Informasi Terpercaya Masa Kini

20 Film Jepang Terbaik yang Punya Skor Rating Sempurna Menurut Kritikus Film Dunia

0 3

Tak kalah saing dengan negara tetangga, Jepang merupakan salah satu negara yang sukses dalam menggarap industri perfilman. Berbagai film Jepang berhasil memiliki rating sempurna dari para kritikus film, lho Bunda.

Rotten Tomatoes adalah salah satu situs yang diandalkan dalam mengulas film. Situs ini seringkali digunakan para pengkritik layar lebar dalam mengomentari setiap segi karya sinema.

Berikut adalah daftar lengkap film Jepang terbaik dengan rating tertinggi menurut para kritikus film di Rotten Tomatoes. Semuanya seru dan layak untuk ditonton.

Kumpulan film Jepang terbaik yang punya skor rating sempurna menurut kritikus film dunia

Banyak sekali film-film asal Jepang yang mendapatkan pujian dari para kritikus film dunia. Alhasil, beragam karya sinema ini sukses memiliki rating tertinggi hingga sempurna di situs Rotten Tomatoes.

Baca Juga : 25 Rekomendasi Film Jepang Romantis Terbaik Rating Tertinggi, Bikin Ketawa sampai Sedih

Beberapa film di bawah ini ada yang memiliki jumlah rating sempurna Rotten Tomatoes, yakni 100 persen. Untuk mendapatkan nilai ini, sebuah film perlu memiliki skor di atas 75 persen pada tiap segi sinematisnya.

Mengutip dari detikcom, Rotten Tomatoes membuka ruang bagi para kritikus film berbagai penjuru dunia untuk mengulas sebuah film secara jujur. Apabila karya tersebut memiliki rating 75-100 persen, maka akan mendapatkan predikat terbaik atau Certified Fresh.

Berikut 20 film karya Jepang yang berhasil mendapatkan rating tinggi hingga sempurna dari para kritikus film di Rotten Tomatoes sepanjang masa:

1. The Tale of the Princess Kaguya (2013)

Film The Tale of the Princess Kaguya/Foto: Studio Ghibli

Film The Tale of the Princess Kaguya merupakan karya animasi dari Studio Ghibli yang sukses mendapatkan skor rating sempurna dari para kritikus film dunia. Film ini bahkan sukses mendapatkan beragam piala penghargaan festival film, seperti di Asia Pacific Screen Award dan Japan Academy Prize.

The Tale of the Princess Kaguya menceritakan sepasang suami istri tua yang merawat seorang bayi perempuan. Okina yang bekerja sebagai pemotong bambu hutan, tak sengaja menemukan bayi kecil di dalam tunas bercahaya. Kakek tua itupun membawanya pulang untuk dirawat bersama istrinya, Ouna. Bayi tersebut dinamai Kaguya dan tumbuh menjadi sosok anak ceria yang senang berpetualang bersama anak-anak desa.

Kisah pun berlanjut menceritakan sebuah misteri yang menyelidiki asal-usul kemunculan Kaguya. Pasangan suami istri tersebut perlahan menemukan arti tujuan kedatangan Kaguya pada keluarga kecilnya.

  • Rating Rotten Tomatoes: 100 persen
  • Genre: animasi, drama, fantasi
  • Pemain utama: Aki Asakura, Tomoko Tabata, Nobuko Miyamoto, Takeo Chii
  • Situs atau platform streaming: Netflix

2. Still Walking (2008)

Film Jepang Still Walking/Foto: Bandai Visual Company

Film asal Jepang selanjutnya yang mendapatkan predikat terbaik adalah Still Walking. Sinema yang disutradarai Hirokazu Koreeda ini merupakan karya yang sarat akan kisah keluarga yang menyentuh hati.

Still Walking mengisahkan sebuah keluarga yang berkumpul reuni untuk memperingati kenangan bersama. Cerita ini dimulai dengan Ryota (Hiroshi Abe) dan keluarga kecilnya yang berkunjung ke rumah sang bunda di saat liburan musim panas. Di sana, mereka berkumpul untuk mengenang kematian putra tertua yang tenggelam dalam sebuah kecelakaan 15 tahun yang lalu.

