Informasi Terpercaya Masa Kini

Xiaomi Umumkan Redmi A4 5G, Ponsel Pertama dengan Chip Snapdragon 4s Gen 2

0 2

KOMPAS.com – Vendor smartphone Xiaomi resmi mengumumkan ponsel terbarunya, Xiaomi Redmi A4 5G, di India, Kamis (17/10/2024). Smartphone ini diumumkan di pameran teknologi India Mobile Congress.

Xiaomi Redmi A4 5G menjadi ponsel pertama yang ditenagai oleh chipset Qualcomm Snapdragon 4s Gen 2. Chipset 5G untuk smartphone murah alias entry-level ini pertama kali diperkenalkan pada akhir Juli 2024.

Baca juga: Qualcomm Snapdragon 4s Gen 2 Resmi, Chip 5G untuk Ponsel Murah

Secara teknis, Snapdragon 4s Gen 2 tetap dirancang menggunakan arsitektur 4 nanometer (nm) dengan jumlah prosesor yang sama dengan Snapdragon 4 Gen 2, yaitu delapan inti (octa-core).

Akan tetapi, kecepatan clock maksimal CPU di chip tersebut diturunkan dari 2,2 GHz menjadi 2 GHz, untuk dua inti CPU performa tinggi Cortex-A78. Untuk enam inti CPU efisien Cortex-A55, kecepatan clock-nya juga diturunkan menjadi 1,8 GHz.

System-on-Chip (SoC) Snapdragon 4s Gen 2 turut mendukung layar beresolusi Full HD Plus dengan refresh rate 90 Hz, dukungan kamera Image Signal Processor (ISP) dual 12-bit, modem Gigabit 5G, dan GNSS dual frekuensi.

Dengan chipset 5G untuk ponsel murah ini, Xiaomi ingin menjembatani kesenjangan digital bagi pengguna India yang tidak mampu membeli smartphone 5G.

“Saat kami merayakan ulang tahun (Xiaomi) yang ke-10 di India, Xiaomi Redmi A4 5G menandai tonggak penting dalam misi berkelanjutan kami, untuk menghadirkan teknologi canggih bagi setiap orang India,” kata President of Xiaomi India, Muralikrishnan B.

“Dirancang khusus untuk pasar India, perangkat ini mewujudkan visi kami yakni ‘5G untuk semua orang’, yang menjembatani kesenjangan digital,” imbuhnya.

Muralikrishnan melanjutkan, kehadiran Redmi A4 5G bertujuan untuk mempercepat peralihan India ke 5G, dan menghadirkan pengalaman smartphone entry-level yang ditingkatkan.

Adapun spesifikasi Xiaomi Redmi A4 5G belum diumumkan secara resmi. Akan tetapi, wujudnya sudah dipamerkan di India Mobile Congress.

Baca juga: Kenapa Bloatware HP Xiaomi Sulit Dihapus? Begini Cara Mengatasinya

Secara desain, smartphone entry-level ini membawa modul kamera bulat besar yang mirip seperti modul di Xiaomi Redmi 14R dan Xiaomi Redmi 14C. Modul ini diperkirakan membawa kamera 50 MP, dan sudah dilengkapi sebuah lampu LED flash.

Redmi A4 5G rumornya mengusung layar IPS LCD berukuran 6,7 inci dengan resolusi HD Plus (2.400 x 1.080 piksel), refresh rate 90 Hz, rasio aspek 20:9, kerapatan piksel 393 ppi, dan rasio layar ke bodi 81 persen.

Ponsel murah ini dikabarkan bakal membawa RAM 8 GB dan media penyimpanan (storage) 128 GB. Storage ini bisa diperluas dengan menggunakan kartu microSD.

Baca juga: Xiaomi Rilis Monitor Gaming G27Qi dan G24i di Indonesia, Ini Harganya

Rumor yang beredar juga mengeklaim bahwa smartphone ini ditopang baterai berkapasitas 5.000 mAh, dengan teknologi pengisian cepat (fast charging) berdaya 18 Watt.

Bocoran spesifikasi Xiaomi Redmi A4 5G lainnya meliputi kamera selfie 8 MP dalam modul lubang (punch hole), speaker, jack audio 3,5 mm, Bluetooth 5.4, NFC, dan pemindai sidik jari (fingerprint) yang terintegrasi dengan tombol daya (side-mounted).

Belum diketahui opsi warna yang tersedia, tetapi gelaran India Mobile Congress memamerkan varian warna putih dan hitam, sebagaimana dikutip KompasTekno dari GSMArena, Kamis (17/10/2024).

Smartphone ini bakal dirilis secara eksklusif di India dalam waktu dekat. Harga Xiaomi Redmi A4 5G dipastikan berada di bawah 10.000 Rupee atau sekitar Rp 1,8 juta.

Leave a comment