/7/2024).

Dengan begitu, beberapa tim seperti wakil Filipina, Vietnam, dan Yordania yang masih menunggu konfirmasi perwakilan mereka serta beberapa tim lain.

Ada seperti wakil Tajikistan Ravshan, wakil Hong Kong Eastern, wakil Singapura Tampines Rovers, dan pastinya wakil Indonesia Persib dipastikan langsung lolos dan masuk grup tak perlu babak play-off lagi.

Mereka dipastikan langsung masuk grup nantinya dalam kompetisi ACL 2 ini.

Walaupun untuk babak play-off ini masih harus dijalani oleh empat tim dari Wilayah Barat takni wakil India East Begal melawan Altyn Asyr dari Turkmenistan.

Kemudian ada juga Al Ahli wakil Bahrain akan menghadapi wakil Kuwait yakni Kuwait SC.

Untuk babak play-off ini akan menggunakan sistem gugur dengan pertandingan tunggal.

Baca Juga: Bojan Hodak Tak Sabar Bawa Persib Bandung Berlaga di Kancah Asia

Pertandingan babak plau-off wilayah Barat ini bakal berlangsung pada 14 Agustus mendatang.

“Empat tim akan menjalani tahap play-off pada 14 Agustus untuk mengisi dua slot tempat di tahap grup ACL 2 di wilayah Barat: East Bengal FC dari India akan menghadapi Altyn Asyr FC dari Turkmenistan, sementara Al Ahli dari Bahrain melawan Kuwait SC dari Kuwait,” tulis AFC.

“Kedua pemenang akan melengkapi 32 pemain untuk kompetisi musim 2024/2025, di mana mereka dibagi secara merata ke dalam delapan grup untuk mengikuti format round-robin, kandang dan tandang mulai 17 September hingga 5 Desember 2024.”

Untuk itu, saat ini Persib dan beberapa tim lainnya pun masih menunggu siapa yang akan menjadi lawan mereka.

Pasalnya, untuk pengundian ini baru akan digelar setelah laga play-off digelar.

Oleh karena itu, undian pembagian grup ini baru akan digelar pada 16 Agustus 2024.

Dalam aturannya, untuk juara dan runner-up grup nantinya dipastikan bakal melaju ke babak 16 besar dan akan mulai dipertandingkan pada 11-20 Februari 2025.

Baca Juga: Keluh Kesah Mateo Kocijan usai Jalani Laga Perdana Bersama Persib

Untuk babak 16 besar ini akan dilakukan dengan sistem gugur buat mencari pemenang agar bisa melaju ke babak perempat final dan akan dipertandingkan pada 4 dan 13 Maret 2025.

Setelah itu babak semifinal akan berlangsung pada 6 dan 16 April 2025, dan untuk laga final pada 17 Mei 2025.

Pemenang dari kompetisi antar klub Asia ini akan memperebutkan gelar juara dan hadiah sebesar USD 3,28 juta atau setara dengan Rp53,6 miliar.

Ini merupakan penjelasan soal Persib Bandung yang tak lagi membutuhkan laga play-off untuk tampil di AFC Champions League 2.

Leave a comment