Informasi Terpercaya Masa Kini

Ini Kesalahan Suami yang Tidak Dimaafkan dalam Islam, Beritahu Ayah Bun!

0 5

Manusia memang tak luput dari kesalahan, namun dalam rumah tangga ternyata ada kesalahan suami yang tidak bisa dimaafkan menurut ajaran agama Islam. Hal ini tentunya perlu Bunda dan Ayah pahami.

Dikutip dari buku Jadilah Istri Penghuni Surga Dunia dan Akhirat karya Suroso, pasangan suami-istri harus saling memberi, menghargai, serta berkorban satu sama lain. Seorang pria dikatakan sebagai suami yang baik jika mampu berkorban untuk keluarganya. Sebab, dengan pengorbanannya, ia akan dihargai sebagai kepala rumah tangga.

Manusia adalah tempatnya salah dan dosa, baik kesalahan yang disengaja maupun tidak. Oleh karena itu, Allah SWT meminta umat Muslim untuk saling memaafkan.

Begitu juga di dalam kehidupan rumah tangga. Tak jarang suami dan istri mengalami pertengkaran karena kesalahan-kesalahan kecil yang dilakukan satu sama lain. Meski memaafkan itu dianjurkan, ternyata ada kesalahan suami yang tidak dimaafkan, Bunda.

Kesalahan suami yang tidak bisa dimaafkan dalam Islam

Melansir dari laman detikcom, kesalahan suami yang tidak bisa dimaafkan dalam Islam adalah menuduh istri melakukan perbuatan zina dengan pria lain. Akibat dari kesalahan ini, bisa saja hukuman rajam bagi istri atau cerai untuk selama-lamanya.

Baca Juga : Waspadai Relationship Trauma, Mulai dari Ciri hingga Cara Sehat Menyembuhkannya

Menuduh istri berzina dengan pria lain tanpa adanya bukti yang jelas hukumnya haram dan dosa besar. Perkara ini termasuk dalam kesalahan suami yang tidak bisa dimaafkan dalam syariat Islam.

Perlu diketahui bahwa tuduhan itu sangat fatal jika ternyata sang istri tidak melakukannya dan merupakan perempuan salihah baik-baik. Allah SWT berfirman dalam surat An-Nur ayat 4-5 yang berbunyi:

وَالَّذِيْنَ يَرْمُوْنَ الْمُحْصَنٰتِ ثُمَّ لَمْ يَأْتُوْا بِاَرْبَعَةِ شُهَدَاۤءَ فَاجْلِدُوْهُمْ ثَمٰنِيْنَ جَلْدَةً وَّلَا تَقْبَلُوْا لَهُمْ شَهَادَةً اَبَدًاۚ وَاُولٰۤىِٕكَ هُمُ الْفٰسِقُوْنَ ۙ(4) اِلَّا الَّذِيْنَ تَابُوْا مِنْۢ بَعْدِ ذٰلِكَ وَاَصْلَحُوْاۚ فَاِنَّ اللّٰهَ غَفُوْرٌ رَّحِيْمٌ (5)

Artinya:

“Orang-orang yang menuduh (berzina terhadap) perempuan yang baik-baik dan mereka tidak mendatangkan empat orang saksi, maka deralah mereka (para penuduh itu) delapan puluh kali dan janganlah kamu menerima kesaksian mereka untuk selama-lamanya. Mereka itulah orang-orang yang fasik, kecuali mereka yang bertobat setelah itu dan memperbaiki (dirinya), maka sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.”

Dalam hal ini, Rasulullah SAW menggolongkan suami yang menuduh istrinya berbuat zina, padahal tidak demikian, ke dalam hal-hal yang membinasakan. Beliau bersabda,

“Hindarilah oleh kalian tujuh hal yang membinasakan. Ada yang bertanya, ‘Apakah tujuh hal itu wahai Rasulullah SAW?’ beliau menjawab, ‘Menyekutukan Allah, sihir, membunuh jiwa yang diharamkan oleh Allah SWT, kecuali dengan alasan yang benar, memakan riba, memakan harta anak yatim, kabur dari medan perang, dan menuduh zina terhadap wanita suci yang sudah menikah dan lengah.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Ada dua kemungkinan yang terjadi atas tuduhan tersebut. Pertama, jika memang terbukti istri melakukan perbuatan itu, istri harus menerima had (hukuman) berupa rajam. Sedangkan jika tuduhan zina itu tidak benar, kedua pasangan dijatuhi hukuman li’an atau perceraian yang tidak boleh rujuk kembali selama-lamanya.

Li’an sendiri adalah bentuk perceraian antara suami dan istri yang disebabkan karena suami menuduh istri berbuat zina, sedangkan ia tidak memiliki bukti, dan istri menolak tuduhan tersebut. Akibatnya, perceraiannya tersebut membuat mereka tidak boleh rujuk atau menikah lagi, Bunda.

Pilihan Redaksi

  • 7 Tips Tinggal di Rumah Mertua agar Harmonis Tidak Sering Konflik
  • 10 Sikap Perempuan yang Membuat Pria Jatuh Cinta, Tiru ke Ayah Bun!
  • Belajar dari BCL dan Tiko, Ini 5 Tips agar Pernikahan Kedua Harmonis

Nah, itulah kesalahan fatal suami terhadap istri yang tidak dimaafkan dalam Islam. Semoga bermanfaat, ya, Bunda.

Bagi Bunda yang mau sharing soal parenting dan bisa dapat banyak giveaway, yuk join komunitas HaiBunda Squad. Daftar dan klik di SINI. Gratis!

Leave a comment