Informasi Terpercaya Masa Kini

Wah! Jenis Pekerjaan Ini Ternyata Bikin Orang Menderita, Bun

0 7

Beberapa orang mungkin bisa mencintai pekerjaan mereka karena itu faktor-faktor tertentu, namun ada juga yang sebaliknya. Dalam hal ini, para ahli dari Harvard University menuturkan bahwa ada pekerjaan yang paling bikin orang menderita.

Hal itu mereka ungkap setelah melakukan penelitian kurang lebih selama 85 tahun. Sejak 1938, tim peneliti ini telah mewawancarai lebih dari 700 orang dari seluruh dunia dan memberikan pertanyaan tentang bagaimana kehidupan kerja mereka.

Kemudian, survei tersebut menunjukkan bahwa pekerjaan yang hanya membutuhkan sedikit interaksi dan tidak menawarkan kesempatan untuk membangun hubungan dengan rekan kerja, cenderung memiliki karyawan yang paling menderita.

Rahasia untuk memiliki kehidupan yang bahagia itu bukan datang uang yang berlimpah, sukses dalam berkarier, atau mungkin memiliki pola makan yang sehat. Kebahagiaan sepanjang masa bisa Bunda raih dengan cara membangun hubungan yang positif bersama orang-orang di sekitar.

“Ini adalah kebutuhan sosial penting yang harus dipenuhi dalam semua aspek kehidupan kita. Selain itu, jika Anda lebih terhubung dengan orang lain, Anda akan merasa lebih puas dengan pekerjaan, dan melakukannya dengan lebih baik,” ujar Robert Waldinger, MD, seorang profesor psikiatri di Harvard Medical School dan direktur Harvard Study of Adult Development, dikutip dari laman CNBC Make It, pada Selasa (27/2/2024).

Baca Juga : 9 Cara Jadi Wanita Karier yang Sukses dan Mandiri, Sudah Dilakukan Bun?Jenis pekerjaan yang membuat karyawan menderita dan penyebabnya

Banyak pekerjaan yang mungkin membuat karyawannya harus bekerja seorang diri, tanpa teman untuk berinteraksi. Misalnya, mereka yang bekerja di shift malam, supir truk, hingga penjaga keamanan atau security.

Selain itu, mereka yang bekerja di bidang layanan pesan antar makanan dan industri ritel online juga termasuk pekerja yang kesepian. Ini karena mereka harus bekerja begitu cepat dan berpindah-pindah lokasi.

Kesepian karena tuntutan pekerjaannya inilah yang membuat mereka merasa tertekan karena tidak ada orang lain yang bisa diajaknya berbincang atau diskusi.

Akan tetapi, kesepian tidak hanya menimpa mereka yang bekerja sendirian, para pekerja yang sibuk pun bisa merasa kesepian jika tidak melakukan interaksi yang positif dan bermakna dengan orang lain.

Dalam hal ini, Waldinger memberi contoh pekerja call center yang sering kali terlihat stres dengan pekerjaannya. Ini karena mereka harus mengangkat telepon customer sepanjang hari dan menghadapi orang-orang yang tidak sabar.

Perlu diketahui bahwa kesepian di tempat kerja ini bisa memicu masalah kesehatan. Seiring bertambahnya usia, kesepian dapat meningkatkan risiko kematian, seperti halnya dengan merokok, obesitas, hingga kurang aktivitas fisik.

Cara mengatasi kesepian dalam pekerjaan

Bunda termasuk dari pekerja yang menderita? Jika iya, Bunda perlu menciptakan peluang kecil untuk membangun hubungan sosial yang positif di lingkungan kerja. Dengan begitu, hal ini dapat membantu meringankan perasaan kesepian itu.

Cara sederhana lainnya yang bisa dilakukan adalah meluangkan waktu paling tidak selama lima menit untuk berinteraksi dengan rekan kerja atau menghabiskan waktu bersama setelah jam kerja yang padat.

Faktanya, laporan Gallup 2022 menunjukkan bahwa orang yang memiliki sahabat di tempatnya bekerja terbukti lebih produktif dibandingkan mereka yang tidak. Waldinger memberikan kesimpulan bahwa hubungan yang positif di tempat kerja menghasilkan tingkat stres yang lebih rendah, pekerja yang lebih sehat, dan lebih sedikit stres.

Dengan mengenali beberapa pekerjaan yang paling bikin menderita, Bunda bisa mengetahui bagaimana cara menghadapinya. Semoga bermanfaat, ya, Bunda.

Pilihan Redaksi

  • 15 Pekerjaan yang Paling Banyak Dicari di 5 Tahun ke Depan, Gaji Capai Puluhan Juta!
  • Hak Pekerja Perempuan di Tempat Kerja dalam UU Cipta Kerja
  • 7 Tanda Bunda Korban Quiet Firing di Kantor, Sengaja ‘Dibikin’ Resign

Bagi Bunda yang mau sharing soal parenting dan bisa dapat banyak giveaway, yuk join komunitas HaiBunda Squad. Daftar dan klik di SINI. Gratis! 

Leave a comment