Informasi Terpercaya Masa Kini

Setelah Menyerang Hamas dan Hizbullah, Israel Menghadapi Lawan Terberat: Kemerosotan Ekonomi

0 1

TEMPO.CO, Jakarta – Ketegangan terus meningkat di Timur Tengah menyusul serangan Israel ke Lebanon menyulut keterlibatan Iran. Namun perang lebih berat dihadapi negara Zionis itu, yakni kemerosotan ekonomi.

Penurunan peringkat kredit Israel oleh Moody’s sebanyak dua tingkat mungkin pada pekan lalu bukan yang terakhir, kata para analis, karena perang di dua front memacu pengeluaran negara dan menimbulkan kekhawatiran bahwa ekonomi mungkin tidak pulih secepat seperti pada konflik-konflik sebelumnya.

Langkah mengejutkan Moody’s pada hari Jumat, 27 September 2024, untuk menurunkan peringkat kredit Israel menjadi “Baa1” dari “A2” dikritik oleh pejabat pemerintah Israel tetapi mencerminkan ketidakpastian atas prospek ekonomi negeri itu saat konflik berkecamuk dan meluas.

“Peringkat tersebut kemungkinan akan diturunkan lebih lanjut, mungkin beberapa tingkat, jika ketegangan yang meningkat saat ini dengan Hizbullah berubah menjadi konflik skala penuh,” kata Moody’s seperti dikutip Reuters.

Ekonom Bank Hapoalim Victor Bahar mencatat bahwa “peringkat utang Baa1 biasanya mencirikan negara-negara yang jauh kurang kaya dan berkembang daripada Israel”.

Penurunan peringkat tersebut membuat peringkat Israel turun tiga tingkat dari peringkat keenam awal tahun ini.

“Ada banyak masalah yang harus kami lakukan untuk mempertahankan peringkat saat ini,” kata Yair Avidan, mantan regulator perbankan Israel.

Perang Israel yang telah berlangsung selama setahun melawan kelompok Hamas Palestina di Gaza diperkirakan menelan biaya 250 miliar shekel (Rp1.000 triliun lebih). Sekarang Israel menambah musuh dengan menyerang Hizbullah di Lebanon, yang membuat Iran terlibat.

Politisi Israel, termasuk Menteri Keuangan Bezalel Smotrich, mengatakan penurunan peringkat Moody’s, yang diikuti oleh pemotongan oleh Fitch dan S&P Global, meremehkan kekuatan ekonomi Israel.

Fitch memperkirakan Israel akan meningkatkan belanja pertahanan jangka panjang dari tingkat sebelum perang hingga mendekati 1,5% dari PDB, dan S&P Global juga menyoroti risiko geopolitik yang terus meningkat dan defisit anggaran yang semakin melebar.

Akuntan publik Israel Yali Rothenberg mengatakan sudah jelas bahwa perang di beberapa bidang akan menimbulkan kerugian ekonomi, tetapi mengatakan “tidak ada pembenaran” untuk penurunan peringkat Moody’s terbaru.

Namun pertumbuhan telah mengalami pukulan yang jelas selama setahun terakhir, melambat menjadi 0,7% per tahun pada kuartal kedua – atau kontraksi 0,9% per kapita seiring dengan bertambahnya populasi Israel – yang meningkatkan tekanan pada keuangan pemerintah.

Perang dengan Hizbullah Sebabkan Kontraksi 3 Persen

Menurut Aharon Institute for Economic Policy di Reichman University, perang habis-habisan dengan Hizbullah termasuk operasi darat akan menyebabkan kontraksi ekonomi sebesar 3,1% tahun ini dan defisit anggaran sebesar 9,2% dari PDB.

Anggaran pertahanan terus membengkak dan mitra koalisi Perdana Menteri Benjamin Netanyahu bersikeras mempertahankan program pengeluaran.

Menteri Keuangan Bezalel Smotrich menargetkan defisit sebesar 4% dari PDB dan pemotongan pengeluaran sebesar 35 miliar shekel (Rp142,4 triliun).

Seorang pejabat senior pemerintah mengatakan Moody’s seharusnya menunggu hingga anggaran 2025 disetujui, tetapi proses tersebut telah tertunda selama dua bulan di tengah pertikaian koalisi.

“Yang jelas adalah bahwa mereka tidak memiliki kepercayaan pada pemerintah terkait prospek fiskal,” kata Flug dari Israel Democracy Institute.

Bagi banyak orang di sektor bisnis Israel, kekuatan mendasar ekonomi dan sektor teknologi tinggi yang dinamis lebih penting daripada pertanyaan tentang target belanja pemerintah.

Yossi Abu, kepala eksekutif di NewMed Energy, menyebut keputusan Moody’s sebagai “kesalahan besar” yang “mencerminkan kurangnya pemahaman tentang ketahanan dan semangat Israel”.

Sementara itu, Bank Israel telah mendesak pemotongan belanja dan kenaikan pajak untuk mengendalikan defisit yang diproyeksikan pemerintah sebesar 6,6% dari produk domestik bruto untuk tahun 2024 tetapi saat ini berjalan pada angka 8,3%. Moody’s memperkirakan defisit sebesar 7,5% tahun ini.

Laman The Jerusalem Post, 1 Oktober 2024, menulis di antara berbagai front yang telah dihadapi Israel sejak 7 Oktober 2023, ada satu perang yang jelas-jelas Israel telah kalah yaitu ekonomi.

Ini adalah front yang tidak kalah mengancamnya dibanding perang mana pun yang dihadapi Israel secara militer. Tidak ada negara yang dapat berfungsi tanpa ekonomi yang cukup kuat untuk mendukungnya, tanpa sistem medis, sistem kesejahteraan, sistem pendidikan, dan fungsi penting lainnya yang harus disediakan negara bagi warganya.

Meskipun ini bukan hal baru – para ekonom telah mengeluarkan peringatan selama bertahun-tahun sementara para politisi telah menunda perubahan yang diperlukan – perang telah memperparah ancaman ekonomi eksistensial yang dihadapi Israel. Hal ini mengancam akan mempercepat pengurasan sumber daya manusia, merusak kepercayaan investor terhadap negara tanpa dapat diperbaiki, dan meledakkan defisit negara.

Pilihan Editor Menkominfo Titipkan Target Kecepatan Internet 100 Mbps ke Pemerintahan Prabowo

Leave a comment