Informasi Terpercaya Masa Kini

Uji Coba Hari Ini, Kereta Otonom Tanpa Rel dari China Bakal Jadi Ikon IKN

0 5

Bisnis.com, JAKARTA – Autonomous Rail Rapid (ART) atau kereta otonom tanpa rel mulai diuji coba hari ini di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. Menteri Perhubungan berharap ART dapat menjadi Ikon transportasi IKN.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan ART akan diuji coba di IKN pada hari ini, Senin (5/8/2024). Dia berharap ART akan menjadi ikon transportasi IKN karena memiliki keunggulan tidak menggunakan rel melainkan mengidentifikasi adanya marka jalan. 

“Dari Agustus – Desember Indonesia mendapat free trial dari China Railway Rolling Stock Corporation [CRRC], untuk ke depannya akan menggunakan skema buy the service,” kata Budi dalam akun instagram resminya, dikutip Senin (5/8/2024). 

Baca Juga : Kereta Otonom China Bakal Operasi di IKN Mulai 5 Agustus 2024

Pada pemberitaan Bisnis sebelumnya, Direktur Jenderal Perkeretaapian Risal Wasal kereta tanpa rel sudah tiba di IKN sebanyak satu trainset yang terdiri dari tiga kereta pada Juli lalu. 

Meskipun diakuinya bahwa feasibility study (FS) kereta tanpa rel itu masih berproses, khususnya terkait dengan proof of concept (POC). Namun, kereta tanpa rel itu direncanakan mulai diuji coba di IKN pada Agustus 2024.

Baca Juga : : Kereta Otonom China Segera Tiba di IKN, Intip Spesifikasi dan Cara Kerjanya

Adapun kereta tersebut tidak memiliki supir dan relnya bukan rel fisik, tapi magnet yang memakai sensor. 

Rencananya proses uji coba rencananya bakal dilakukan di area Sumbu Kebangsaan Barat IKN dengan trase sepanjang 4 hingga 5 kilometer (km).

Baca Juga : : Siap Uji Coba di IKN, RI Bakal Impor 1 Trainset Kereta Otonom Buatan China

Di sisi lain, Deputi Bidang Transformasi Hijau dan Digital Otorita IKN, Mohammed Ali Berawi, menuturkan, setidaknya akan terdapat 3 jenis kendaraan cerdas yang bakal dilakukan uji coba sebelum seremoni HUT RI ke-79 digelar di IKN. 

“Otorita IKN mencanangkan untuk melakukan uji coba di sektor transportasi cerdas meliputi kendaraan otonom, autonomous rail transit, dan advanced air mobility pada Juli 2024,” jelasnya dalam keterangan resmi, Senin (6/5/2024).

Leave a comment