Informasi Terpercaya Masa Kini

Distribusi Chipset Snapdragon 8 Gen 4 Diprediksi Naik Sebesar 50 Persen Tahun Ini

0 2

TEMPO.CO, Jakarta – Prosesor seluler kelas atas yang akan datang dari Qualcomm, yakni Snapdragon 8 Gen 4 (atau Snapdragon 8 Elite), diperkirakan akan mengalami peningkatan pengiriman atau distribusi yang signifikan pada musim liburan ini, Hal ini disampaikan analis teknologi terkemuka Ming-Chi Kuo.

Dikutip dari Gizmochina, Kuo memperkirakan peningkatan 50 persen dari tahun ke tahun untuk Snapdragon 8 Gen 4. Distribusinya diharapkan mencapai sekitar 9 juta unit pada paruh kedua tahun 2024 dibandingkan dengan generasi sebelumnya, Snapdragon 8 Gen 3.

Menurut Kuo, ada beberapa faktor yang akan berkontribusi terhadap lonjakan tersebut. Pertama, SD8G4 memiliki window penjualan yang lebih panjang dibandingkan pendahulunya. Selain itu, Kuo memperkirakan adanya peningkatan permintaan dari produsen ponsel pintar besar seperti Samsung.

Namun, faktor pendorong yang mungkin paling signifikan adalah pasar ponsel pintar asal China yang terus berkembang. Menurut Kuo, penjualan pada masa liburan Golden Week baru-baru ini menunjukkan kinerja yang dominan oleh merek-merek China yang menguasai sekitar 80 persen pangsa pasar dengan pertumbuhan pengiriman sebesar 20 persen dari tahun ke tahun. Hal ini sangat kontras dengan penjualan iPhone yang datar. Tren ini diperkirakan akan terus berlanjut hingga kuartal keempat.

Selain itu, Kuo juga mengeklaim pangsa pasar ponsel pintar kelas atas (dengan harga di atas 4.000 RMB) di Cina akan meningkat dari 25-30 persen pada 2023 menjadi 30-35 persen pada 2024. Secara keseluruhan, distribusi pasar ponsel pintar Cina diperkirakan mencapai 280 juta unit pada 2024, meningkat 3 persen Yera-OverYear (YoY) dengan pertumbuhan berkelanjutan yang diproyeksikan untuk 2025.

Kuo yakin prospek positif ini akan berlanjut hingga masa mendatang. Ia menyatakan harga saham Qualcomm telah memperhitungkan potensi kerugian Apple dalam mengembangkan chip 5G miliknya sendiri.

Ke depannya, perusahaan akan diuntungkan oleh berbagai faktor seperti pertumbuhan ponsel pintar dan PC bertenaga AI, di samping potensi kenaikan harga SoC karena penerapan proses manufaktur N3P canggih milik TSMC.

Pilihan editor: Snapdragon 8 Gen 4 Disebut Miliki Peningkatan Performa GPU Hingga 53 Persen Dibanding Pendahulunya

Leave a comment