Film Jepang ini mengajak penonton untuk menyaksikan adegan yang amat dekat dengan kehidupan sehari-hari. Berbagai adegan mengajarkan Bunda atas gambaran bertapa berharganya keluarga yang dimiliki.

  • Rating Rotten Tomatoes: 100 persen
  • Genre: drama
  • Pemain utama: Hiroshi Abe, Yui Natsukawa, Kazuya Takahashi
  • Situs atau platform streaming: Prime Video, Netflix

3. Only Yesterday (1991)

Film Jepang Only Yesterday/Foto: Studio Ghibli

Only Yesterday menceritakan Taeko Okajima, seorang perempuan berusia 27 tahun yang hidup mandiri kota besar Tokyo. Hiruk pikuk perkotaan membuatnya ingin bersantai sehingga ia memutuskan untuk pulang kampung, mengunjungi keluarganya di pedesaan.

Selama tinggal di desa, Taeko merasakan kembali ikatan yang kuat dengan keluarga dan teman-temannya. Dia mempelajari perbedaan antara kehidupan perkotaan dan pedesaan, serta perjuangan dan kegembiraan sederhana yang membuat dirinya lebih bahagia.

Film karya Studio Ghibli ini berhasil mendapatkan banyak pujian dari para penonton dan kritikus. Selain itu, Only Yesterday juga sukses memenangkan Best Animated Feature di International Online Cinema Awards di tahu 2016 lalu.

  • Rating Rotten Tomatoes: 100 persen
  • Genre: animasi, drama, romantis
  • Pemain utama: Yoko Honna, Toshirou Yanagiba, Yuuki Masuda
  • Situs atau platform streaming: Netflix

4. Grave of the Fireflies (1988)

Film Grave of the Fireflies/Foto: Studio Ghibli

Selanjutnya ada Grave of the Fireflies yang merupakan film adaptasi dari cerita pendek semi-otobiografi tahun 1967 karya Akiyuki Nosaka. Kisah dalam film ini berpusat pada pengalaman Akiyuki pasca pengeboman bom atom Amerika di Kobe pada tahun 1945.

Film ini telah memenangkan beberapa penghargaan bergengsi. Sebagai contohnya adalah Japan Catholic Film Award pada tahun 1988, Blue Reborn Awards ke-31 pada tahun 1989, hingga Moscow International Children’s and Youth’s Film Festival Grand Prix di tahun 1998.

Grave of the Fireflies adalah kisah tentang Seita dan saudara perempuannya, Setsuko, dua anak Jepang yang kehidupannya hancur akibat perang yang brutal. Mereka telah kehilangan ibu, ayah, rumah, dan masa depan yang cerah akibat konsekuensi tragis dari perang dunia.

Menjadi yatim piatu dan tunawisma, Seita dan Setsuko tidak punya pilihan selain mengembara di pedesaan yang dilanda kelaparan dan penyakit. Sekian waktu berkelana, keduanya banyak bertemu sikap apatis dari orang sekitar yang tumbuh akibat peperangan. 

  • Rating Rotten Tomatoes: 100 persen
  • Genre: animasi, drama, war
  • Pemain utama: Ayano Shiraishi, Tsutomu Tatsumi, Yoshiko Shinohara
  • Situs atau platform streaming: Netflix

5. Shoplifters (2018)

Film Jepang Shoplifters/Foto: GAGA

Satu lagi film Jepang terbaik yang digarap oleh Hirokazu Koreeda yakni Shoplifters. Film ini sukses menggaet banyak pujian dari penonton dan kritikus hingga masuk dalam nominasi Best Foreign Language di Oscar Awards tahun 2019 lalu.

Shoplifters mengisahkan hidup sengsara dalam kemiskinan yang terpotret di kota besar nan maju yakni Tokyo. Premis inilah yang membantu film Shoplifters mengantongi Palme d’Or, penghargaan tertinggi di festival film Cannes tahun 2018.

Film ini berfokus pada keluarga miskin yang hidup di rumah kumuh di pinggiran kota Tokyo. Keluarga tersebut terdiri dari lima orang dengan Osamu sebagai tulang punggung keluarga. Namun, pekerjaan yang dilakukan olehnya bukanlah sesuatu yang bermoral.

