Informasi Terpercaya Masa Kini

10 Cara Mengencangkan Kulit Wajah dan Leher secara Alami, Coba Rutin 1 Minggu Bun!

0 4

Apakah Bunda merasa bahwa kulit wajah dan leher terasa kendur? Wah, jangan sampai kulit mengalami penuaan dini, Bun. Lakukan cara untuk mengencangkan kulit wajah dan leher secara alami berikut ini.

Kulit wajah dan leher memang akan mengendur seiring berjalannya waktu. Hal ini dikarenakan menjaga kekencangan kulit memang tidak mudah dilakukan, Bunda. Ada banyak faktor yang menyebabkan kulit wajah mengendur.

Bunda dapat melakukan cara untuk mengencangkan kulit wajah dan leher secara alami di rumah loh. Gunakan bahan-bahan yang ada di rumah dan lakulan kebiasaan baiknya agar kulit senantiasa kencang, Bunda. 

Penyebab kulit kendur

Melansir dari Healthline, kunci utama kulit kencang adalah kandungan kolagen dalam kulit. Kolagen adalah protein paling melimpah di tubuh. Kolagen berfungsi untuk menahan kulit dalam strukturnya dan membentuk jaringan sendi antara otot dan tulang.

Tubuh memang secara alami memproduksi kolagen, tetapi seiring bertambahnya usia, produksi kolagen akan menurun. Akibatnya, kulit menjadi kurang elastis, kendur, dan kerutan mulai terlihat.

Baca Juga : 10 Gerakan Senam Wajah agar Simetris & Terlihat Awet Muda, Mudah Dilakukan di Rumah Bun!

Saat kadar kolagen alami menurun, begitu juga jumlah lemak alami di lapisan kulit yang lebih dalam. Hal ini meninggalkan ruang kosong di bawah lapisan kulit, yang dapat menyebabkan kulit melorot atau kendur.

Ada banyak penyebab kulit kendur. Faktor gaya hidup juga dapat menyebabkan keriput terbentuk lebih awal. Jika Bunda rentan terhadap kerutan, hal ini dapat terjadi karena faktor genetika. Selain itu, faktor-faktor lain yang menyebabkan kulit kendur di antaranya:

  • Merokok
  • Sering terpapar sinar ultraviolet A (UVA)/ultraviolet B (UVB)
  • Penurunan atau kenaikan berat badan yang ekstrim
  • Konsumsi makanan olahan dalam jumlah banyak 

Cara mengencangkan kulit secara alami

Melansir dari Ultheraphy Asia, Bunda dapat mengencangkan kulit wajah dan leher secara alami dengan cara-cara berikut ini.

1. Mengoleskan minyak kelapa

Bunda mungkin familiar dengan tips-tips kecantikan yang menyarankan Bunda untuk mengoleskan minyak kelapa pada wajah. Minyak kelapa kaya akan antioksidan, sehingga dapat melindungi kulit dari radikal bebas yang merusak kulit. 

Sebuah studi telah membuktikan bahwa minyak kelapa memiliki efek positif pada penghalang kulit, penuaan kulit, photoaging, peradangan, dan produksi kolagen. Inilah yang membuat minyak kelapa dapat menjadi bahan yang ampuh untuk mengencangkan kulit wajah secara alami. 

Bunda dapat mengoleskan minyak kelapa murni sebagai cleaner. Selain itu, Bunda juga dapat memasukkan minyak kelapa dalam rangkaian skincare.

2. Menggunakan masker kopi

Sudah menjadi rahasia umum bahwa kopi sangat bermanfaat untuk mengencangkan dan menghaluskan kulit. Hal ini karena kopi mengandung kafein yang dapat merangsang pelebaran aliran darah sehingga membuat kulit kencang secara alami. Bunda dapat menggunakan rangkaian skincare yang mengandung kopi atau mengoleskan masker kopi pada wajah.

3. Mengoleskan lidah buaya

Lidah buaya adalah bahan alami anti-penuaan yang sangat baik karena mengandung asam malat, yang meningkatkan produksi kolagen dalam tubuh dan meningkatkan elastisitas kulit.

Lidah buaya juga kaya akan 18 asam amino serta vitamin B1, B3, B6 dan C yang membantu melawan radikal bebas yang menyebabkan keriput. Bunda dapat mengoleskan jus dari lidah buaya ke wajah sebagai masker. Selain itu, Bunda juga dapat mencampurnya dengan madu, kunyit atau minyak kelapa untuk menambah manfaatnya. 

