Informasi Terpercaya Masa Kini

9 Olahraga yang Ampuh untuk Kecilkan Perut Buncit

0 6

Perut buncit mungkin menjadi masalah beberapa orang karena beberapa alasan, salah satunya tidak percaya diri. Akan tetapi, Bunda tidak perlu khawatir karena ada beberapa olahraga yang ampuh untuk membantu kecilkan perut buncit.

Mengurangi perut buncit merupakan masalah yang mengganggu banyak orang. Perut buncit adalah lemak yang tersimpan di sekitar pinggang. Kelebihan lemak perut dapat berdampak buruk juga pada kesehatan.

Hal ini dapat menyebabkan beberapa penyakit serius seperti gula darah tinggi, kolesterol tinggi, tekanan darah tinggi, dan beberapa penyakit jantung.

Oleh karena itu, penting untuk menurunkan perut buncit. Untuk mengurangi perut buncit, Bunda perlu membatasi kalori yang masuk atau hanya mengonsumsi jumlah kalori yang bisa dibakar setiap hari.

Akan tetapi, tidak hanya itu saja, Bunda juga perlu melakukan olahraga secara teratur untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Nah, untuk membantu Bunda mencari tahu apa saja olahraga yang cocok untuk mengatasi perut buncit, berikut adalah beberapa di antaranya:

1. Sit-Up

Olahraga paling efektif untuk membakar lemak perut adalah sit-up. Olahraga ini menduduki peringkat tertinggi ketika bicara tentang latihan pembakaran lemak.

Baca Juga : 7 Olahraga yang Bantu Tingkatkan Kecerdasan Anak, Coba Lari dan Renang Yuk

Bunda bisa memulainya dengan berbaring telentang dengan lutut ditekuk dan kaki di lantai. Angkat tangan lalu letakkan di belakang kepala. Bunda juga bisa menyilangkan di dada. Periksa pola pernapasan ketika melakukan latihan ini.

Latihan ini juga akan membantu Bunda membentuk perut sekaligus menghilangkan lemak di perut yang menumpuk.

2. Jalan kaki

Latihan kardio yang sangat sederhana dan dapat membantu menghilangkan lemak di perut, serta tetap bugar adalah berjalan kaki. Jalan kaki dengan pola makan seimbang dapat memberikan manfaat yang luar biasa untuk menurunkan berat badan.

Jalan cepat bahkan selama 30 menit di udara segar dapat membantu mengurangi lemak di sekitar perut. Selain itu, ini juga berdampak positif pada metabolisme dan detak jantung. Bahkan, lari juga bermanfaat untuk membakar lemak.

Terlebih lagi, Bunda tidak memerlukan peralatan apa pun untuk latihan ini, ini juga membantu menghilangkan lemak di area lain di tubuh.

3. Zumba

Zumba menjadi salah satu olahraga paling menyenangkan dan dilakukan banyak orang. Selain menyenangkan, zumba juga memberikan kesehatan untuk tubuh secara keseluruhan.

Senam zumba merupakan olahraga dengan intensitas tinggi. Ini membantu dalam meningkatkan kebugaran kardiovaskular, menurunkan kolesterol, dan menurunkan kadar gula darah, serta melelehkan lemak perut dengan cepat.

4. Latihan kaki vertikal

Mengangkat kaki sangat bagus untuk perut dan otot oblique Bunda. Ini membantu dalam membangun perut yang lebih kuat, meningkatkan stabilitas dan kekuatan, mencairkan lemak perut dan mengencangkan tubuh.

Kenaikan kaki sepenuhnya mengisolasi otot rektus adbominis yang membantu mengencangkan perut Bunda. Berbaring telentang dengan telapak tangan diletakkan di bawah pinggul. Kemudian, perlahan angkat kaki hingga membentuk sudut 90 derajat.

Jaga lutut tetap lurus dan kaki mengarah ke atap. Berhenti sejenak, lalu turunkan kembali kaki Bunda sambil menghembuskan napas.

5. Bersepeda

Bersepeda adalah salah satu cara yang efektif juga untuk membakar lemak perut. Olahraga ini juga dapat membantu meningkatkan detak jantung dan memiliki kapasitas untuk membakar sejumlah besar kalori.

Bersepeda membantu Bunda menurunkan berat badan di paha dan pinggang. Jadi, mulailah berpergian dengan sepeda Bunda ke tempat-tempat terdekat. Lakukan secara teratur dan latihan ini bisa sangat efektif dalam mengurangi lemak perut.

6. Aerobik

Jika ingin menghilangkan lemak perut tanpa pergi ke gym, Bunda juga bisa melakukan beberapa latihan aerobik intensitas tinggi. Latihan ini efektif, sederhana, menyenangkan, dan bagus untuk membakar kalori dalam jumlah maksimal.

7. Squat

Squat juga termasuk salah satu olahraga yang paling efektif untuk mengurangi perut buncit. Tidak hanya itu, olahraga ini juga membantu menurunkan berat badan. Maka dari itu, sertakan squat dalam rutinitas olahraga.

8. Angkat beban

Melansir dari laman Hopkins Medicine, menambahkan latihan kekuatan moderat ke latihan aerobik membantu membangun massa otot tanpa lemak, yang menyebabkan Bunda membakar lebih banyak kalori sepanjang hari, baik saat istirahat maupun olahraga.

9. Renang

Berenang juga menjadi salah satu olahraga yang bisa membantu Bunda menurunkan berat badan atau menghilangkan perut buncit. Latihan ini dapat membakar 750 kalori per jam. Bunda bisa mencoba berenang selama 30 hingga 45 menit 4 atau 5 kali dalam seminggu untuk hasil yang maksimal.

Nah, itulah beberapa jenis olahraga yang ampuh untuk kecilkan perut buncit. Semoga bermanfaat, ya, Bunda.

Pilihan Redaksi

  • 9 Bunda Seleb yang Suka Olahraga dari Tenis hingga Berkuda, Bisa Jadi Inspirasi
  • Selamat Hari Olahraga Nasional! Olahraga untuk Balita: Manfaat, Durasi & Rekomendasinya
  • 5 Jenis Olahraga yang Dapat Meningkatkan Kesuburan, Yoga hingga Berenang

Bagi Bunda yang mau sharing soal parenting dan bisa dapat banyak giveaway, yuk join komunitas HaiBunda Squad. Daftar klik di SINI. Gratis!

Saksikan juga video lima gerakan olahraga untuk mengecilkan perut setelah melahirkan yang ada di bawah ini, ya, Bunda.

Leave a comment