Osamu dan putranya, Shota, menjalani hari dengan mencuri barang di toko-toko. Hal ini dilakukan demi memenuhi kebutuhan sehari-hari mereka dari biaya pensiun sang nenek.

Suatu hari, Osamu dan Shota menemukan seorang anak perempuan terlantar yang merupakan korban siksaan orang tua. Hal ini menimbulkan rasa iba di dalam hati keduanya dan membuat Osamu memilih untuk mengadopsi anak tersebut.

  • Rating Rotten Tomatoes: 100 persen
  • Genre: drama, thriller, crime
  • Pemain utama: Lily Franky, Sakura Ando, Mayu Matsuoka, Kirin Kiki, Jyo Kairi
  • Situs atau platform streaming: Netflix

6. Jiro Dreams of Sushi (2011)

Film Jiro Dreams of Sushi/Foto: Magnolia Pictures

Film terbaik Jepang yang sukses meraih rating tinggi dari para kritikus yakni Jiro Dreams of Sushi adalah karya sinema dokumenter. Film ini mengisahkan hidup seorang juru masak sushi yang terkenal di Tokyo, Jiro Ono.

Selama 85 tahun hidup, Jiro menghabiskan waktunya berdedikasi membuat olahan sushi yang sempurna. Usaha ini menjadikan restoran sushinya terpilih sebagai destinasi kuliner terbaik oleh Michelin.

Atas semangat kerja yang ulet, Jiro Ono pun turut mengajarkan keturunannya untuk bisa melanjutkan usaha kuliner miliknya. Ia dan putra tertuanya, Yoshikazu Ono, berkolaborasi demi wujudkan restoran sushi terbaik di Jepang.

  • Rating Rotten Tomatoes: 99 persen
  • Genre: dokumenter
  • Pemain utama: Jiro Ono, Yoshikazu Ono, Takashi Ono
  • Situs atau platform streaming: Hulu, Disney+

7. The Twilight Samurai (2002)

Film The Twilight Samurai/Foto: Nippon TV

Film Jepang berikutnya yang berhasil memperoleh rating tertinggi di Rotten Tomatoes adalah The Twilight Samurai. Film yang rilis di tahun 2002 lalu ini berhasil masuk dalam nominasi Best Foreign Language Film di Oscar Awards 2004 dan memenangkan Best Film di Award of the Japanese Academy 2003 lalu.

Film The Twilight Samurai menceritakan kisah romantis di era kekasairan Jepang. Kisah ini berfokus pada Iguchi Seibei, ahli samurai berpangkat rendah yang hidup menderita.

Sebagai seorang dudua, Seibei berjuang keras untuk bisa membiayai hidup kedua putrinya dan ibunya yang sudah pikun. Pria ini hidup dalam kabut abu-abu yang melelahkan jiwanya. Hingga pada akhirnya, hidup Seibei perlahan mulai berwarna kembali ketika dia dipertemukan kembali pada sosok teman masa kecilnya, Tomoe yang cantik.

  • Rating Rotten Tomatoes: 99 persen
  • Genre: drama, romantis, historical
  • Pemain utama: Miyazawa Rie, Sanada Hiroyuki, Kobayashi Nenji, Osuji Ren, Fukikoshi Mitsuru
  • Situs atau platform streaming: Netflix

8. Your Name (2016)

Film Jepang Your Name/Foto: CoMix Wave Films

Mitsuha Miyamizu, seorang siswi SMA yang mendambakan kehidupan anak laki-laki di kota Tokyo yang ramai. Impin ini sangat kontras dengan kehidupannya di pedesaan. Sementara itu di kota, Taki Tachibana menjalani kehidupan yang sibuk sebagai seorang siswa SMA sambil menjalani pekerjaan paruh waktunya.

Suatu hari, Mitsuha terbangun di sebuah ruangan asing dan tiba-tiba mendapati dirinya menjalani kehidupan impian di Tokyo, tetapi dalam tubuh Taki! Di tempat lain, Taki mendapati dirinya menjalani kehidupan Mitsuha di pedesaan yang sederhana. Dalam upaya mencari jawaban atas fenomena aneh ini, mereka mulai mencari satu sama lain.