4. Minum air minum

Kulit kencang adalah kulit yang terhidrasi dengan baik. Untuk itu, Bunda harus menjaga hidrasi kulit dengan minum air putih sesuai jumlah yang direkomendasikan. Selain membuat kulit kencang, minum air putih yang cukup dapat menghilangkan tanda-tanda penuaan dini dan membuat kulit tampak bercahaya.

5. Mengonsumsi suplemen kolagen

Suplemen kolagen dapat membantu mencegah kulit kendur seiring bertambahnya usia. Kolagen tripeptida, telah dipelajari sebagai bahan alami anti-penuaan yang dapat mengencangkan kulit. Dengan meminum suplemen kolagen dapat menjadi tindakan pencegahan untuk menjaga kulit agar tidak kendur.

6. Mengoleskan yoghurt sebagai masker

Kelezatan dan kandungan yoghurt tak hanya baik untuk sistem pencernaan, tetapi juga bermanfaat untuk mengencangkan kulit loh, Bunda. Kandungan asam laktat dalam yoghurt dapat menghaluskan dan mengencangkan kulit, serta mengecilkan pori-pori dan menghilangkan sel kulit mati. Selain itu, kandungan probiotiknya dapat meningkatkan regenerasi sel sehingga kulit tampak bercahaya.

7. Menggunakan masker lemon

Salah satu bahan yang selalu dapat Bunda andalkan untuk memenuhi kebutuhan Vitamin C adalah lemon. Vitamin C dapat membantu menghancurkan radikal bebas serta meningkatkan pertumbuhan kolagen dan mengembalikan elastisitas kulit.

Sifat astringennya juga dapat mengurangi kerutan dan mengencangkan kulit. Bunda dapat menggunakan skincare yang mengandung lemon atau kaya akan vitamin C. Selain itu, Bunda juga dapat mengoleskan masker lemon.

8. Melakukan yoga wajah

Latihan yoga direkomendasikan agar kulit terlihat lebih muda dan tubuh yang terasa lebih sehat, Bunda. Yoga wajah sendiri dapat meningkatkan tingkat oksigen di kulit sehingga kulit tampak lebih kencang. Bunda dapat melakukan yoga wajah dengan gerakan ringan untuk mengencangkan kulit.

9. Mengenakan skincare yang mengandung antioksidan dan retinol

Antioksidan kaya akan vitamin C, B, dan E. Bahan ini membuat kulit lebih kuat terhadap stres oksidatif, dan berfungsi untuk mencegah kulit kendur. Penelitisn membuktikan bahwa skincare yang mengandung antioksidan juga dapat mengurangi kemerahan dan peradangan, serta membuat kulit lebih sehat.

Sementara itu, retinol (vitamin A) sangat terkenal ampuh untuk mencegah penuaan. Retinol dapat merangsang produksi kolagen di kulit dan membuat kulit wajah dan leher Bunda tampak kencang.

10. Menggunakan sunscreen

Cara terakhir dan paling penting untuk mengencangkan kulit adalah menggunakan sunscreen setiap hari. Mengenakan sunscreen setiap hari akan menjaga kulit dari kerusakan oleh sinar ultraviolet (UV) matahari. Selain itu, sunscreen juga mengurangi risiko Bunda terserang kanker kulit.

Pastikan untuk mengoleskan leher ke leher dan payudara sebagai cara untuk menjaga kulit agar terlihat lebih muda dan kencang ya, Bunda.

Bunda, itulah 10 cara mengencangkan kulit wajah dan leher secara alami. Lakukan kebiasaan baik ini dalam seminggu dan lihat hasilnya. Selamat mencoba ya, Bunda.

Pilihan Redaksi

  • 5 Tanda-Tanda Bruntusan Wajah Akan Hilang dan Sembuh, Salah Satunya Kering atau Berkerak
  • 5 Cara Membuat Masker Madu untuk Merawat Kulit Wajah, Mudah Dibuat Bikin Glowing!
  • 5 Kebiasaan yang Membuat Wajah Awet Muda seperti Usia 20 Tahunan

Bagi Bunda yang mau sharing soal parenting dan bisa dapat banyak giveaway, yuk join komunitas HaiBunda Squad. Daftar klik di SINI. Gratis!

Leave a comment