Informasi Terpercaya Masa Kini

15 Rekomendasi Film Kerajaan Korea Terbaik Rating Tertinggi, Wajib Nonton Bun!

0 7

Korea Selatan merupakan negara yang sering memproduksi deretan film berlatarkan kerajaan. Jenis film ini disebut dengan istilah sageuk, Bunda.

sageuk merujuk pada film yang mengambil genre drama sejarah. Film-film ini juga seringkali menggabungkan genre lain demi menyajikan cerita yang menarik dan seru untuk ditonton, seperti romantis, aksi, hingga thriller.

Apabila Bunda tertarik atau suka menonton film kerajaan Korea, berikut Bubun kumpulkan beberapa rekomendasi film terbaik yang wajib untuk ditonton. Semua film ini punya rating yang tinggi, lho!

Rekomendasi film kerajaan Korea terbaik rating tertinggi

Di bawah ini adalah 15 rekomendasi film Korea berlatarkan zaman kerajaan Dinasti Joseon terbaik yang mengandung kisah begitu seru. Simak sinopsisnya berikut ini, Bunda.

Baca Juga : 10 Film Korea tentang Sekolah Terbaik Rating Tertinggi, Genre Komedi Romantis-Misteri1. The Admiral: Roaring Currents (2014)

Film The Admiral: Roaring Currents/Foto: CJ Entertainment

The Admiral: Roaring Currents merupakan film yang mengisahkan pertempuran laut hebat dan bersejarah yang dihadapi Laksamana Yi Sun Shin (Choi Min Sik) di tahun 1597 lalu. Dia memimpin 12 kapal perang untuk melawan serangan 330 kapal musuh dari Jepang.

Peristiwa tersebut dikenal sebagai Pertempuran Myeongnyang. Dalam sejarah negara Ginseng, Laksamana Yi Sun Shin merupakan pahlawan yang mendapatkan penghormatan tinggi. Konon, jika Yi Sun Shin dan anak buahnya tidak memenangkan pertempuran tersebut, negeri Korea tak pernah ada di muka bumi.

  • Rating MyDramaList: 8,4/10
  • Genre: action, historical, war, drama
  • Pemain utama: Choi Min Sik, Ryu Seung Ryong, Jo Jin Woong, Kim Myung Gon, Jin Goo
  • Situs atau platform menonton: Prime Video, Apple TV

2. The Last Princess (2016)

Film The Last Princess/Foto: HO Film

Film The Last Princess adalah sebuah karya sinema bergenre historical dengan sedikit bumbu romansa antara keturunan dinasti dan seorang pejuang negeri. Selain itu, film ini juga tak ketinggalan menyajikan adegan konflik antar negara yang rumit.

Kisah film ini berfokus pada Deok Hye (Son Ye Jin), yakni putri terakhir dari kerajaan dinasti Joseon Korea. Sayangnya, hidup putri kerajaan ini perlu menelan pil pahit karena invasi bangsa Jepang ke negerinya. Dia bahkan menjadi salah satu tawanan para tentara musuh.

Di tengah era yang begitu menyulitkan, Putri Deok Hye merasa bersalah atas penderitaan yang diderita rakyatnya. Padahal rakyat Korea sangat menggantungkan nasib mereka pada keluarga kerajaan. 

Di sisi lain, muncullah seorang pemuda bernama Jang Han (Park Hae Il) dengan misi perjuangannya untuk memerdekakan Korea. Pria itu berambisi untuk membawa pulang Putri Deok Hye, sebab ia jatuh cinta pada perempuan tersebut.

  • Rating MyDramaList: 8,3/10
  • Genre: drama, historical, melodrama
  • Pemain utama: Son Ye Jin, Park Hae Il, Kim So Hyun, Shin Rin Ah, Yeo Hoe Hyun
  • Situs atau platform menonton: Prime Video, Apple TV

3. The Throne (2015)

Film Korea The Throne/Foto: Tiger Pictures

Selanjutnya ada The Throne, sebuah film Korea berlatarkan kehidupan kerajaan dinasti Joseon di tahun 1762. Kisah dalam film ini cukup memuat konflik rumit antar keluarga kerajaan.

