Informasi Terpercaya Masa Kini

5 Makanan Diet Orang Nicoya di Kosta Rika yang Membantu Hidup hingga Usia 100 Tahun

0 5

Penduduk di zona biru sudah populer dengan gaya hidup dan pola makan sehat yang membuat mereka panjang umur. Bunda bisa tiru cara diet mereka, lho. Salah satunya, makanan diet orang Nicoya di Kosta Rika yang bisa membantu hidup hingga 100 tahun.

Ada enam wilayah di dunia yang dikenal sebagai blue zone atau zona biru. Di mana kombinasi budaya, pola pikir, pola makan, dan lingkungan membantu penduduknya hidup lebih lama dan sehat dibandingkan kebanyakan wilayah lainnya.

Orang-orang di zona biru memberi ‘pelajaran penting’ yang dapat membantu Bunda menciptakan dan mempertahankan kebiasaan baru untuk menua dengan sehat. Salah satu pembelajaran tersebut terletak pada budaya makanan di semenanjung Nicoya sepanjang 80 mil di Amerika Tengah.

Penduduk Nicoya, Kosta Rika, terkenal dengan pemandangan pantai di selatan perbatasan Nicaraguan, memiliki makanan diet yang bisa membuat mereka berumur panjang.

Penduduk di Nicoya, Kosta Rika, memang terkenal dengan harapan hidup mereka yang panjang. Rata-rata, 1 dari 250 orang di sana hidup hingga usia 100 tahun. Jauh dibandingkan dengan Amerika, di mana hanya 1 dari 4.000 orang yang mencapai usia serupa.

Baca Juga : 7 Cara Diet Cepat Kurus dalam 1 Minggu, Bisa Dicoba Bun

Rahasia di balik umur panjang mereka ini banyak dikaitkan dengan pola makan mereka. Diet orang Nicoya kaya akan serat, rendah lemak, dan penuh dengan makanan nabati.

“Tidak diragukan lagi, salah satu alasan orang-orang di Nicoya bisa berumur panjang adalah karena mereka mengonsumsi kacang-kacangan, labu, dan jagung,” kata Dan Buettner, pendiri Blue Zones LLC dalam serial dokumenter terbarunya Live to 100 di Netflix.

Makanan nabati ini merupakan sumber protein yang ekonomis dan praktis yang telah membantu penduduk Nicoya hingga usia lanjut. Bertentangan dengan pola makan orang Barat yang mana daging merupakan sumber utama protein.

 â€œMereka menghabiskan sebagian kecil dari pengeluaran kita untuk membeli daging dan produk susu, dan mereka mendapatkan semua protein yang mereka butuhkan. Ini menunjukkan bahwa Anda tidak perlu menjadi kaya untuk makan sehat.” kata Buettner dalam film tersebut.

Berikut beberapa makanan diet orang Nicoya yang membantu penduduknya berumur panjang. Mungkin bisa menjadi asupan diet Bunda.

Makanan diet orang Nicoya, Kosta Rika1. Jagung

Jagung menjadi makanan pokok di Nicoya. Biasanya diolah menjadi tortilla, arepas, dan gallo pinto (nasi dan kacang hitam). 

Jagung kaya akan serat, vitamin B, dan mineral, yang penting untuk kesehatan pencernaan, jantung, dan otak. Pilihlah jagung utuh daripada tepung jagung olahan untuk mendapatkan lebih banyak serat.

“Pengolahan jagung secara tradisional meningkatkan nilai gizinya,” kata Buettner dalam film.

2. Kacang hitam

Kacang hitam merupakan sumber protein nabati, serat, dan zat besi yang bagus untuk tubuh. Kacang ini sering dimasak dengan nasi atau ditambahkan ke dalam sup dan salad.

“Kacang hitam mengandung antioksidan yang memperkuat sistem kekebalan tubuh,” ujar Buettner.

Kacang hitam juga menyediakan sumber protein penting untuk pertumbuhan otot dan serat untuk mengatur gula darah. Kacang lebih mudah ditemukan dibandingkan sumber protein lainnya..

