Informasi Terpercaya Masa Kini

Profil Giring Ganesha, Artis yang Jadi Wakil Menteri Kebudayaan Era Prabowo

0 2

KOMPAS.com – Presiden Prabowo Subianto melantik artis sekaligus Anggota Dewan Pembina Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Giring Ganesha Djumaryo menjadi Wakil Menteri Kebudayaan di Kabinet Merah Putih pada Senin (21/10/2024).

Giring mendampingi tugas Menteri Kebudayaan Fadli Zon yang juga dilantik pada Senin kemarin.

Lantas siapa sebenarnya sosok Giring Ganesha?

Giring adalah pria kelahiran 14 Juli 1983. Ia adalah lulusan SMA Negeri 34 Jakarta dan memutuskan kuliah Jurusan Ilmu Hubungan Internasional Universitas Paramadina.

Baca juga: Profil Prof. Atip, Guru Besar Hukum Unpad yang Jadi Wakil Mendikdasmen

Profil Wakil Menteri Kebudayaan Giring Ganesha

Pada Oktober 2003, Giring bersama teman-temannya pernah terpilih sebagai delegasi kampus untuk mengikuti Pertemuan Nasional Mahasiswa Hubungan Internasional se-Indonesia (PNMHII) di Universitas Budi Luhur.

Giring pernah juga mencalonkan diri menjadi Presiden Mahasiswa Universitas Paramadina pada tahun 2004, tetapi tidak berhasil.

Namun pada tahun 2005 Giring mengambil cuti kuliah. Pada 2017, ia sempat melanjutkan kuliahnya, tetapi tidak selesai karena dikeluarkan.

Giring awalnya berkarier sebagai artis atau penyanyi dari grup band Nidji bersama dari Andi Ariel Harsya dan Ramadhista Akbar di posisi gitar, Randy Danistha pada kibor dan synthesizer, Andro Regantoro pada bass, serta Adri Prakarsa pada drum.

Mereka kerap menghasilkan lagu-lagu hits seperti “Hapus Aku” hingga “Laskar Pelangi” yang menjadi soundtrack film dengan judul yang sama Laskar Pelangi tahun 2008.

Namun, pada tahun 2017, Giring memutuskan terjun ke dunia politik dan meninggalkan Nidji dengan alasan ingin istirahat dan melanjutkan pendidikan.

Baca juga: Profil Prof. Satryo, Menteri Pendidikan Tinggi, Sains, dan Teknologi Kabinet Prabowo

Ia kemudian meraih gelar Sarjana Ilmu Komunikasi dari Universitas Terbuka pada 18 April 2023.

Di dunia politik, Giring juga tercatat sebagai relawan pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) DKI Jakarta 2017.

Ia menjadi relawan calon gubernur dan calon wakil gubernur Basuki Tjahaja Purnama-Djarot Saiful Hidayat.

Dilansir dari Kompas.com, Giring resmi bergabung dengan PSI pada 2019. Dia juga maju sebagai calon anggota legislatif (caleg) pada Pemilihan Legislatif (Pileg 2019) dari daerah pemilihan (dapil) Jawa Barat I namun ia gagal.

Baca juga: Profil Meutya Hafid, Mantan Jurnalis yang Kini Jadi Menteri Komunikasi dan Digital

Gagal menjadi anggota DPR RI, Giring Ganesha secara mengejutkan justru dipercaya menjadi Ketua Umum PSI pada 11 November 2021.

Dia menggantikan Ketua Umum sebelumnya, Grance Natalie. Namun, Giring harus merelakan posisinya untuk putra bungsu Presiden ke-7 RI Joko Widodo (Jokowi), Kaesang Pangarep.

Leave a comment