Raja Yeong Jo (Song Kang Ho) sudah memerintah selama 35 tahun. Ia pun berencana menurunkan jabatan terhormat itu kepada sang Putra Mahkota, Sa Do (Yoo Ah In). Namun, ternyata Putra Mahkota Sa Do dituding memiliki rencana pengkhianatan terhadap kerajaan.

Sang Raja diliputi rasa delima untuk menghukum putranya, tetapi jika tidak dilakukan keberadaan dirinya terancam dalam bahaya. Hingga akhirnya, Raja Yeong Jo memerintahkan Sa Do untuk menghabisi nyawanya sendiri.

Mendengar perintah itu, para pendukung Putra Mahkota Sa Do tidak terima. Mereka melakukan penyerangan yang tidak masuk akal. Kerajaan pun diliputi konflik yang amat ricuh.

  • Rating MyDramaList: 8,3/10
  • Genre: drama, historical
  • Pemain utama: Song Kang Ho, Yoo Ah In, Moon Geun Young, Park Won Sung, Jin Ji Hee, Kim Hae Sook
  • Situs atau platform menonton: Prime Video, Viki

4. Kingdom: Ashin of the North (2021)

Film Kingdom: Ashin of the North/Foto: Baram Pictures

Kingdom: Ashin of the North adalah sebuah film prekuel dari drama fenomenal Kingdom (2019). Film ini menceritakan sebuah kerajaan di masa Dinasti Joseon yang diserang oleh wabah zombie.

Kisah bermula pada serang Jepang yang menginvasi wilayah selatan Joseon. Di sisi lain, masalah baru timbul di kawasan utara. Beberapa suku saling berperang merebutkan kekuasaan.

Di tengah kericuhan tersebut, Ashin (Jun Ji Hyun) tidak memedulikannya sama sekali. Ia adalah seorang gadis pemberani yang hanya fokus mencari obat untuk menyembuhkan sang bunda. Tanpa disadari oleh Ashin, bunga yang ia temukan di pegunungan untuk mengobati ibunda justru membawa masalah yang lebih besar.

  • Rating MyDramaList: 8,2/10
  • Genre: drama, action, thriller, historical
  • Pemain utama: Jun Ji Hyun, Kim Shi Ah, Park Byung Eun, Kim Roe Ha, Jin Hyun Joon, Shim Yoon Bo
  • Situs atau platform menonton: Netflix

5. The Great Battle (2018)

Film The Great Battle/Foto: Soojak Films

Film tentang kerajaan Korea berikut didapuk sebagai salah satu sinema terbaik yang wajib ditonton, lho Bunda. The Great Battle merupakan sebuah film sejarah Korea yang mengambil latar belakang Dinasti Goguryeo di tahuh 645 Masehi.

The Great Battle menampilkan adegan penuh aksi peperangan yang melibatkan Kerajaan Goguryeo dan Dinasti Tang di Gunung Jupil. Namun, pertempuran ini berbuah kegagalan bagi para pasukan Goguryeo.

Sang Raja pun memerintahkan prajurit Sa Mul (Nam Joo Hyuk) untuk melakukan aksi gugur kepada Yang Man Chun (Jo In Sung). Lantaran Man Chun mendapatkan tudingan sebagai pengkhianat yang merugikan Goguryeo di pertempuran tersebut.

