Informasi Terpercaya Masa Kini

Riuh Tepuk Tangan dan Rangkaian Bunga Sambut Sri Mulyani Saat Tiba di Kantor Kemenkeu Bersama Tiga Wamen

0 1

TEMPO.CO, Jakarta – Riuh tepuk tangan terdengar saat Sri Mulyani Indrawati muncul dari pintu masuk Gedung Djuanda Kementerian Keuangan, Jalan Lapangan Banteng Timur, Jakarta Pusat. Bendahara Negara dari Kabinet Merah Putih itu muncul bersama tiga wakilnya Senin sore, 21 Oktober 2024, usai resmi dilantik oleh Prabowo di Istana negara.

Sambil melempar senyum, ia menerima rangkaian bunga yang disodorkan oleh Sekretaris Jenderal Kementerian Keuangan, Heru Pambudi. Selain mengucapkan selamat datang kepada Sri Mulyani, selebrasi penyambutan juga ditujukan untuk trio wakil menteri keuangan (Wamenkeu) yakni Thomas Djiwandono, Suahasil Nazara, serta Anggito Abimanyu.

Tidak ada pembacaan sambutan dari pejabat direktorat maupun dari Menkeu dan ketiga wakil menteri. Mereka hanya saling berjabat tangan dan Sri Mulyani tampak melayani permintaan foto dari para staf, sebelum akhirnya masuk ke dalam ruangan untuk melanjutkan agenda selanjutnya.

Menurut salah seorang staf Kementerian Keuangan, setelah tiba di kantor, Menteri Keuangan bakal mengadakan rapat internal dengan tiga wakil menteri dan dilanjutkan dengan makan bersama.

Presiden Prabowo Subianto akhirnya menunjuk Sri Mulyani kembali menjadi menteri keuangan. Hari ini, bendahara negara telah mengikrarkan sumpah jabatan di Istana Negara bersama anggota kabinet yang lain. Berdasarkan unggahan di laman instagramnya, Sri Mulyani hadir di Istana didampingi oleh suami, anak dan cucu. “Mengawali pengabdian bersama Kabinet Merah Putih,” demikian ditulis @smindrawati, Senin, 21 Oktober 2024.

Penunjukkan Sri Mulyani kembali sebagai Mekeu mengejutkan beberapa pihak. Salah satunya Direktur Eksekutif Center of Law and Economics Studies Bhima Yudhistira. Menurut dia nama Sri Mulyani sebelumnya tak masuk daftar tokoh yang diperkirakan mengisi jabatan Menteri Keuangan. “Tapi harus diakui, sosok sekaliber Sri Mulyani belum ada di lingkaran Prabowo,” katanya.

Dalam beberapa kesempatan bendahara negara di era Jokowi dan Susilo Bambang Yudhoyono itu sempat mengucapkan salam perpisahan. Dalam rapat kerja dengan Komisi XI DPR, 21 Agustus 2024, Sri Mulyani telah terima kasih kepada para anggota DPR yang telah memberikan banyak masukan.

Saat itu, Sri Mulyani juga memperkenalkan Wakil Menteri Keuangan Thomas Djiwandono sebagai calon penerusnya dalam pemerintahan yang akan datang. “Titip wakil menteri saya ini yang akan meneruskan,” ujarnya saat itu.

Caesar Akbar berkontribusi dalam penulisan artikel ini.

Pilihan Editor: Sepak Terjang Sri Mulyani yang Kembali jadi Menkeu, Sempat Beda Pandangan soal Anggaran dengan Prabow

Leave a comment