Informasi Terpercaya Masa Kini

Mengenal Mesomorph, Tipe Tubuh yang Diklaim Paling Ideal

0 9

Apa tubuh Bunda termasuk tipe mesomorph? Mari kenali tipe tubuh mesomorph yang dianggap paling ideal dibanding lainnya.

Tubuh datang dalam berbagai bentuk dan ukuran. Jika Bunda memiliki persentase otot lebih tinggi daripada lemak maka mungkin termasuk tipe tubuh mesomorph.

Orang dengan tubuh mesomorph tidak mengalami banyak kesulitan dalam menambah atau menurunkan berat badan. Mereka mungkin menambah dan mempertahankan massa otot dengan mudah.

Itulah mengapa tipe tubuh mesomorph sering dianggap paling ideal. Mengapa tipe tubuh penting? Mengetahui tipe tubuh dapat membantu memenuhi tujuan diet dan kebugaran Bunda.

Baca Juga : Panduan Clean Eating, Program Diet Prilly Latuconsina yang Sukses Turun BB 12 Kg

Mengutip Healthline, peneliti sekaligus psikolog William Sheldon memperkenalkan tipe tubuh yang disebut somatotipe pada 1940-an. Tipe tubuh ditentukan oleh kerangka kerangka dan komposisi tubuh Bunda.

Mari mengenal mesomorph, tipe tubuh yang paling dianggap ideal.

Apa itu mesomorph?

Mesomorph adalah salah satu dari tiga tipe tubuh utama yang sering digunakan untuk mengklasifikasikan bentuk tubuh manusia, selain ectomorph (kurus) dan endomorph (gemuk). Bunda dengan tipe tubuh mesomorph cenderung memiliki proporsi otot yang baik, bahu lebar, pinggang ramping, dan tubuh atletis.

Karakteristik fisik mesomorph body sering dianggap ideal, terutama dalam konteks estetika dan performa fisik. Menurut Sheldon, orang dengan tipe tubuh mesomorph cenderung memiliki tubuh sedang.

Tipe tubuh mesomorph mungkin mengembangkan otot dengan mudah dan memiliki lebih banyak otot daripada lemak di tubuhnya, umumnya tak mudah gemuk.

Ciri-ciri tubuh mesomorph

  • Kepala berbentuk persegi.
  • Otot dada dan bahu lebar.
  • Bagian dada besar yang besar.
  • Lengan dan kaki yang berotot.
  • Berat badan merata dari atas sampai bawah.

Mesomorph mungkin tidak kesulitan makan apa yang ingin mereka makan, karena berat badan mereka dapat turun dengan mudah. Di sisi lain, berat badan mereka mungkin bertambah dengan mudah. Mereka yang berusaha untuk tetap langsing mungkin menganggap karakteristik ini sebagai suatu kerugian.

Kelebihan tipe tubuh mesomorph

  • Potensi atletik tinggi: Dengan proporsi tubuh yang mendukung aktivitas fisik, mesomorph seringkali unggul dalam berbagai jenis olahraga.
  • Penampilan yang menarik: Tubuh yang atletis dan proporsional sering dianggap menarik secara visual.
  • Lebih mudah membentuk tubuh: Mesomorph dapat mencapai bentuk tubuh ideal dengan lebih mudah dibandingkan tipe tubuh lainnya, baik melalui latihan maupun diet.

Kekurangan tipe tubuh mesomorph

  • Kecenderungan untuk menambah berat badan: Meskipun memiliki metabolisme yang cepat, mesomorph tetap bisa mengalami kenaikan berat badan jika terlalu banyak mengonsumsi makanan berlemak dan kurang berolahraga.
  • Perlu menjaga pola makan dan olahraga: Untuk mempertahankan bentuk tubuh ideal, mesomorph perlu menjaga pola makan yang sehat dan rutin berolahraga.
  • Tekanan untuk tampil sempurna: Karena sering dianggap sebagai tipe tubuh yang ideal, mesomorph mungkin merasa tertekan untuk selalu menjaga penampilan fisiknya.

Jenis tubuh lainnya selain mesomorph

Berikut jenis tubuh lainnya.

Ectomorph

Selain mesomorph ada tipe tubuh ectomorph dan endomorph. Seorang ectomorph dicirikan oleh ukuran tubuh yang kecil dan sedikit lemak tubuh. Orang yang memiliki tipe tubuh ini mungkin bertubuh panjang dan ramping dengan massa otot yang sedikit.