Film animasi Jepang Your Name berhasil masuk dalam nominasi penghargaan bergengsi. Film ini juga sukses mengantongi penghargaan, seperti Best Animation di Los Angeles Film Critics Association Awards 2016 dan Best Animation Film di Mainichi Film Councours 2017.

  • Rating Rotten Tomatoes: 98 persen
  • Genre: animasi, romantis, fantasi
  • Pemain utama: Mone Kamishiraishi, Ryunosuke Kamiki, Kana Hanazawa, Masami Nagasawa
  • Situs atau platform streaming: Apple TV

9. Demon Slayer Kimetsu no Yaiba The Movie: Mugen Train (2020)

Film Demon Slayer: Kimetsu no Yaiba The Movie: Mugen Train/Foto: Aniplex

Karya film animasi selanjutnya yang berhasil mendapatkan skor rating tertinggi di Rotten Tomatoes oleh para kritikus adalah Demon Slayer: Mugen Train. Film ini merupakan seri lanjutan dari seri animasi dengan judul yang sama.

Film ini mengisahkan petualangan Tanjirou Kamado dan para calon pilar pembasmi iblis lainnya dalam membantu senior menumpaskan teror. Aksi heroik para pendekar Hashirama ini dilakukan dalam sebuah kereta yang ternyata sudah menjadi  bagian dari lawan iblis mereka. Berbagai cara mereka lakukan demi menyelamatkan kehidupan manusia tetap dalam keamanan.

Pada tahun 2021 lalu, Demon Slayer: Mugen Train sukses memenangkan penghargaan Best Animation Film dan Most Popular Film di Awards of the Japanese Academy. Kini, karya animasi garapan Haruo Sotozaki ini bisa dinikmati kisahnya dalam berbagai aplikasi, Bunda.

  • Rating Rotten Tomatoes: 98 persen
  • Genre: animasi, aksi, fantasi
  • Pemain utama: Natsuki Hanae, Hiro Shimono, Yoshitsugu Matsuoka, Akari Kitou, Satoshi Hino
  • Situs atau platform streaming: iQIYI, Netflix, WeTV

10. First Love (2019)

Film Jepang First Love/Foto: HanWay Films

Selanjutnya ada film bertajuk First Love yang bergenre aksi-thriller. Film Jepang ini sukses mendapatkan rating tinggi hampir sempurna di Rotten Tomatoes, Bunda.

First Love menceritakan kisah romantis antara Leo (Kubota Masataka) dan Monica (Konisihi Sakurako). Leo, seorang petinju muda yang jatuh cinta pada pandangan pertama oleh seorang perempuan pecandu obat-obatan yang bersifat lugu.

Ketika pertama kali bertemu, Leo tak menyangka bahwa Monica terjebak dalam skema penyelundupan obat terlarang. Keduanya pun menjadi buronan yang dikejar para polisi, satuan yakuza Jepang, hingga sosok pembunuh bayaran dari Tiongkok.

  • Rating Rotten Tomatoes: 98 persen
  • Genre: aksi, crime, thriller, komedi
  • Pemain utama: Kubota Masataka, Konishi Sakurako, Omori Nao, Uchino Seiyou
  • Situs atau platform streaming: Prime Video

11. Drive My Car (2021)

Film Drive My Car/Foto: C&I Entertainment

Film Drive My Car adalah kisah hidup Kafuku Yusuke, seorang aktor sekaligus sutradara. Dia menjalani hidup yang mulus dengan menikah seorang penulis naskah bernama Oto. Namun, kebahagiaan pasutri muda ini luntur selepas Oto yang menghilang tanpa kabar, meninggalkan sebuah rahasia penuh misteri.

Dua tahun berselang, Yusuke melakukan proyek festival teater di Hiroshima. Di sana, dia bertemu dengan Misaki, sopir pribadinya yang pendiam. Seiring menjalani waktu bersama, keduanya mulai mempelajari beberapa nilai hidup yang tak pernah terbayangkan.

Film Jepang yang disutradarai Ryusuke Hamaguchi ini sukses mengantongi beragam penghargaan bergengsi. Salah satunya Drive My Car pernah memenangkan piala Best International Feature Film di Oscar Awards 2022. 