  • Rating MyDramaList: 8,2/10
  • Genre: drama, action, war, historical
  • Pemain utama: Jo In Sung, Nam Joo Hyuk, Park Sung Woong, Bae Sung Woo, Uhm Tae Goo, Kim Seol Hyun
  • Situs atau platform menonton: Prime Video, Viki

6. Seondal: The Man Who Sells the River (2016)

Film Seondal: The Man Who Sells the River/Foto: CJ Entertainment

Sejak masa dinasti Korea dahulu ternyata sudah muncul sosok penipu ulung yang merugikan banyak pihak, lho Bunda. Kisah ini pun terangkum dalam film Seondal: The Man Who Sells the River.

Film yang disutradarai Park Dae Min ini berisikan hidup Kim Seon Dal (Yoo Seung Ho), seorang penipu dengan kegeniusan tipu daya. Keberhasilannya dalam menipu juga didukung dengan penampilannya yang memikat serta keberaniannya.

Dalam menjalankan aksi, Kim Seon Dal bekerja sama dengan tiga orang lainnya. Tim penipu tersebut terkenal di seluruh negeri Korea. Hingga pada suatu kesempatan, mereka dihadapkan dengan penipuan terhadap sosok paling berkuasa di Korea, Sung Dae Ryeon (Jo Jae Hyun).

  • Rating MyDramaList: 8,2/10
  • Genre: komedi, historical, crime
  • Pemain utama: Yoo Seung Ho, Jo Jae Hyun, Ko Chang Seok, Ra Mi Ran, Xiumin
  • Situs atau platform menonton: Apple TV+

7. The Swordsman (2020)

Film Korea The Swordsman/Foto: Opus Pictures

Film Korea selanjutnya yang berlatarkan kerajaan adalah The Swordsman. Sinema satu ini mengisahkan seorang pendekar pedang ulung, Tae Yul (Jang Hyuk), yang menderita cedera yang begitu menyiksa hingga membuatnya tak bisa bekerja seperti biasa.

Sang putri, Tae Ok turut prihatin dengan keadaan ayahanda dan membantu mencarikan obat. Sayangnya, usaha tersebut justru menjebloskannya pada penculikan oleh para pedagang budak.

Peristiwa ini membuat Tae Yul kembali mengayunkan pedang tajamnya untuk menyelamatkan Tae Ok dari pedagang budak. Meskipun penglihatan sang pendekar sudah amat menurun.

  • Rating MyDramaList: 8,1/10
  • Genre: drama, action, historical
  • Pemain utama: Jang Hyuk, Jung Man Shik, Joe Taslim, Kim Hyun Soo, Choi Jin Ho
  • Situs atau platform menonton: Prime Video, iQIYI

8. The Night Owl (2022)

Film The Night Owl/Foto: C-JeS Entertainment

The Night Owl adalah film Korea bertema kerajaan terbaru yang rilis di tahun 2022 lalu. Film ini mengajak Ryu Jun Yeol sebagai bintang utama. Ia berperan sebagai ahli akupunktur kerajaan yang memiliki penglihatan begitu buruk, Kyung Soo.

Suatu malam, Kyung Soo menyaksikan pembunuhan Putra Mahkota So Hyeon. Ia pun berusaha mengungkapkan kebenaran tersebut. Sayangnya, hal ini justru menyeretnya pada konflik kerajaan yang lebih gila.

  • Rating MyDramaList: 8/10
  • Genre: drama, thriller, historical
  • Pemain utama: Ryu Jun Yeol, Yoo Hae Jin, Choi Moo Sung, Jo Sung Ha
  • Situs atau platform menonton: Viki, Vidio, iQIYI

9. The Pirates 2: The Last Royal Treasure (2022)

Film The Pirates 2: The Last Royal Treasure/Foto: Lotte Entertainment

The Pirates 2: The Last Royal Treasure adalah film besutan Netflix yang dibintangi Kang Ha Neul, Han Hyo Joo, hingga Sehun EXO, Bunda. Film ini merupakan seri kedua dari film sebelumnya yang mengisahkan petualangan para bajak laut.

Para kelompok bajak laut ini mencari harta karun dengan melintangi arus lautan yang deras. Mereka berkunjung dari satu kerajaan ke kerajaan lainnya. 

