Informasi Terpercaya Masa Kini

5 Jenis dan Contoh Prompt AI buat Tugas Kuliah Mahasiswa

0 2

KOMPAS.com – Membuat prompt saat menggunakan Artificial Intelligence atau AI bisa dikuasai dengan cepat oleh mahasiswa dan dosen.

Prompt AI adalah cara membuat perintah atau instruksi yang diberikan kepada model kecerdasan buatan (AI) untuk menghasilkan output tertentu.

Misalnya saat membuat ide teks penulisan kuliah atau bahan mengajar, mahasiswa dan dosen bisa membuat kalimat khusus yang membantu AI memenuhi kebutuhanmu.

Baca juga: 6 Cara Tugas Kuliah Mahasiswa Lolos AI Detector

Contoh dan jenis prompt atau prompting, bisa dicek pada buku Panduan Penggunaan Generative Artificial Intelligence (GenAI) Pada Pembelajaran di Perguruan Tinggi oleh Kemendikbud. Panduan ini bisa di download pada link ini. 

Lalu apa saja jenis dan contoh prompt AI?

5 jenis dan contoh prompt AI

Mahasiswa yang ingin memanfaatkan teknologi GenAI, khususnya berbasis teks seperti ChatGPT. Ada beberapa panduan yang dapat digunakan hasil kurasi dari teknik prompting terkini (Prompt Engineering Guide). 

Misalnya, saat ini kamu sedang membuat tugas kuliah mengenai perubahan iklim. Maka ada contoh cara prompting dari masing-masing jenis prompt AI:

1. Instruction Clarity

Adalah teknik prompting yang memastikan instruksi yang diberikan ke LLM jelas, spesifik, dan tidak ambigu. Ini sangat penting untuk mendapatkan hasil yang diinginkan.

Contoh:

Ingin membuat poin utama mengenai perubahan iklim. Jangan menulis “Buat ringkasan perubahan iklim”. Karena hasilnya akan luas. Padahal, kamu bermaksud membuat poin per poin dampak perubahan iklim.

Maka prompt AI yang benar:

  • Buat ringkasan singkat dari artikel ini yang mencakup poin utama tentang dampak perubahan iklim.

2. Context Provision

Adalah teknik prompting yang memberikan konteks yang memadai agar model dapat memahami dan merespons instruksi dengan lebih tepat.

Kamu harus memberikan informasi tambahan yang relevan untuk membantu model menginterpretasikan pertanyaan atau tugas yang diberikan. Dengan konteks yang lengkap, respon yang didapatkan akan jauh lebih akurat.

Contoh:

Misalnya kamu ingin menulis penjelasan perubahan iklim. Jangan mengetik “jelaskan apa itu perubahan iklim?” pada kolom GenAI. Karena hasilnya juga kurang spesifik.

Maka contoh prompt AI yang benar:

  • Perubahan iklim mengacu pada perubahan jangka panjang dalam suhu dan pola cuaca di seluruh dunia. Diskusikan penyebab utama perubahan iklim dan dampaknya terhadap ekosistem laut.

Baca juga: 61 Link AI Generative buat Mahasiswa dan Dosen, Bikin Teks sampai Video

3. Role Assignment

Adalah teknik prompting di mana model diberikan peran atau identitas tertentu untuk menyesuaikan responnya. Prompt ini membantu model merespons dengan cara yang lebih relevan dan spesifik sesuai dengan peran yang diberikan.

Contoh:

Maka kamu bisa menuliskan “Sebagai seorang ilmuwan iklim, diskusikan penyebab utama perubahan iklim dan dampaknya terhadap ekosistem laut.”

4. Constraints and Conditions

Adalah teknik prompting di mana batasan atau kondisi tertentu ditetapkan agar menghasilkan respons yang diinginkan dari model.

Hal ini membantu memastikan bahwa jawaban yang diberikan sesuai dengan kriteria yang spesifik dan relevan.

Contoh:

Cobalah menulis jumlah kata pada awal teks. Misalnya “Dalam 250 kata, jelaskan bagaimana panel surya mengubah cahaya matahari menjadi listrik. Sebutkan komponen utamanya, dan diskusikan aplikasi umum di rumah tangga”.

5. Iterative Refinement

Adalah teknik prompting di mana prompt diperbaiki dan diulang secara bertahap untuk mendapatkan hasil yang diinginkan. Proses ini melibatkan pengujian awal, evaluasi hasil, dan penyesuaian prompt hingga mencapai respons yang optimal dari model.

Contoh prompt AI ini cukup banyak dengan hasil keluaran yang banyak, maka bisa disimak satu per satu:

Prompt 1: Bagaimana cara kerja panel surya?

  • Hasil: Panel surya mengubah cahaya menjadi listrik.

Prompt 2: Jelaskan bagaimana panel surya mengubah cahaya matahari menjadi listrik dan sebutkan komponen utamanya.

  • Hasil: Panel surya menggunakan sel fotovoltaik untuk mengubah cahaya matahari menjadi listrik, komponen utama adalah Sel PV, inverter dan baterai.

Prompt 3: Jelaskan bagaimana panel surya mengubah cahaya matahari menjadi listrik. Sebutkan komponen utamanya, dan diskusikan aplikasi umum di rumah tangga.

  • Hasil: panel surya mengubah cahaya matahari menjadi listrik menggunakan sel fotovoltaik (PV) yang terdiri dari silikon, komponen utama termasuk sel PV inverter untuk mengubah arus searah (DC) menjadi arus bolak-balik (AC) dan baterai untuk menyimpan energi aplikasi umum di rumah tangga termasuk pemanas air dan penerangan.

6 Cara agar Tugas Mahasiswa Lolos AI Detektor

Akan tetapi, tentunya terdapat berbagai cara untuk tetap dapat memanfaatkan GenAI dan lolos dari Tools Detektor tersebut, antara lain:

1. Menulis ulang setiap judul yang menjadi kerangka tulisan yang dihasilkan oleh GenAI dengan bahasa sendiri.

2. Menggunakan GenAI hanya sebagai alat bantu penelusuran dan riset, tidak sebagai content generator sehingga mahasiswa tetap menjadi pemegang kendali ide dan hasil pemikirannya.

3. Tetap mempertahankan sentuhan manusia dalam karya tulis dengan tidak sepenuhnya bergantung pada struktur kalimat yang dihasilkan oleh aplikasi, seperti Grammarly, dan mempertahankan gaya penulisannya sendiri.

4. Menghindar dan tidak tergoda untuk memanfaatkan aplikasi seperti Quilibot untuk melakukan paraphrase dan tetap menyusun kata-kata sendiri sehingga alur tulisan lebih terjaga, jelas dan koheren.

5. Memastikan struktur tulisan yang jelas mulai dari pendahuluan, sitasi dan kesimpulan. Ketika mengutip argumentasi dari tulisan lain, sangat penting untuk melakukan sitasi yang benar sehingga tidak dianggap sebagai konten GenAI.

6. Menghindari istilah, kata-kata kunci maupun kata ganti yang sering digunakan oleh GenAI.

Bahkan bila memungkinkan memanfaatkan tools detector tersebut untuk secara manual menulis ulang bagian yang terdeteksi sebagai hasil GenAI itu sendiri.

Demikian 5 jenis dan contoh prompt AI buat tugas kuliah mahasiswa dan cara agar tugas kamu lolos AI Detector.

Leave a comment