Informasi Terpercaya Masa Kini

Simak 7 Buah yang Tidak Boleh Dimakan Saat Perut Kosong

0 2

Buah merupakan asupan yang gemar dimakan oleh banyak kalangan masyarakat. Dikenal sebagai asupan yang sehat, banyak orang mengonsumsi buah kapan saja dan dalam bentuk apa saja.

Berbagai jenis buah yang dikonsumsi juga beragam. Mulai dari apel, jeruk, melon, pisang dan masih banyak lagi. Buah-buah tersebut biasanya dimakan sebagai pendamping makanan.

Selain makan makanan utama, seseorang bisa makan buah beberapa biji kecil atau potongan buah besar sebagai asupan sehat. Buah juga dikonsumsi sebagai penyegar karena rasanya yang alami dan enak.

Makan buah memang enak dan memiliki banyak manfaat kesehatan. Namun, memakan buah memiliki aturannya sendiri terkait buah apa yang boleh dimakan, seberapa besar porsi dan kapan memakannya.

Ternyata, ada beberapa buah yang tidak boleh dimakan di pagi hari ketika perut sedang kosong. Dikutip dari LinkedIn dan Times of India, berikut ini merupakan 7 buah yang tidak boleh dimakan saat perut kosong:

  1. Pepaya

Pepaya adalah buah pertama yang tidak boleh atau tidak dianjurkan untuk dimakan ketika perut kosong. Banyak orang sering mengonsumsi pepaya karena rasa dan teksturnya yang enak di lidah.

Meski mengandung banyak nutrisi dan vitamin, pepaya tidak boleh dimakan ketika perut kosong karena kandungan enzim papain. Enzim ini nantinya bisa menyakiti perut yang kosong dna membuatnya tidak nyaman bahkan rusak.

  1. Jeruk

Buah selanjutnya yang tidak dianjurkan dimakan ketika perut kosong adalah buah jeruk. Keluarga buah citrus atau asam termasuk jeruk tentunya adalah segolongan buah yang sangat tidak dianjurkan dimakan ketika perut kosong.

Hal ini tentunya karena buah jeruk yang tinggi asam dan bisa menyebabkan asam lambung kumat. Hal ini berbahaya bagi orang biasa, apalagi orang dengan lambung yang sensitif atau memiliki masalah pencernaan.

  1. Mangga

Buah selanjutnya yang juga tidak dianjurkan dimakan ketika perut kosong adalah buah mangga. Bagi sebagian orang, mangga adalah camilan lezat dan segar yang bisa kamu nikmati di pagi hari setelah kamu bangun.

Namun, hal ini tidak diperbolehkan karena mangga punya kandungan yang bisa menyebabkan kembung, gas dan juga konstipasi. Untuk memakan mangga dengan aman, kamu bisa memakannya sebagai sampingan makanan utama sehingga perutmu tidak benar-benar kosong.

  1. Beri

Selain buah-buahan diatas, ada juga keluarga buah beri yang termasuk golongan buah yang tidak boleh dimakan ketika perut kosong. Beberapa butir buah beri seperti bluberi, stroberi dan rasberi pada dasarnya aman jika dimakan di perut kosong.

Namun jika terlalu banyak, buah beri yang tinggi serat bisa menyebabkan masalah pencernaan seperti kembung atau diare. Kamu tentu tidak ingin mengalami hal ini setelah mengonsumsi jumlah besar beri di pagi hari.

  1. Jambu

Buah-buahan selanjutnya yang juga tidak dianjurkan dimakan ketika perut kosong adalah jambu. Sebagaimana yang kamu ketahui, jambu merupakan buah segar yang banyak disukai dalam bentuk buah asli atau dibuat jus.

Kamu tidak dianjurkan memakannya di waktu perut kosong karena kandungan serat tingginya bisa membuat gangguan pencernaan.Ada Kemungkinan kembung atau konstipasi apabila kamu memaksakan makan buah jambu di pagi hari ketika perut sedang kosong.

  1. Pisang

Buah ini mungkin tidak kamu pikir ada dalam daftar buah yang tidak dianjurkan dimakan pada saat perut kosong. Hal ini dikarenakan buah pisang biasa disajikan sebagai sarapan baik itu berbentuk buah langsung, atau dihidangkan di roti panggang.

Pisang memang tidak separah buah lain terkait bahaya dimakan saat perut kosong. Namun, beberapa orang bisa merasakan rasa tidak nyaman, kembung di perut setelah memakannya karena pisang mengandung banyak magnesium dan potasium.

  1. Apel

Terakhir, buah apel. Sebagai salah satu dari buah yang tidak dianjurkan dimakan di pagi hari saat perut kosong, apel sering dihidangkan dan jadi sarapan sederhana ketika orang sedang tidak ingin memasak.

Apel memiliki banyak kandungan serat yang tidak baik dikonsumsi ketika perut kosong. Hal ini bisa menyebabkan sistem pencernaan tidak nyaman dan penuh gas, terutama ketika dimakan bersama kulitnya.

Ketujuh poin diatas merupakan beberapa jenis buah yang tidak boleh atau tidak dianjurkan dimakan saat perut kosong di pagi hari.Kamu tetap bisa mengkonsumsi buah tersebut, namun sebagai camilan di samping makanan utama atau dijadikan bentuk alternatif seperti jus.(jpc)

Leave a comment