Buettner mengingatkan dosis kacang-kacangan setiap hari dalam bukunya, The Blue Zones American Kitchen: 100 Recipes to Live to 100. Kacang-kacangan tersebut ditampilkan dalam banyak resepnya.

“(Kacang) merupakan makanan utama di zona biru dan merupakan landasan dari setiap pola makan umur panjang di dunia,” tulis Buattner dalam bukunya.

3. Labu

Labu, termasuk labu siam dan labu kuning, merupakan sumber vitamin A, C, dan kalium yang baik. Antioksidannya juga membantu mengurangi stres oksidatif yang dapat menyebabkan kerusakan sel dan penyakit.

Pilihlah labu dengan warna cerah untuk mendapatkan lebih banyak vitamin dan mineral. Labu sering direbus, dipanggang, atau ditambahkan ke dalam sup dan hidangan lainnya. 

Pertimbangkan untuk memanggang labu sebagai tambahan menu atau mengisinya dengan sayuran dan biji-bijian lain, seperti quinoa dan tomat.

4. Ubi jalar

Ubi jalar kaya akan serat, vitamin A, dan antioksidan, penting untuk kesehatan pencernaan, penglihatan, dan melawan radikal bebas. Ubi jalar bisa direbus, dipanggang, atau digoreng.

Ubi juga lebih tinggi karbohidratnya dibanding sayuran berdaun lainnya. “Ubi jauh lebih tinggi karbohidratnya daripada sayuran seperti mentimun, tomat, dan zucchini, atau sayuran berdaun,” kata Elizabeth Huggins, RDN di Hilton Head Health, mengutip Women’s Health Magazine.

Pilihlah ubi jalar dengan kulit berwarna ungu untuk mendapatkan lebih banyak antioksidan. Ubi untuk diet bakal efektif jika sesuai porsinya. 

Alana Kessler, RD, mengatakan bahwa porsi yang tepat mungkin sebanding dengan ubi jalar yang dikepal, sekitar tiga sampai empat ons.

5. Buah-buahan tropis

Nicoya kaya akan berbagai macam buah-buahan tropis, seperti pisang, pepaya, mangga, dan nanas. Buah-buahan ini kaya akan vitamin, mineral, dan serat, yang penting untuk kesehatan secara keseluruhan, termasuk pencernaan, kekebalan tubuh, dan kulit.

Pisang raja kaya akan potasium, serat larut, dan karbohidrat. Pepaya kaya akan vitamin A, B, dan C dan juga mengandung enzim yang melawan peradangan. Peradangan kronis berakar pada sebagian besar penyakit degeneratif.

Konsumsi berbagai macam buah-buahan tropis untuk mendapatkan berbagai macam vitamin, mineral, dan antioksidan.

Cara makan zona biru bukanlah diet ketat, namun sebuah pelajaran tentang bagaimana menggabungkan makanan nabati utuh yang beraroma dan murah bisa menjadi lezat serta berkontribusi pada umur panjang Bunda.

“Temukan bahan-bahan yang Anda sukai, dan jika bisa mempelajari cara menggabungkannya untuk membuat sesuatu yang lezat, Anda akan segera makan hingga 100,” kata Buatnerr dilansir dari Fortune Well.

Dengan mengadopsi beberapa prinsip diet Nicoya, seperti memperbanyak konsumsi makanan nabati, serat, dan protein nabati, bisa bermanfaat bagi kesehatan dan meningkatkan peluang Bunda untuk hidup panjang dan sehat.

Pilihan Redaksi

  • Ide Menu Makanan Diet di Musim Kemarau, Efektif Turunkan BB
  • 5 Fakta Hara Hachi Bu, Diet Ampuh Asal Jepang untuk Turunkan BB
  • 7 Cara Membuat Salad Sayur untuk Diet, Ternyata Tidak Bisa Asal Bun!

Bagi Bunda yang mau sharing soal parenting dan bisa dapat banyak giveaway, yuk join komunitas HaiBunda Squad. Daftar klik di SINI. Gratis!

Leave a comment