Informasi Terpercaya Masa Kini

Jokowi Kukuhkan 76 Paskibraka yang Akan Bertugas dalam Upacara HUT RI di IKN

0 6

JAKARTA, KOMPAS.com – Presiden Joko Widodo mengukuhkan 76 anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Nasional 2024 di Istana Negara Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur pada Selasa (13/8/2024).

Para paskibraka dari 38 provinsi itu nantinya akan menjadi petugas upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Republik Indonesia (RI) di Istana Negara IKN pada Sabtu (17/8/2024).

Prosesi pengukuhan diawali dengan pembacaan ikrar oleh 76 anggota Paskibraka Nasional 2024 yang dipimpin Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Yudian Wahyudi.

Selanjutnya, seorang perwakilan paskibraka bernama Violetha Agryka Sianturi, perwakilan Sumatra Utara maju sebagai wakil yang akan menerima penyematan lencana pengukuhan dari Presiden Jokowi.

“Dengan memohon ridha Allah Yang Mahakuasa, dengan ini saya kukuhkan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka tingkat pusat tahun 2024 yang akan bertugas di Istana Negara Ibu kota nusantara pada tanggal 17 Agustus 2024. Semoga Tuhan Yang Mahakuasa memberikan rahmat dan kemudahan dalam menjalankan tugas negara,” kata Presiden sebelum membacakan kalimat pengukuhan.

Baca juga: Resmi, Ini Pedoman dan Susunan Upacara HUT Ke-79 RI 17 Agustus 2024

Setelahnya Presiden memasangkan lencana dan ikat pinggang kain (kendit) kepada Violetha sebagai peresmian secara simbolis pengukuhan 76 orang anggota Paskibraka Nasional 2024.

Kemudian, Presiden Jokowi beserta para pejabat yang hadir memberikan selamat kepada setiap anggota Paskibraka 2024.

Para pejabat yang hadir antara lain Menteri Pemuda dan Olahraga Dito Ariotedjo, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy, Menteri Sekretaris Negara Pratikno dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung.

Adapun 76 paskibraka yang dilantik terdiri dari 38 orang siswa dan 38 siswi dari 38 provinsi di Indonesia.

Leave a comment