Informasi Terpercaya Masa Kini

Hari Pertama Jokowi Berkantor di IKN Rapat dengan Otorita dan Forkopimda, Sidang Kabinet Tunggu Prabowo

0 3

TEMPO.CO, Jakarta – Presiden Jokowi menandai hari pertama berkantor di Ibu Kota Nusantara (IKN) untuk menggelar rapat dengan Otorita IKN dan jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kalimantan Timur, Senin, 29 Juli 2024.

“Rencana beliau akan rapat dengan jajaran OIKN didampingi Mensesneg dan Menteri PUPR. Kemudian juga akan menerima Jajaran Forkompinda Kaltim,” ujar Deputi Bidang Protokol, Pers dan Media Sekretariat Presiden, Yusuf Permana,di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.

Yusuf mengatakan rapat di Istana IKN akan dilakukan sama halnya seperti rapat-rapat di Istana Kepresidenan, Jakarta.

“Pagi ini Bapak Presiden akan menerima tamu dan rapat di ruang kerja di Kantor Presiden di IKN ini, seperti kegiatan acara harian saat berkantor di Istana Merdeka Jakarta,” ujar Yusuf.

Sebelumnya, Jokowi mengatakan berbagai persiapannya untuk berkantor di Ibu Kota Nusantara (IKN), di Kalimantan Timur.

“Air sudah masuk. Listrik sudah ada. Kamar sudah ada, tempat tidurnya sudah ada. Jadi, bisa tidurlah,” kata Jokowi di IKN, Ahad, 28 Juli 2024, dikutip dari video yang diterima Tempo.

Mantan Wali Kota Solo itu menyebut berbagai perabotan yang dibutuhkan kantor Presiden sudah tersedia. Jokowi dan Ibu Negara, Iriana Joko Widodo, akan menginap di IKN selama beberapa hari. “Ya, nanti saya bermalamnya di Istana,” kata dia.

Tentang sidang kabinet perdana di IKN, Jokowi mengatakan dirinya menunggu para menteri kembali dari Paris menghadiri pembukaan Olimpiade 2024.

“Karena masih banyak yang di Paris. Itu menunggu menteri-menteri yang ada di luar negeri agar semuanya hadir,” kata Jokowi.

Sejumlah menteri yang ditugaskan ke Paris di antaranya Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Menteri Badan Usaha Milik Negara Erick Thohir, dan Menteri Pemuda dan Olahraga Dito Ariotedjo. Mereka menyaksikan pembukaan Olimpiade Paris 2024 pada 26 Juli 2024 dan bertemu sejumlah pejabat seperti Presiden International Olympic Committee (IOC) Thomas Bach di Hotel Du Collectionneur.

Menpora Dito Ariotedjo mengatakan bahwa saat ini dia dan rombongan pejabat Indonesia tengah dalam perjalanan pulang kembali ke Indonesia. Besok, Senin, 29 Juli 2024, mereka sudah aktif kembali bekerja.

“Besok sudah aktif kembali siap langsung ke IKN. Mohon doa dan dukungan atlet Indonesia di Olimpiade semoga bisa mengukir sejarah,” kata Dito melalui pesan singkat kepada Tempo pada Ahad, 28 Juli 2024.

Indonesia termasuk di antara sejumlah negara yang berminat menjadi tuan rumah Olimpiade 2036.

Presiden Joko Widodo sendiri yang menyatakan IKN Nusantara bisa disiapkan menjadi kandidat pesta olahraga empat tahunan tersebut.

“Dalam kesempatan ini, saya menyampaikan kesediaan dan kesiapan Indonesia sebagai tuan rumah Olympics 2036 di Ibu Kota Nusantara,” kata Jokowi dalam pernyataan yang disiarkan kanal Youtube Sekretariat Presiden, Rabu, 16 November 2022.

Presiden Jokowi menyampaikan pernyataan itu di tengah Konferensi Tingkat Tinggi atau KTT G20 Bali. Sebelum menyatakan kesiapan pencalonan tersebut, Presiden Jokowi juga sempat mengutarakan kesepakatan tentang peran penting olahraga di antara para pemimpin G20.

Jokowi mengingatkan bahwa di tengah situasi global yang diwarnai invasi militer Rusia ke Ukraina, peran olahraga menjadi lebih penting. “Saya sebagai Ketua G20 2022 bersama pemimpin G20 lainnya menekankan pentingnya peran olahraga untuk kesehatan dan dapat mempersatukan dunia, terutama pada saat ini,” tuturnya.

Menurut Jokowi, sejumlah Olimpiade mendatang, baik musim panas maupun musim dingin, akan menghadapi tantangan kesuksesan penyelenggaraan. Hal yang akan menjadi perhatian ialah pentingnya netralitas politik dalam acara olahraga internasional serta otonomi organisasi olahraga.

Sejumlah olimpiade yang bakal berjalan dalam waktu dekat di antaranya ialah Olimpiade Paris 2024, Olimpiade musim dingin Milan-Cortina 2026, Olimpiade Los Angeles 2028, Olimpiade Brisbane 2032. Lalu, Olimpiade musim dingin remaja Gangwon 2024 dan Olimpiade musim panas remaja Dakkar 2026.

Pilihan Editor Bagaimana Menghapus Akun Facebook Seseorang yang Sudah Meninggal?

Leave a comment