Informasi Terpercaya Masa Kini

Terpopuler: Sosok Taipan Gang Ye yang Diduga Berikan Fasilitas Jet Pribadi ke Kaesang-Erina, Daftar Orang Super Kaya yang Pakai Jet Pribadi Gulfstream

0 6

TEMPO.CO, Jakarta – Berita-berita terpopuler ekonomi dan bisnis hingga Senin malam, 27 Agustus 2024 dimulai dari taipan sekaligus petinggi perusahaan SEA Limited, Gang Ye diduga sebagai sosok yang memberikan fasilitas jet pribadi untuk anak dan menantu Presiden Jokowi, Kaesang Pangarep dan Erina Gudono.

Disusul, pesawat jet pribadi jenis Gulfstream menjadi sorotan masyarakat Indonesia usai diduga digunakan putra bungsu Presiden Jokowi, Kaesang Pangarep bersama istrinya Erina Gudono pergi ke Amerika Serikat beberapa waktu lalu. Keduanya diketahui menumpangi pesawat jet Gulfstream G650ER dengan nomor registrasi N588SE.

Selanjutnya, ekonom UPN Veteran Jakarta Achmad Nur Hidayat meminta Kaesang Pangarep menjelaskan kepada publik ihwal dugaan penggunaan jet pribadi untuk ke Amerika Serikat bersama sang istri, Erina Gudono. Apalagi persoalan penggunaan pesawat jet pribadi oleh putra bungsu Presiden Jokowi itu sudah menjadi sorotan publik.

Berikutnya, PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau PT KAI Daerah Operasi 9 Jember akan mengoperasikan Kereta Api atau KA Mutiara Timur relasi Stasiun Ketapang – Surabaya Pasar Turi PP setiap hari mulai 1 September 2024 pekan depan.

Terakhir, Menteri Pertanian atau Mentan Andi Amran Sulaiman mengusulkan tambahan anggaran sebesar Rp 68 triliun pada RAPBN 2025. Menurut dia, anggaran yang ada saat ini tidak cukup untuk mencapai swasembada pangan seperti yang diimpikan presiden terpilih Prabowo Subianto.

Kelima berita ini paling banyak diakses pembaca kanal Ekonomi dan Bisnis Tempo.co.

Berikut ringkasan lima berita yang trending tersebut:

Selanjutnya: 1. Sosok Taipan Gang Ye, Bos Garena dan Shopee yang Diduga….

1. Sosok Taipan Gang Ye, Bos Garena dan Shopee yang Diduga Berikan Fasilitas Jet Pribadi ke Kaesang-Erina

Taipan sekaligus petinggi perusahaan SEA Limited, Gang Ye diduga sebagai sosok yang memberikan fasilitas jet pribadi untuk anak dan menantu Presiden Jokowi, Kaesang Pangarep dan Erina Gudono.

SEA Limited adalah perusahaan asal Singapura yang menaungi raksasa e-commerce Shopee dan Garena, unit bisnis yang memproduksi game populer Free Fire.

Salah seorang sumber Tempo di Shopee Indonesia belum bisa memastikan apakah jet pribadi yang ditumpangi Kaesang terafiliasi dengan SEA Group. “Sejak tahun 2021, semua kendaraan operasional untuk direksi tidak ada lagi,” katanya.

Sementara karyawan Shopee lainnya, yang keberatan namanya disebutkan, mengakui bahwa dalam tiga tahun belakang SEA Group cukup dekat dengan keluarga Solo. Terlebih Shopee kini memiliki dua kantor di Solo, yakni di Solo Paragon Mall dan Solo Technopark. Isu jet pribadi yang ditumpangi Kaesang dan Erina, kata narasumber ini, juga menjadi pembicaraan di antara karyawan.

Berita selengkapnya baca di sini.

2. Daftar Orang Super Kaya yang Pakai Jet Pribadi Gulfstream seperti Kaesang dan Erina Gudono

Pesawat jet pribadi jenis Gulfstream menjadi sorotan masyarakat Indonesia usai diduga digunakan putra bungsu Presiden Jokowi, Kaesang Pangarep bersama istrinya Erina Gudono pergi ke Amerika Serikat beberapa waktu lalu. Keduanya diketahui menumpangi pesawat jet Gulfstream G650ER dengan nomor registrasi N588SE.

