Informasi Terpercaya Masa Kini

20 Tanaman Hias yang Cocok Diletakkan di Kamar Tidur, Bantu Bikin Tidur Nyenyak & Bersihkan Udara

0 4

Kamar tidur memerlukan tanaman hias yang dapat menunjang kualitas udara dan dapat membuat tidur Bunda nyenyak. Beberapa tanaman hias mampu menyumbang oksigen dan memberikan suasana kamar yang nyaman. Apa saja tanaman hias ini? Simak rekomendasinya berikut.

Bunda tentunya menghabiskan banyak waktu di kamar tidur, jadi penting bagi Bunda untuk memastikan kamar nyaman dan dapat membuat Bunda tidur nyenyak. Salah satu cara termudah untuk membuat kamar tidur nyaman adalah dengan meletakkan tanaman hias. Tanaman ini  tidak hanya memperindah ruangan, tetapi juga dapat membantu meningkatkan kesehatan, suasana hati, dan kualitas tidur Bunda.

Menurut penelitian NASA, sejumlah tanaman hias telah terbukti dapat meningkatkan kualitas udara dengan membuang racun dan melepaskan oksigen pada malam hari. Beberapa tanaman juga diyakini dapat meredakan alergi dan mengurangi stres. Selain itu, tanaman dapat meningkatkan estetika kamar tidur dengan sentuhan warna yang indah. 

Tanaman hias yang cocok di kamar tidur

Melansir dari Good House Keeping, berikut 20 tanaman hias yang cocok diletakkan di kamar tidur untuk Bunda.

Baca Juga : 10 Tanaman Penghambat Rezeki yang Dipercaya Pembawa Sial Tahun 20241. Ivy Inggris

Rekomendasi pertama jatuh pada tanaman hias indah, Ivy Inggris. Tanaman ini adalah pilihan yang bagus untuk kamar tidur, karena tanaman trailing ini dikenal dapat melepaskan oksigen dan menyerap polutan udara dalam ruangan seperti formaldehida dan amonia.

2. Tanaman ular

Dedaunan tanaman ular yang berani dan berbentuk seperti pedang dapat menjadi pilihan tanaman yang menarik untuk kamar tidur. Tanaman ular atau Sansevieria, telah menjadi tanaman hias yang populer karena daya tahan yang kuat serta hanya membutuhkan cahaya tidak langsung dan sedikit air untuk tumbuh subur.

3. Lidah buaya

Lidah buaya adalah tanaman penenang yang biasa ditemukan dalam lotion dan sabun. Tak hanya kegunaannya sebagai penenang pada kulit, tanaman ini juga dapat menghias kamar tidur loh, Bunda. Sukulen tropis dengan daun berdaging dan tepi runcing ini tidak perlu sering disiram. Bunda hanya perlu meletakkannya di bawah cahaya terang, seperti ambang jendela kamar tidur.

4. Pothos

Tanaman hias selanjutnya adalah pothos. Tanaman yang kuat ini tumbuh merambat dan tampak mengkilap, sehingga cocok digantung di atas meja rias, rak, atau hiasan dinding kamar Bunda.

Pothos menyukai cahaya sedang, namun Bunda dapat meletakkannya pada kamar tidur yang minim cahaya. Bunda harus menyiram tanaman ini dengan rutin agar tidak mengering. 

5. Philodendron Birkin

Tanaman dengan daun hijau subur yang menampilkan garis-garis putih yang indah ini adalah salah satu tanaman hias yang mudah dirawat. Bunda dapat meletakkan tanaman ini di dekat jendela dan jangan lupa menyiramnya seminggu sekali. 

6. Monstera

Monstera, atau yang juga dikenal sebagai tanaman keju Swiss, adalah pilihan tanaman hias yang membutuhkan cahaya minim dan penyiraman seminggu sekali. Tanaman ini dapat menghias kamar dan memberikan kesan alami yang sejuk. Namun jika Bunda memiliki hewan peliharaan, Bunda harus waspada karena dedaunannya dapat mengiritasi kucing, anjing, atau hewan kecil lainnya.

7. Bunga lili

Tanaman hias berikutnya adalah bunga lili. Tanaman dengan daun hijau mengkilap dan bunga putih cerah ini sangat baik dalam menghilangkan racun dan alergen dari udara. Tanaman ini juga cocok bagi Bunda yang pemula dalam berkebun karena mudah dirawat. 

Bunga lili paling baik diletakkan pada kamar tidur yang cukup terang dan harus disiram ketika bagian atas tanah mengering.

8. Tanaman karet

Tanaman karet kuat dan daunnya yang mengkilap akan membawa nuansa nyaman pada kamar tidur. Tanaman ini tumbuh subur di bawah sinar matahari tidak langsung, namun juga dapat tumbuh pada kamar dengan minim cahaya matahari. Bunda dapat menyiramnya setiap seminggu sekali.

9. Pakis boston

Berasal dari hutan lembap dan rawa, pakis boston telah menjadi tanaman hias yang populer sejak zaman Ratu Victoria. Tanaman ini juga dikenal sebagai pakis pedang, yang memiliki fitur daun berbentuk bulu terkulai sehingga menjadikannya tanaman gantung yang sempurna.

