Informasi Terpercaya Masa Kini

10 Tips untuk Memulai Bisnis Skincare yang Bisa Dicoba

0 7

Beauties, apakah kamu memiliki rencana untuk memulai bisnis sendiri? Salah satu ide bisnis yang bisa kamu coba yakni di bidang produk skincare. Antusiasme masyarakat terhadap skincare terlihat dari permintaan di pasar yang diperkirakan meningkat 4,09% setiap tahunnya dari 2024 hingga 2028 oleh Statista.

Maka dari itu, tidak heran jika banyak bisnis skincare baru yang bermunculan di pasar. Baik produk buatan sendiri maupun reseller, produk skincare memiliki peminat yang antusias dan terbuka dengan berbagai pilihan baru.

Untuk memulai bisnis skincare, dibutuhkan cara yang strategis agar pemenuhan modal dan proses jual belinya bisa berjalan dengan optimal. Nah, berikut ini ada beberapa tips memulai bisnis skincare yang bisa dicoba.

1. Menentukan Model Bisnis

Sebelum mencari modal untuk bisnis skincare sendiri, tentukan dulu konsep yang ingin digunakan. Bisnis jual beli skincare bisa dilakukan dengan membuat brand sendiri atau menjadi reseller dari berbagai produk yang tersedia di pasar.

Agar lebih spesifik, tentukan juga target segmen pasar, seperti produk kecantikan atau perawatan untuk kulit berminyak, sensitif, atau normal.

2. Menganalisis ProdukIlustrasi skincare/ foto: freepik.com

Cara bisnis skincare yang perlu menjadi perhatian selanjutnya adalah analisis produk di pasar, termasuk pemahaman terhadap kandungan bahan yang akan digunakan. Untuk itu, lakukanlah riset menyeluruh agar dapat mengetahui manfaat dan efek samping.

3. Melakukan Analisis Kompetitor

Saat menganalisis produk, lakukan juga riset kompetitor yang menawarkan produk serupa. Produk skincare yang beragam membuat kompetisi bisnis semakin ‘sengi’t.

Mengetahui keunggulan produk kompetitor akan memberikan insight baru untuk mengoptimalkan penawaran dan penjualan produk bisnis skincare sendiri nantinya.

4. Merancang Desain Kemasan

Setelah memastikan komposisi produk skincare yang ingin dijual, pastikan untuk membuat rancangan desain kemasan. Untuk menarik perhatian peminat, upayakan untuk membuat desain unik dan berbeda.

5. Mengumpulkan Modal yang CukupIlustrasi mengumpulkan modal/ Foto: Freepik.com/benzoix

Apabila rancangan bisnis telah dibuat, maka langkah selanjutnya yang perlu diambil adalah mengumpulkan modal sesuai dengan anggaran. Modal bisnis skincare bisa didapatkan dengan  menggadaikan emas, baik batangan maupun perhiasan, dengan aman di lembaga yang terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

6. Mempromosikan Bisnis di Media Sosial

Salah satu cara bisnis skincare yang cukup efektif dan patut dipertimbangkan adalah melakukan promosi di media sosial. Manfaatkan platform besar seperti Instagram hingga TikTok untuk menarik lebih banyak audiens.

Buatlah desain visual, caption, dan penawaran menarik untuk menumbuhkan rasa penasaran calon pelanggan.

Baca Juga : Ini Profil Jacob C, TikToker AS yang Kerap Balas Komentar Netizen Pakai Bahasa Daerah Indonesia7. Membuat Akun Bisnis di Marketplace

Bisnis skincare tidak hanya bisa dijalankan secara offline, tetapi juga dapat dioptimalkan melalui marketplace. Toko online untuk produk skincare ini bisa dibuat dengan mudah, yakni dengan membuat akun bisnis di marketplace untuk menawarkan produk.

Jangan lupa sertakan gambar berkualitas tinggi agar calon pelanggan dapat mengamati produk dengan baik. 

8. Menyediakan Ragam Pilihan Pembayaran

Agar dapat melayani pelanggan dengan baik, sediakan berbagai pilihan metode pembayaran. Dengan begitu, penyelesaian transaksi bisa dilakukan lebih mudah. Transaksi yang masuk dan terkonfirmasi akan mempercepat pengiriman produk kepada pelanggan.

9. Menjalin Kerja Sama dengan Influencer

Jika bisnis skincare sudah mulai mendapatkan banyak pelanggan, maka saatnya untuk mengoptimalkan promosi melalui kerja sama dengan influencer. Namun, pastikan untuk memilih influencer yang memiliki citra diri serupa dengan bisnismu, ya.

10. Menjamin Kualitas Pelayanan

Sebagai pelaku bisnis skincare, kualitas pelayanan merupakan hal yang perlu diperhatikan. Agar dapat mempertahankan pelanggan, tingkatkanlah kualitas pelayanan. Berikan penawaran menarik untuk meningkatkan loyalitas pelanggan.

Di samping itu, berikan diskon atau pilihan bundle di momen-momen spesial tahunan, seperti Lebaran, Natal, dan tahun baru kepada pelanggan.

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

Pilihan Redaksi

  • Mandiri dan Berdaya, Ini 9 Strategi Keuangan yang Harus Diketahui Perempuan
  • Belajar dari Kisah Hidup Bolot, Ini Cara Mencapai Bahagia Finansial di Usia 80-an!
  • Bisnis Brand Mewah Lesu di Awal Tahun 2024, Ini Brand yang Justru Meroket
Leave a comment