Film ini banyak dibicarakan sebab banyak adegan komedi yang begitu kocak. Kehadiran Lee Kwang Soo di film ini menjadi satu hal yang sangat disorot.

  • Rating MyDramaList: 8/10
  • Genre: action, historical, komedi, adventure
  • Pemain utama: Kang Ha Neul, Han Hyo Joo, Lee Kwang Soo, Kwon, Sang Woo, Chae Soo Bin, Oh Se Hun
  • Situs atau platform menonton: Netflix

10. The Royal Tailor (2014) 

Film The Royal Tailor/Foto: Bidangil Pictures

Film The Royal Tailor mengisahkan kisah romansa, kedengkian, hingga ketamakan yang terjadi di era Dinasti Joseon Korea. Kisah ini berfokus pada perselisihan antara dua penjahit di wilayah Sanguiwon.

Jo Dol Seok (Han Seok Kyu) adalah penjahit yang begitu dipercaya kepercayaan. Dia sudah mengabdi begitu lama kepada para bangsawan. Namun, suatu hari ia tersandung salah paham dengan sang Ratu. Hal ini membuat Ratu mencari sosok penjahit lain yang bisa menggantikan Dol Seok. Gong Jin (Go Soo) merupakan penjahit muda yang begitu bertalenta. Ia direkrut ke dalam istana sebab panggilan Sang Ratu.

  • Rating MyDramaList: 8/10
  • Genre: drama, historical
  • Pemain utama: Han Seok Kyu, Go Soo, Park Shin Hye, Yoo Yeon Seok, Ma Dong Seok
  • Situs atau platform menonton: Prime Video

11. The Book of Fish (2021)

Film The Book of Fish/Foto: Megabox Plus M

The Book of Fish adalah film Korea bertema sejarah yang mengambil latar era dinasti Joseon di tahun 1801. Film ini berkisah tentang Jang Yak Jeon (Sol Kyung Gu), seorang pelajar terdidik yang diasingkan ke pulau terpencil.

Peristiwa tersebut terjadi di masa pemerintah Raja Sunjo dari Joseon. Selama beberapa waktu, Yak Jeon menghabisi hidupnya dengan menulis dokumentasi terkait pulau Heuksando, tempatnya dibuang.

Ada hal unik yang hadir di film ini, lho Bunda. Meskipun tayang di era modern, The Book of Fish konsisten dengan latar film yang diambil. Para tim produksi menayangkan film ini dalam format warna hitam putih.

  • Rating MyDramaList: 7,9/10
  • Genre: drama, historical
  • Pemain utama: Sol Kyung Gu, Byun Yo Han, Lee Jung Eun, Min Do Hee
  • Situs atau platform menonton: iQIYI

12. The Pirates (2014)

Film Korea The Pirates/Foto: Lotte Entertainment

Film The Pirates mengisahkan petualangan penuh aksi dari para bandit laut. Film ini dibintangi aktor beken, seperti Kim Nam Gil dan Son Ye Jin.

The Pirates berpusat pada lini waktu di masa peralihan dinasti Goryeo ke Joseon. Menjelang terbentuknya Joseon, terjadi sebuah peristiwa yang melenyapkan pasukan Kaisar.

Hal tersebut diduga terjadi karena aksi seekor paus yang menelan kapal tersebut. Para prajurit kerajaan pun diperintahkan untuk menyelamatkan Raja. Namun, di tengah misi tersebut, para prajurit kerajaan justru bentrok dengan pasukan bajak laut.

  • Rating MyDramaList: 7.9/10
  • Genre: action, adventure, historical, fantasy
  • Pemain utama: Kim Nam Gil, Son Ye Jin, Kim Tae Woo, Lee Kyung Young, Sulli, Park Chul Min
  • Situs atau platform menonton: Viki

13. Memories of the Sword (2015)

Film Memories of the Sword/Foto: TPS Company

Film kerajaan Korea kali ini bertajuk Memories of the Sword. Kisah berfokus pada kehidupan pendekar perempuan, Hong Yi (Kim Go Eun) yang ingin membalaskan dendam dari kematian orang tuanya.