Pakis boston tumbuh paling baik dalam cahaya terang, jadi Bunda dapat menggantungnya di ambang jendela kamar tidur atau tempatkan di sudut yang terkena cahaya matahari. 

10. Anthurium

Bunga neon di tanaman ini dapat bertahan hingga delapan minggu, sehingga membawa kesan warna cerah pada kamar. Letakkan tanaman ini di tempat dengan cahaya terang dan kelembapan tinggi. Semakin banyak cahaya yang diterimanya, semakin sering Bunda harus menyiraminya.

11. Dracanea

Rekomendasi selanjutnya adalah tanaman dracanea. Tanaman dengan dedaunan yang dramatis ini dapat menjadi pemurni udara alami yang cocok diletakkan di kamar tidur. Dracaena menyukai cahaya sedang dan tanah yang sedikit lembap, jadi cobalah untuk menempatkan tanaman ini di dekat jendela demi pertumbuhan yang optimal.

12. Philodendron heartleaf

Tanaman berikutnya adalah Philodendron heartleaf. Tanaman yang memiliki daun berbentuk hati ini dapat menghias kamar tidur dengan indah. Bunda dapat meletakkan tanaman merambat cantik ini di atas lemari atau nakas. 

Tanaman ini termasuk tanaman dengan perawatan rendah dan dapat tumbuh meski mendapat cahaya minim. Namun, Bunda perlu menjauhkannya dari hewan peliharaan dan anak-anak, karena tanaman ini dapat beracun jika dimakan.

13. Dieffenbachia camille

Tanaman satu ini sangat indah dan memberi nuansa alam yang sejuk pada kamar tidur lho, Bunda. Kabar baiknya, tanaman ini tidak memerlukan banyak perawatan selama Bunda meletakkannya di bawah cahaya sedang dan sering menyiramnya. 

14. Tanaman udara

Apakah Bunda ingin tanaman hias yang simpel namun indah dan membuat kamar tidur menjadi sejuk? Maka tanaman udara lah jawabannya. Tanaman ini sangat praktis karena tidak memerlukan media tanam untuk tumbuh. Bunda hanya perlu meletakkannya di bawah sinar matahari dan rajin menyemprotnya agar ternutrisi.

15. Parlor Palm

Rekomendasi selanjutnya jatuh kepada tanaman Parlor Palm. Tanaman ini cukup rumit untuk dirawat, karena membutuhkan cahaya dalam ruangan yang terang dan kelembapan yang konstan. Tetapi tanaman ini memiliki tampilan yang cantik dan dapat membersihkan udara di kamar tidur. 

16. Lavender

Dengan daun hijau keperakan dan bunga ungu, lavender membuat aksen samping tempat tidur yang cantik dengan aroma yang menenangkan. Bahkan, penelitian menunjukkan bahwa lavender memiliki efek yang dapat menenangkan sistem saraf. Lavender menyukai cahaya terang di dalam ruangan dan sinar matahari penuh di luar ruangan.

17. Lucky Bamboo

Salah satu tanaman terbaik menurut feng shui, adalah tanaman Lucky Bamboo atau bambu keberuntungan. Tanaman ini dikatakan membawa energi positif dan keberuntungan ke dalam rumah lho, Bunda. Lucky Bamboo lebih menyukai cahaya sedang, tetapi dapat beradaptasi dengan baik terhadap kondisi cahaya rendah. Jika ditanam di tanah, Bunda perlu menjaganya agar sedikit lembap.

18. Tanaman ZZ

Daun mengkilap dan bentuk yang berani nan tegak membuat tanaman mencolok ini harus dimiliki untuk menghias kamar tidur Bunda. Tanaman ZZ, atau dikenal sebagai Zamioculas zamiifolia, menoleransi tingkat cahaya yang sangat rendah dan penyiraman yang tidak teratur. Cocok ditanam untuk pemula nih, Bunda.

19. Aglaonema

Tanaman selanjutnya yang minim perawatan adalah Aglaonema atau evergreen Cina. Tanaman ini dapat bertahan dalam kondisi cahaya rendah. Bunda hanya perlu menjaga agar media tanah tetap lembap dengan menyiramnya secara teratur.

20. Lady Palm

Jika kamar Bunda memiliki cahaya terang dan tidak langsung, maka Lady Palm adalah tanaman hias yang cocok untuk menambahkan kesan keanggunan dan kedamaian pada kamar tidur. Bunda dapat meletakkan tanaman hias ini di dekat jendela yang menghadap ke timur, dan sirami saat permukaan atas media tanah mengering.

Pilihan Redaksi

  • 10 Tanaman Obat Melawan Kanker Menurut Guru Besar ITB
  • 23 Tanaman Herbal untuk Menyembuhkan Berbagai Penyakit, Pilihan Obat Alami
  • Mengenal Daun Insulin, Tanaman yang Dipercaya Ampuh Mengatasi Diabetes

Bunda, itulah 20 tanaman hias yang cocok diletakkan di kamar tidur. Tanaman di atas tak hanya indah, namun juga dapat membantu tidur nyenyak dan dapat membersihkan udara. Selamat menanam, Bunda.

Bagi Bunda yang mau sharing soal parenting dan bisa dapat banyak giveaway, yuk join komunitas HaiBunda Squad. Daftar dan klik di SINI. Gratis!

Leave a comment