Informasi Terpercaya Masa Kini

Upacara Peringatan Sumpah Pemuda ke-96 di Ciamis,Sekda Ajak Implementasikan Persatuan Bangsa

0 2

Laporan Wartawan TribunPriangan.com, Ai Sani Nuraini

TRIBUNPRIANGAN.COM, CIAMIS – Upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-96 tingkat Kabupaten Ciamis dipimpin langsung oleh Sekertaris Daerah (Sekda) Kabupaten Ciamis, Andang Firman Triyadi bertempat di Halaman Pendopo Bupati Ciamis, Senin (28/10/2024).

Upacara tersebut dihadiri oleh unsur Forkopimda, para siswa SMP dan SMA di Ciamis, TNI/Polri, perwakilan pemuda karang taruna serta tamu undangan lainnya.

Dalam amanatnya Andang menyampaikan, Peringatan Hari Sumpah Pemuda adalah momen penting dalam sejarah perjuangan bangsa.

Sebagai bentuk pengakuan terhadap peristiwa bersejarah, hal itu juga menegaskan semangat persatuan pemuda Indonesia dalam memperjuangkan kemerdekaan. 

“Kongres pemuda sebagai bagian dari perjuangan untuk melawan penjajah walaupun dengan latar belakang suku budaya agama dan bahasa yang berbeda-beda tetapi melalui kongres pemuda 1928 mereka bersatu bertekad dan bersumpah untuk bertumpah darah satu tanah air Indonesia berbangsa yang satu bangsa Indonesia dan menjunjung bahasa persatuan bahasa Indonesia,” jelasnya.

Baca juga: 35 Link Twibbon Hari Sumpah Pemuda 2024 Terbaru dan Keren

Andang menekankan dalam momentum peringatan Hari Sumpah pemuda untuk mengenang dan mengimplementasikan kembali nilai-nilai persatuan Sumpah pemuda untuk kehidupan sehari-hari.

Ia menegaskan pentingnya mengenang Sumpah Pemuda, di mana pemuda dari berbagai suku, budaya, agama, dan bahasa bersatu dan bersumpah untuk bertumpah darah satu, tanah air Indonesia; berbangsa satu, bangsa Indonesia serta menjunjung tinggi bahasa persatuan, bahasa Indonesia. 

“Momentum ini adalah waktu yang tepat bagi kita untuk menerapkan kembali nilai-nilai persatuan yang tertanam dalam Sumpah Pemuda,” tambahnya.

Ia juga mengajak para pemuda sebagai generasi penerus bangsa untuk terus mengembangkan kreativitas dan inovasi yang positif dalam mendukung pembangunan dan pelayanan kepada masyarakat. 

Selain itu, Andang juga menyinggung soal agenda Pilkada Serentak 2024, yang akan digelar pada Rabu, 27 November 2024. 

“Saya mengajak seluruh masyarakat Kabupaten Ciamis untuk menggunakan hak pilihnya di TPS terdekat, memilih Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat serta Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Ciamis,” tutur Andang.

Andang mengingatkan bahwa partisipasi masyarakat sangat menentukan masa depan pembangunan daerah.

Setelah melakukan upacara peringatan Sumpah Pemuda, Sekda Ciamis dan unsur Forkopimda kemudian membuka kegiatan Pameran Kepemudaan bertempat di Alun-alun Ciamis. (*)

Baca juga: 25 Kata-kata Penuh Semangat untuk Hari Sumpah Pemuda 2024 dari Pejuang dan Tokoh Nasional Indonesia

Leave a comment