Namun, untuk menjalankan rencana itu, Hong Yi perlu terlibat dalam konflik yang rumit. Ia dan dua pendekar lainnya perlu membela rakyat dari serangan pemerintah terlebih dahulu. 

Hong Yi juga dihadapkan dengan aksi pengkhianatan sang teman. Hingga membuatnya perlu bertarung dengan rekan sendiri sampai titik darah penghabisan.

  • Rating MyDramaList: 7,8/10
  • Genre: action, historical, romantis, drama
  • Pemain utama: Lee Byung Hun, Jeon Do Yeon, Kim Go Eun, Bae Soo Bin, Kim Tae Woo
  • Situs atau platform menonton: Prime Video, Apple TV, Viki

14. Rampant (2018)

Film Korea Rampant/Foto: Leeyang Film

Satu lagi film kerajaan Korea yang mengambil tema utama zombie. Rampant dibintangi aktor ternama yang berbakat, seperti Hyun Bin, Jang Dong Eun, dan masih banyak lagi.

Kisah ini bermula pada hidup Pangeran Joseon, Lee Chung (Hyun Bin), yang perlu mengambil alih kuasa Dinasti Qing. Ia merupakan sosok yang rupawan dengan keahlian pedangnya yang juara.

Lee Chung memiliki seorang kakak laki-laki, Lee Young, yang baru saja kembali ke istana setelah 10 tahun tidak tinggal bersama. Kembalinya, sang kakak ke istana juga ikut disertai teror tak terduga yang menghantui istana di malam hari.

  • Rating MyDramaList: 7.8/10
  • Genre: action, thriller, historical, horor
  • Pemain utama: Hyun Bin, Jang Dong Eun, Park Woo Jin, Jo Dal Hwan, Jung Man Shik
  • Situs atau platform menonton: Prime Video, Disney+ Hotstar, Viki, Netflix

15. The Magician (2015)

Film Korea The Magician/Foto: Lotte Entertainment

Nah, kalau Bunda mencari film kerajaan Korea dengan kisah penuh romantis antara pemerannya, cobalah tonton The Magician. Film ini mengisahkan kehidupan Putri Dinasti Joseon, Chung Myung, yang melakukan perjalanan asmara ketika berkunjung ke Dinasti Qing.

Kehadiran sang Putri di Dinasti Qing adalah untuk menikah. Namun, ketika ia sedang dalam perjalanan, Chung Myung justru jatuh hari pada seorang penyihir muda yang ditemuinya di jalan.

  • Rating MyDramaList: 7.7/10
  • Genre: historical, romantis, drama
  • Pemain utama: Yoo Seung Ho, Go Ah Ra, Kwak Do Won, Jo Yoon Hee, Jo Dal Hwan
  • Situs atau platform menonton: Prime Video

Pilihan Redaksi

  • 7 Rekomendasi Drama Korea Lee Jung Eun Terbaik Rating Tertinggi, Terbaru Miss Night and Day
  • 4 Drama Korea Terbaik yang Tayang di Cannes International Series Festival 2024-2025, Berkelas!
  • 20 Film Bioskop Terbaru Juli 2024 Lengkap dari Hollywood, Indonesia, dan Korea

Nah, itulah 15 film kerajaan Korea terbaik dengan rating tertinggi yang bisa dijadikan pilihan untuk mengisi waktu luang Bunda. Selamat menonton, ya.

RefBagi Bunda yang mau sharing soal parenting dan bisa dapat banyak giveaway, yuk join komunitas HaiBunda Squad. Daftar dan klik di SINI. Gratis!

Leave a comment