Informasi Terpercaya Masa Kini

Kesalahan Paling Umum saat Mengemudi, Terutama oleh Pemula

0 9

TEMPO.CO, Jakarta – Instruktur mengemudi selalu menjadi penenang saat muridnya panik atau cemas di balik setir. Tugas mereka memang membantu orang yang baru belajar mengemudi untuk tetap tenang dan waspada, dan meskipun murid sudah berganti-ganti puluhan kali, tidak demikian dengan aneka kesalahan yang diperhatikan guru.

“Setelah enam bulan menekuni pekerjaan ini, kita akan tahu kesalahan apa yang akan dilakukan murid meski dia belum melakukannya,” ujar Mike Thomas, instruktur mengemudi selama 27 tahun dan salah satu pendiri All Good Driving School di California Utara, kepada HuffPost.

Berikut kesalahan paling umum yang sering dilakukan pengemudi.

Tak memperhatikan lalu lintas

Pengemudi baru rata-rata kurang waspada pada bahaya di sekitar. “Secara fisik, mengemudi mobil tidak terlalu sulit. Mengemudikannya dengan aman butuh kerja otak. Ini soal berpikir, merencanakan, dan mengantisipasi,” kata Steve Frank, pemilik Sekolah Mengemudi Pinellas di Florida.

Contohnya pengemudi tak memperhatikan sekitar di persimpangan jalan, tidak menengok kiri atau kanan, apakah ada pejalan kaki, dan sebagainya. Kurang fokus seperti ini adalah kesalahan yang berbahaya. Kadang, pikiran pengemudi melayang entah ke mana sehingga tak fokus, atau sibuk bermain ponsel.

Tidak mengecek spion saat berpindah jalur

Kesalahan ini juga dilakukan banyak pengemudi, terutama yang masih baru.

Melewati garis berhenti

Di Indonesia, ini adalah hal umum, terutama dilakukan motor dan angkutan umum. Pengemudi berhenti melewati garis batas berhenti di lampu merah.

Tidak menjaga jarak

Cara mengemudi mobil seperti ini bukan saja buruk tapi bisa mengakibatkan tabrakan bila kendaraan di depan tiba-tiba berhenti. Selain itu, ngebut juga salah satu penyebab kecelakaan terbanyak.

Terlambat menyalakan lampu sein

Kesalahan ini juga sering dibuat pengemudi. Mereka terlambat menyalakan lampu sein ketika akan berbelok sehingga membingungkan pengemudi mobil di belakangnya. Sebaliknya, jangan pula menyalakan lampu sein ketika masih jauh dari tikungan. Di Florida ada aturan lampu sein harus dinyalakan sekitar 30 meter sebelum berbelok.

Pilihan Editor: Obat-obatan yang Tak Dianjurkan Diminum sebelum Mengemudi

Leave a comment