Informasi Terpercaya Masa Kini

Jadwal ASEAN Cup 2024 Berubah, Media Vietnam Sebut Timnas Indonesia Jadi Tim Paling Diuntungkan

0 14

SUPERBALL.ID – Media Vietnam menyebut Timnas Indonesia sebagai tim yang paling diuntungkan menyusul perubahan jadwal ASEAN Cup 2024 atau yang sebelumnya bernama Piala AFF.

Asosiasi Sepak Bola Asia Tenggara (AFF) awalnya menjadwalkan ajang ASEAN Cup 2024 bergulir pada 23 November hingga 21 Desember mendatang.

Namun, turnamen tersebut rupanya mengalami perubahan jadwal alias diundur menjadi 9 Desember 2024 hingga 4 Januari 2025.

Alasan diundurnya ASEAN Cup 2024 karena AFF ingin menghindari konflik dengan jadwal dua Piala Asia, yakni AFC Champions League Elite (sebelumnya bernama AFC Champions League) dan AFC Champions League 2 (sebelumnya bernama AFC Cup).

Perubahan jadwal ASEAN Cup 2024 tentunya sedikit banyak akan memengaruhi proses persiapan seluruh tim peserta.

Akan tetapi, salah satu media Vietnam menyebut Timnas Indonesia menjadi tim yang paling diuntungkan dengan perubahan jadwal ASEAN Cup 2024.

Baca Juga: Pengakuan Jujur Media China, Fans Diminta Terima Fakta Timnas Indonesia Memang Lebih Kuat

“Penyelenggara ASEAN Cup membuat titik balik (perubahan jadwal), Indonesia mendapat manfaat besar,” tulis judul dalam artikel Thethao247.vn.

“Indonesia menjadi tim yang paling diuntungkan saat ASEAN Cup 2024 ditunda.”

“Pasalnya pelatih Shin Tae-yong dan Timnas Indonesia akan mengikuti dua ajang yakni Kualifikasi Piala Dunia 2026 dan ASEAN Cup 2024.”

Berdasarkan jadwal, Timnas Indonesia akan memainkan dua pertandingan di putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Skuad Garuda akan menjamu raksasa Asia Jepang pada 14 November 2024, kemudian melawan Arab Saudi lima hari berselang (19 November 2024).

Awalnya, Timnas Indonesia dibuat pusing untuk menentukan siapa pelatih yang akan menangani tim Merah Putih mengingat bentroknya dua ajang tersebut.

Namun, PSSI baru-baru ini memutuskan bahwa Shin Tae-yong tetap akan menangani Timnas Indonesia untuk Kualifikasi Piala Dunia serta ASEAN Cup 2024.

Setelah pengumuman tersebut, Timnas Indonesia rencananya akan lebih fokus di Kualifikasi Piala Dunia 2026 dengan memainkan skuad utama.

Sedangkan untuk ASEAN Cup 2024, Skuad Garuda berencana menurunkan pemain U-23.

Dan sekarang, dengan mundurnya jadwal ASEAN Cup 2024, media Vietnam mengatakan bahwa Shin Tae-yong akan memiliki keuntungan untuk mendapatkan personel yang diinginkan.

“Di saat yang sama, pelatih Shin Tae-yong juga menambah kemampuan untuk mendapatkan personel yang diinginkan,” tulis Thethao247.vn dalam laporannya.

“Pasalnya, waktu penjadwalan ulang ASEAN Cup hampir bertepatan dengan libur musim dingin kejuaraan Eropa.”

“Timnas Indonesia memiliki banyak pemain naturalisasi yang bermain di negara-negara kawasan ini.”

Sebagai informasi, di ajang ASEAN Cup 2024, Timnas Indonesia tergabung di Grup B bersama Vietnam, Filipina, Myanmar, dan Laos.

Di pertandingan pertama, Timnas Indonesia akan melawan Myanmar.

Sedangkan Timnas Vietnam bakal menghadapi Laos pada 20 November 2024.

Sementara itu, di Kualifikasi Piala Dunia 2026, Timnas Indonesia tergabung di Grup C bersama Jepang, Australia, Arab Saudi, Bahrain, dan China.

Leave a comment