  • Rating Rotten Tomatoes: 97 persen
  • Genre: drama
  • Pemain utama: Nishijima Hidetoshi, Miura Toko, Kirishima Reika, Okada Masaki, Sonia Yuan
  • Situs atau platform streaming: Netflix

12. Spirited Away (2001)

Film Jepang Spirited Away/Foto: Studio Ghibli

Spirited Away adalah film animasi Studio Ghibli yang sukses mendapatkan sorotan besar dari para kritikus film dunia. Karya ini memiliki rating yang tinggi atas keberhasilannya menyajikan sinema yang sempurna, Bunda.

Film ini mengisahkan anak berusia 10 tahun, Chihiro Ogino yang tersesat ketika sedang berjalan-jalan dengan kedua orang tuanya. Chihiro tanpa sadar masuk ke dalam dunia yang dipenuhi makhluk aneh yang menggambarkan ketamakan para manusia. Dia pun berjuang memecahkan teka-teki demi menyelamatkan orang tuanya dan kembali pulang ke rumah.

Spirited Away masuk dalam jejeran film Jepang yang sukses mengantongi berbagai predikat terbaik. Film ini bahkan memenangkan Best Animated Feature di ajang Oscar Awards 2003 dan Boston Society of Film Critics Awards 2002.

  • Rating Rotten Tomatoes: 96 persen
  • Genre: animasi, fantasi, adventure
  • Pemain utama: Miyu Irino, Rumi Hiiragi, Akio Nakamura, Mari Natsuki, Yumi Tamai
  • Situs atau platform streaming: Netflix

13. After the Storm (2016)

Film After the Storm/Foto: Bandai Visual Company

Film After the Storm mengisahkan hidup seorang detektif swasta bernama Shinoda Ryota (Abe Hiroshi) yang menderita pasca kematian sang ayah. Hidupnya makin terpuruk sebab pekerjaannya yang tak kunjung memberikan uang yang cukup untuk menafkahi keluarga kecilnya.

After the Storm sukses menarik perhatian publik dengan kisah sang tokoh utama yang begitu dekat dengan pengalaman sehari-hari. Film ini pun berhasil masuk di berbagai nominasi ajang penghargaan besar dunia.

Pada tahun 2017 lalu, After the Storm memboyong pulang piala kemenangan sebagai Best Non US Release di Online Film Critics Society Awards. Bahkan Kiki Kirin, salah satu aktris di film ini berhasil mendapatkan penghargaan Best Supporting Actress di Chlotrudis Awards 2018.

  • Rating Rotten Tomatoes: 96 persen
  • Genre: drama, slice of life, family
  • Pemain utama: Abe Hiroshi, Kiki Kirin, Maki Yoko, Kobayashi Satomi, Lily Franky, Taiyo Yoshizawa
  • Situs atau platform streaming: Netflix, Disney+ Hotstar

14. Ghost in the Shell (1995)

Film Ghost in the Shell/Foto: Bandai Visual Company

Ghost in the Shell adalah salah satu film animasi Jepang yang paling terkenal di dunia, menjadi yang pertama mencapai posisi pertama dalam daftar video terlaris di majalah Billboard. Film ini juga menjadi inspirasi utama bagi keluarga Wachowsky dalam pembuatan film Matrix.

Karya animasi ini menceritakan Kota Niihama yang telah menjadi kota metropolitan yang berteknologi maju. Berkat kemajuan besar dalam bidang sibernetika, warganya dapat mengganti anggota tubuh mereka dengan bagian-bagian robotik. 

Namun, kemajuan teknologi tersebut menyebabkan banyak kejahatan datang meneror para warga. Berbagai ancaman terorisme, korupsi, dan aksi berbahaya lainnya memuat para kepolisian terpaksa menyelidiki kasus yang sangat rumit tersebut.