“Kaesang dan Erina terbang dengan Gulfstream G650ER (N588SE) dari Bandara Halim Perdanakusuma Jakarta menuju Bandara Internasional Philadelphia. Tanggal perjalanan pada 18-21 Agustus 2024 dengan jarak 16.276 km. Biaya charternya US$ 556.305 atau sekitar Rp 8,67 miliar (asumsi kurs Rp 15.600 per dolar AS),” seperti tertulis dalam keterangan gambar yang diunggah oleh akun X organisasi nirlaba Trend Asia, @TrendAsia_Org.

Gulfstream merupakan pesawat jet yang diproduksi oleh perusahaan Gulfstream Aerospace. Ini adalah perusahaan Amerika Serikat yang dinaungi oleh perusahaan induk General Dynamics. Pesawat jet pribadi ini populer di kalangan pemerintah, pengusaha, selebriti, dan orang-orang super kaya.

Berita selengkapnya baca di sini.

Selanjutnya: 3. Kaesang Diminta Jelaskan Sumber Duit Sewa Pesawat Jet Pribadi ke Amerika….

3. Kaesang Diminta Jelaskan Sumber Duit Sewa Pesawat Jet Pribadi ke Amerika

Ekonom UPN Veteran Jakarta Achmad Nur Hidayat meminta Kaesang Pangarep menjelaskan kepada publik ihwal dugaan penggunaan jet pribadi untuk ke Amerika Serikat bersama sang istri, Erina Gudono.

Apalagi persoalan penggunaan pesawat jet pribadi oleh putra bungsu Presiden Jokowi itu sudah menjadi sorotan publik.

“Kaesang dan keluarga perlu menjelaskan kepada publik berapa biaya dan sumber dana yang digunakan untuk menyewa jet pribadi itu,” kata Achmad kepada Tempo, Ahad, 25 Agustus 2024.

Di media sosial, netizen memperkirakan biaya sewa jet pribadi yang digunakan Kaesang dan Erina mencapai US$ 13.000 hingga US$ 19.750 per jam. Bila dikonversi ke rupiah, setara kurang lebih Rp 202 juta hingga Rp 308,8 juta per jam. Adapun jenis jet pribadi yang diduga disewa itu adalah Gulfstream G650.

Berita selengkapnya baca di sini.

4. Per 1 September 2024 PT KAI Operasikan KA Mutiara Timur Tiap Hari, Berapa Harga Tiketnya?

PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau PT KAI Daerah Operasi 9 Jember akan mengoperasikan Kereta Api (KA) Mutiara Timur relasi Stasiun Ketapang – Surabaya Pasar Turi PP setiap hari mulai 1 September 2024 pekan depan.

Pengoperasian setiap hari ini menyusul sambutan yang baik dari pelanggan pada masa angkutan lebaran tahun 2024, libur Idul Adha 1445 Hijriah dan akhir pekan pada masa libur sekolah.

“Setelah mendapat sambutan yang cukup baik dari para pelanggan di Daop 9 selama dioperasikan sebelumnya, maka mulai 1 September KA Mutiara Timur akan beroperasi setiap hari melayani rute Ketapang – Surabaya Pasar Turi PP, ” kata Manajer Hukum dan Humas KAI Daop 9 Jember, Cahyo Widiantoro dalam keterangan resmi, Senin, 26 Agustus 2024.

Berita selengkapnya baca di sini.

Selanjutnya: 5. Mentan Minta Tambahan Anggaran Rp 68 Triliun Disetujui….

5. Mentan Minta Tambahan Anggaran Rp 68 Triliun Disetujui: Kalau Mau Lepas dari Impor Pangan

Menteri Pertanian atau Mentan Andi Amran Sulaiman mengusulkan tambahan anggaran sebesar Rp 68 triliun pada RAPBN 2025. Menurut dia, anggaran yang ada saat ini tidak cukup untuk mencapai swasembada pangan seperti yang diimpikan presiden terpilih Prabowo Subianto.

“Kalau mau swasembada, tambah Rp 68 triliun, kalau enggak, tidak mungkin (tercapai). Itu namanya direncanakan untuk impor,” kata Amran ditemui usai rapat di gedung DPR, Senin, 26 Agustus 2024.

Menteri Pertanian mengatakan anggaran tersebut bakal digunakan untuk mencetak sawah baru 1 juta hektare. Anggaran yang ada saat ini dianggap masih terbatas untuk mewujudkan peningkatan produksi pangan pada 2025.

Berita selengkapnya baca di sini.

Pilihan Editor: Ancaman Megathrust, BMKG Dorong Kemenparekraf Pastikan Kelayakan Sistem Evakuasi Destinasi Pariwisata

Leave a comment