Mereka mungkin mengalami kesulitan menambah berat badan dan otot tidak peduli apa yang dikonsumsi atau latihan rutin di gym.

Endomorph

Ditandai dengan lemak tubuh yang lebih tinggi dan otot yang lebih sedikit, tipe tubuh endomorph akan tampak bulat dan berisi. Mereka mungkin juga menambah berat badan dengan lebih mudah. Ini tidak berarti bahwa orang dengan tipe tubuh seperti ini kelebihan berat badan.

Tipe tubuh kombinasi

Orang mungkin memiliki lebih dari satu tipe tubuh. Misalnya, ecto-endomorph berbentuk buah pir. Mereka memiliki tubuh bagian atas yang ramping dan penyimpanan lemak lebih banyak di bagian bawah.

Sebaliknya, endo-ectomorph berbentuk apel dengan penyimpanan lemak lebih banyak di tubuh bagian atas dengan pinggul, paha, dan kaki yang lebih ramping.

Diet yang memberikan hasil terbaik untuk mesomorph

Karena tipe tubuh berkaitan dengan ukuran kerangka tulang dan kecenderungan alami untuk menjadi berotot atau menyimpan lebih banyak lemak, Bunda tidak dapat mengubah tipe tubuh dengan mengonsumsi makanan tertentu.

Hanya saja, Bunda dapat mengubah kebiasaan makan untuk mendapatkan hasil maksimal dari tipe tubuh sekaligus untuk mendukung berat badan yang sehat.

Sekali lagi, mesomorph dapat menambah dan menurunkan berat badan dengan mudah. Karena tipe tubuh ini memiliki massa otot yang lebih tinggi sehingga membutuhkan lebih banyak kalori dibandingkan tipe tubuh lainnya.

Mesomorph mungkin bekerja baik pada diet tinggi protein dengan sedikit penekanan pada karbohidrat. Pertimbangkan untuk membagi piring Bunda menjadi tiga bagian dan fokus pada kelompok makanan berikut:

1. Protein (sepertiga piring)

Protein memberi bahan bakar pada otot dan dapat membantu perbaikan otot. Pilihan yang baik antara lain telur, daging putih, ikan, kacang-kacangan, lentil, dan produk susu berprotein tinggi, seperti Greek yogurt.

2. Buah-buahan dan sayur-sayuran (sepertiga piring)

Ini merupakan bagian dari pola makan sehat untuk semua tipe tubuh. Pilihlah buah-buahan dan sayur-sayuran utuh yang masih berkulit daripada jenis olahan yang mengandung tambahan gula atau garam. Seluruh produk mengandung serat, antioksidan, dan fitokimia yang membantu mendukung sistem kekebalan tubuh yang sehat serta perbaikan otot.

3. Biji-bijian utuh dan lemak (di sepertiga piring)

Biji-bijian seperti quinoa, beras merah, dan oatmeal, membantu mengisi perut dan melengkapi makanan. Lemak sama pentingnya, namun yang terpenting memilih lemak yang tepat.

Pilihan yang baik termasuk minyak kelapa atau zaitun, alpukat, serta kacang-kacangan dan biji-bijian.

Untuk menentukan kebutuhan kalori Bunda, buatlah janji dengan ahli gizi atau coba gunakan kalkulator online terperinci untuk memperhitungkan persentase lemak tubuh dan somatotipe.

Ingat, lebih banyak otot berarti lebih banyak kalori yang dibutuhkan untuk memberi bahan bakar pada otot tersebut. Dan jika Bunda berolahraga secara teratur maka perlu mengatur waktu makan sedemikian rupa sehingga bisa mengoptimalkan energi dan pemulihan tubuh.

Pilihan Redaksi

  • 15 Pilihan Saus Salad yang Lezat dan Rendah Kalori untuk Diet
  • Ini Jam Makan yang Baik untuk Diet Agar Cepat Turunkan BB
  • Mayonnaise untuk Diet, Efektif dan Amankah?

Mengonsumsi camilan kecil sebelum dan sesudah beraktivitas dapat membantu Bunda. Apa Bunda termasuk tipe mesomorph body?

Bagi Bunda yang mau sharing soal parenting dan bisa dapat banyak giveaway, yuk join komunitas HaiBunda Squad. Daftar dan klik di SINI. Gratis!

Leave a comment