Informasi Terpercaya Masa Kini

7 Cara Melakukan Gaya Hidup Minimalis seperti Raditya Dika, Kunci Keuangan Stabil & Sehat

0 4

YouTuber sekaligus komedian Raditya Dika menjalani gaya hidup minimalis. Ia mengaku lebih memilih menjual koleksi barang yang tidak digunakan, dan menjalani kehidupan sehari-hari dengan sedikit barang.

Melansir dari laman wolipop detik, gaya hidup minimalis ala figur publik ini berfokus pada penggunaan barang-barang ataupun perabotan yang benar-benar berguna dan dipakai sehari-hari. Tidak ada tumpukan barang tak terpakai atau tumpukan pakaian yang membuat sesak lemari.

Perlu diketahui bahwa menjalani gaya hidup minimalis seperti Raditya adalah meninggalkan sikap boros dan berlebihan, untuk hidup yang lebih sederhana, namun berkualitas. Cara ini tentunya bisa Bunda tanamkan untuk mempertahankan keuangan yang stabil dan sehat.

7 Cara melakukan gaya hidup minimalis

Melansir dari laman Rocket Money, financial minimalist adalah cara mengelola uang yang berakar pada prinsip kesederhanaan, sama seperti minimalis di bidang lain dalam kehidupan Bunda.

Ini tentang menemukan kepuasan dengan kecukupan daripada berjuang untuk lebih tanpa menghiraukan apa yang sebenarnya dibutuhkan atau inginkan. Berikut beberapa cara yang hidup minimalis yang bisa dilakukan:

1. Buat anggaran minimalis

Mulai dengan membuat daftar semua sumber pendapatan dan pengeluaran tetap, seperti sewa, utilitas, dan pembayaran utang. Setelah itu, alokasikan sebagian untuk ditabung dan investasikan sisanya.

Baca Juga : 6 Tips Atur Keuangan ala Orang China, Sederhana tapi Bikin Dompet Tebal

Membuat anggaran minimalis tidak berbeda dengan membuat anggaran jenis lainnya. Tujuan akhirnya adalah fokus pada pembelanjaan lebih sedikit dari penghasilan untuk memungkinkan kebebasan finansial dan ketenangan pikiran.

2. Mengurangi pengeluaran yang tidak perlu

Hal ini dapat mencakup mengurangi layanan streaming yang jarang ditonton, makan di luar, membeli secangkir kopi di kafe, dan biaya-biaya lain yang menguras keuangan alih-alih memberi nilai tambah pada hidup.

Pertimbangkan apakah item atau layanan tersebut sejalan dengan nilai-nilai dan apakah ada cara yang lebih hemat biaya untuk memenuhi kebutuhan tersebut.

3. Berhenti khawatir takut tertinggal tren yang ada

Hindari jebakan media sosial dan simbol status yang mendorong pengeluaran. Sangat menyenangkan melihat teman mengunggah foto mobil barunya, namun hal itu tidak akan memaksa Bunda untuk membeli yang baru jika kendaraan sat ini berfungsi dengan baik.

Perlu diingat bahwa yang dipertaruhkan adalah kesehatan finansial dan ketenangan pikiran, bukan bagaimana kehidupan terlihat di mata orang lain.

4. Mengurangi utang

Buatlah rencana untuk mengurangi dan menghilangkan utang berbunga tinggi, yaitu kartu kredit. ini adalah langkah penting dalam perjalanan menuju kebebasan finansial.

5. Hidup sesuai kemampuan

Perhatian adalah kunci dalam financial minimalist. Tanyakan pada diri sendiri apakah pembelian itu suatu kebutuhan atau sekadar kesenangan belaka. Tunggu satu atau dua hari sebelum melakukan pembelian yang tidak penting, terutama yang melebihi ambang batas tertentu. Ini akan mengurangi pembelian impulsif.

6. Sumbangkan atau jual barang yang tidak terpakai

Saat merapikan ruangan dan mulai mengeluarkan barang-barang tidak terpakai, Bunda bisa menjual atau mungkin menyumbangkannya. Uang yang diperoleh dari menjual barang juga bisa menjadi titik awal yang bagus untuk dana darurat atau investasi baru.

7. Investasi dalam jumlah kecil

Mulai menabung dalam jumlah kecil, meskipun hanya dalam rekening tabungan berbunga tinggi, kumpulkan pembelian Bunda dan investasikan uang recehnya. Seiring berjalannya waktu, investasi kecil ini dapat berkembang menjadi jumlah yang besar.

Nah, itulah beberapa cara melakukan gaya hidup minimalis seperti Raditya Dika untuk mempertahankan keuangan yang stabil dan sehat. Semoga bermanfaat, ya, Bunda.

Pilihan Redaksi

  • Gaji Dipotong Lagi untuk Tapera, Ini Tips Pakar Agar Keuangan Rumah Tangga Tak Terganggu
  • Rahasia Cepat Kaya ala Miliader Dunia, Begini 9 Tips Jalani Frugal Living
  • Sule Jual Koleksi Mobil Mewah karena Tak Ingin Boncos, Bisa Hemat Pengeluaran?

Bagi Bunda yang mau sharing soal parenting dan bisa dapat banyak giveaway, yuk join komunitas HaiBunda Squad. Daftar dan klik di SINI. Gratis!

Leave a comment