  • Rating Rotten Tomatoes: 95 persen
  • Genre: animasi, aksi, misteri, sci-fi
  • Pemain utama: Maya Sakamoto, Akio Ootsuka, Kouichi Yamadera, Iemasa Kayumi, Tamio Ooki
  • Situs atau platform streaming: Netflix

15. 13 Assassins (2010)

Film 13 Assassins/Foto: Recorded Picture Company

13 Assassins adalah film yang mengambil latar tahun 1963 yang menceritakan peristiwa penuh sejarah. Kisah ini berfokus pada Shinzaemon Shimadam, sosok yang memimpin tim pembunuh bayaran di Jepang pada abad ke-19.Tim ini dibentuk untuk menghabisi Naritsugu Matsudaira, seorang penguasa kejam yang menimbulkan malapetaka bagi rakyatnya.

Pejabat pemerintah menyewa Shimada secara bergerilya dan berharap untuk mengakhiri pemerintahan teror Matsudaira. Pendekar Shimada pun merekrut samurai terbaik di Jepang untuk membuat jebakan agar penguasa kejam ini tumbang dari singgasananya.

Film 13 Assassins berhasil mendapatkan pujian dari para kritikus hingga masuk ke berbagai nominasi penghargaan. Salah satu kemenangan yang berhasil dicapai adalah Best Foreign Film di Las Vegas Film Critics Society Awards.

  • Rating Rotten Tomatoes: 95 persen
  • Genre: aksi, historical 
  • Pemain utama: Nakamura Shikan, Satomi Kotaro, Takahashi Katsunori, Fukushi Seiji
  • Situs atau platform streaming: Hulu

16. The Secret World of Arrietty (2010)

Foto The Secret World of Arrietty/Foto: Studio Ghibli

The Secret World of Arrietty adalah hasil adaptasi dari novel The Borrowers karya Mary Norton. Film ini merupakan karya pertama dari sutradara Hiromasa Yonebayashi. 

Banyak sekali ulasan positif yang memuji karya animasi beserta musik di dalam film ini. The Secret World of Arrietty memenangkan salah satu penghargaan besar yakni Animation of the Year di 34th Japan Academy Prize dan menjadi film Jepang terlaris di box office tahun 2010.

Film ini mengisahkan petualangan bocah laki-laki bernama Shou yang mengidap penyakit. Shou bertemu dengan makhluk aneh kala ia berkunjung ke rumah bibinya. Dia menemukan seorang gadis mini berukuran jarinya. Pertemuan keduanya mengajak penonton dalam sebuah petualangan persahabatan yang dihadapkan dengan kejadian tak terduga. 

  • Rating Rotten Tomatoes: 94 persen
  • Genre: animasi, fantasi, aksi
  • Pemain utama: Mirai Shida, Ryunosuke Kamiki, Tatsuya Fujiwara, Shinobu Ootake, Kirin Kiki
  • Situs atau platform streaming: Netflix

17. I Wish (2011)

Film Jepang I Wish/Foto: Bandai Visual Company

Setelah orang tuanya bercerai, Koichi (Maedo Koki) tinggal bersama ibu dan kakek-neneknya di Kagoshima. Di sisi lain kakaknya, Ryunosuke (Maeda Oshiro) tinggal bersama ayah mereka di Fukuoka.

Kakak beradik ini memimpikan keluarga mereka bersatu kembali menjadi keluarga yang harmonis. Mereka berharap keajaiban muncul tatkala stasiun selesai dibangun hingga kereta pertama meluncur dalam lintasan. Oleh sebab itu, kakak beradik ini melakukan apa pun supaya keajaiban tersebut benar-benar terjadi.

  • Rating Rotten Tomatoes: 93 persen
  • Genre: drama, slice of life
  • Pemain utama: Maeda Koki, Maeda Oshiro, Abe Hiroshi, Hashizume Isao, Ohtsuka Nene, Kiki Kirin
  • Situs atau platform streaming: –

18. Weathering with You (2019)

Film Weathering with You/Foto: Beijing Enlight Pictures

Tokyo dilanda badai hujan yang tiada henti turun, membuat aktivitas banyak orang tertunda. Di tengah-tengah hujan yang tampaknya abadi ini, Hodaka Morishima, seorang siswa SMA melarikan diri dari rumah. Pada saat yang sama, Hina Amano yang yatim piatu juga berusaha keras mencari pekerjaan untuk menghidupi dirinya sendiri dan adik laki-lakinya. Hodaka dan Hina pun tak sengaja bertemu dan terlibat dalam peristiwa aneh yang menyimpan kekuatan mistis.

