Informasi Terpercaya Masa Kini

Kontroversi Bahrain Vs Indonesia, Dua Prediksi Alasan Wasit Ahmed Alkaf Beri Waktu Tambahan ‘Liar’

0 2

KOMPAS.com – Wasit Ahmed Al Kaf menjadi bulan-bulanan netizen Indonesia atas kepemimpinannya di laga Kualifikasi Piala Dunia 2026 antara Bahrain vs Indonesia. 

Bagaimana wasit Ahmed Al Kaf asal Oman itu tak mengakhiri laga setelah tambahan waktu enam menit terlewat. 

Kondisi itu yang membuat Timnas Bahrain bisa memaksa skor imbang 2-2 lewat gol Mohamed Marhoon menit 98’, pada Kamis (10/10/2024) di Stadion Nasional Bahrain, Riffa.

Pelatih Persib Bojan Hodak menyoroti alasan apa yang membuat keputusan wasit Ahmed Al Kaf tak mengakhiri laga setelah tambahan waktu terlewat. 

Baca juga: Media China Terkejut Timnas Indonesia Tiba Lebih Dahulu di Qingdao

“Saya tidak mengerti kenapa dirinya memberikan tambahan waktu. Kalian harus menanyakan kenapa dia menambah waktunya selama dua menit, saya tidak mengerti,” kata Hodak. 

“Menurut saya setelah enam menit, seharusnya sudah menang untuk Indonesia,” jelasnya. 

Dalam pemikiran Hodak, ia memprediksi bisa saja seorang wasit menambahkan waktu sekitar satu menit lebih dari total masa perpanjangan. 

Hal itu jika didapati waktu terhenti akibat banyak pelanggaran yang buat pemain cedera atau aksi mengulur waktu. 

Baca juga: Media Malaysia Bersimpati kepada Timnas Indonesia

“Saya tidak mengerti, (wasit) bisa saja memperpanjang waktu sekitar satu sampai dua menit jika ada tindakan yang mengulur waktu atau ada banyak pelanggaran,” terang Hodak.

Namun selama periode perpanjangan waktu enam menit laga Bahrain vs Indonesia, menurutnya tak ada banyak situasi seperti demikian. 

“Tapi saya tidak melihat itu selama enam menit perpanjangan waktu,” sebut pelatih asal Kroasia ini.

Baca juga: Timnas Indonesia: Lupakan Drama Bahrain, Jaga Fokus Lawan China!

Andai Indonesia menang malam itu, Garuda bisa menempel Timnas Jepang di posisi kedua klasemen sementara Grup C Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

Hasil imbang tersebut membuat tim asuhan Shin Tae-yong harus puas di peringkat kelima dengan koleksi tiga poin hasil dari tiga kali imbang. 

Jay Idzes dkk masih belum terkalahkan, namun mereka harus menang demi membuka kans, di laga China vs Indonesia pada Selasa (15/10/2024) nanti di Stadion Youth Qingdao, Shandong, China.  

Leave a comment