Weathering with You adalah karya film animasi Jepang yang terpilih menjadi perwakilan negara dalam Best International Feature Film di 92nd Academy Awards. Hal ini menjadikannya sebagai film selanjutnya yang sukses melangkah ke festival film tersebut pasca Mononoke Hime (1998).

Selain itu, animasi ini sukses membawa pulang penghargaan untuk kategori Animation of the Year pada Japan Academy Prize ke-43. Film ini juga memenangkan Social Impact AWARD pada Japan Media Arts Festival ke-23.

  • Rating Rotten Tomatoes: 92 persen
  • Genre: animasi, melodrama, romantis, fantasi
  • Pemain utama: Nana Mori, Kotarou, Tsubasa Honda, Shun Oguri, Sakura Kiryuu
  • Situs atau platform streaming: Netflix

19. True Mothers (2020)

Film Jepang True Mother/Foto: Kino Films

Kurihara Kiyokazu dan Satoko adalah pasangan suami istri yang belum dikaruniai anak. Keduanya pun memutuskan untuk mengadopsi dan merawat seorang bayi laki-laki bernama Asato.

Enam tahun kemudian, pasutri ini hidup bahagia dengan putra mereka. Sayangnya, kehidupan tenang tersebut luntur ketika panggilan telepon datang ke rumah keluarga kecil ini.

Seorang perempuan bernama Katakura Hikari memperkenalkan dirinya sebagai ibu kandung Asato. Dia mengatakan bahwa ia ingin putranya kembali, kalau tidak pasutri tersebut harus memberinya uang.

Film Jepang satu ini mengandung kisah yang cukup rumit. Oleh sebab itu, True Mothers sukses mendapatkan banyak piala penghargaan seperti Feature Film di Fribourg International Film Awards 2021, Best Editor di Asian Film Awards 2021 dan masih banyak lagi.

  • Rating Rotten Tomatoes: 91 persen
  • Genre: drama
  • Pemain utama: Nagasaku Hiromi, Iura Arata, Makita Aju, Sato Reo, Asada Miyoko
  • Situs atau platform streaming: Netflix, Prime Video

20. Ponyo (2006)

Film Jepang Ponyo/Foto: Studio Ghibli

Satu lagi film animasi Jepang karya Studio Ghibli yang sukses memborong pujian kritikus film dunia. Ponyo memenangkan lima kategori di penghargaan 8th Annual Tokyo Anime Awards hingga Animation of the Year dan Outstanding Musical Achievement di 32ND Japan Academy Prize.

Film ini menceritakan seekor ikan mas bernama Ponyo yang hanyut di pantai dan terjebak dalam toples kaca. Suatu hari, ia dibebaskan oleh bocah laki-laki bernama Sousuke yang tinggal bersama ibunya di tebing tepi laut.

Pertemuan ini membawa keduanya pada petualangan tak terduga yang penuh tantangan. Sousuke dihadapkan oleh fakta yang mengejutkan bahwa Ponyo merupakan sosok keturunan dari penguasa laut.

  • Rating Rotten Tomatoes: 91 persen
  • Genre: animasi, komedi, adventure
  • Pemain utama: Yuria Kouzuki, Hiroki Doi, George Tokoro, Tomoko Yamaguchi, Yuuki Amami
  • Situs atau platform streaming: Netflix

Pilihan Redaksi

  • 3 Fakta Menarik Tarot, Drakor Terbaru Juli yang Tayang di Cannes International Series
  • 20 Film Korea Terbaik yang Punya Skor Rating Sempurna Menurut Kritikus Film Dunia
  • 5 Fakta Menarik Marissa Anita, Jadi Pengisi Suara di Film Animasi Produksi Leonardo DiCaprio

Itulah 20 film karya Jepang yang sukses mengantongi banyak pujian dan skor rating tertinggi dari para kritikus film di Rotten Tomatoes. Adakah film yang menarik perhatian Bunda untuk ditonton bersama keluarga?

Bagi Bunda yang mau sharing soal parenting dan bisa dapat banyak giveaway, yuk join komunitas HaiBunda Squad. Daftar dan klik di SINI. Gratis!

Leave a comment